Artikel

Marahan Sama Sahabat, Simak 7 Cara Ampuh Buat Berdamai

Sahabat adalah tempat kita berbagi semua hal dari senang, sedih, suka, duka, sampai meminta saran yang remeh temeh dan mereka akan selalu ada saat kita sedang membutuhkan dukungan. Tapi, persahabatan juga tidak lepas dari perselisihan dan salah paham. Biasanya, semakin dekat hubungan kita dengan sahabat, akan semakin beresiko mengalami perselisihan. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa sangat dekat dengan sahabat. Setiap masalah dan perselisihan yang dialami kamu dan sahabat pasti selalu bisa diselesaikan dengan baik. Namanya juga sahabat, kan? Kalau kalian bingung bagaimana cara untuk berdamai dengan sahabatmu saat berselisih, simak 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk berdamai dengan sahabatmu di bawah ini. Marahan Sama Sahabat

  1. Mengaku Salah dan Minta Maaf

Bertengkar dengan sahabat adalah hal paling tidak mengenakkan hati. Kita merasa kehilangan tempat untuk bercerita, tapi terlalu gengsi untuk menyapa duluan. Buang deh, rasa gengsi jauh-jauh. Beranikan diri untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Mintalah maaf dengan tulus, sahabatmu pasti akan sangat menghargai usahamu itu.

Marahan Sama Sahabat
  1. Ajak Bicara di Waktu yang Tepat

Tahu sendiri kan, kalau sedang dalam emosi kita tidak bisa berpikir jernih. Apa saja yang kita dengar dari orang lain, tidak bisa kita terima. Pasti orang lain selalu nampak salah. Sama dengan apa yang sahabat kamu rasakan , kalau masih dipengaruhi emosi dia akan sulit menerima hal yang kamu katakan. Jadi, ajak dia bicara tentang masalah kalian tapi, tunggu waktu yang tepat saat dia sudah tidak lagi emosi.

 
  1. Main ke Rumahnya

Sebelum ke rumahnya, kamu harus membuat persiapan. Karena kondisi sekarang kamu sedang ada konflik dengannya, tentu kamu nggak bisa sebebas biasanya kan pergi ke rumahnya? Alternatifnya, kamu bisa kontak kakak atau adiknya yang kamu kenal, dia sedang di rumah dan sedang apa. Dengan begitu kamu bisa mengkondisikan dirimu datang di saat yang tepat atau tidak.

 
  1. Masak Makanan Kesukaannya

Kamu dan Sahabatmu suka wisata kuliner? Coba kamu masak makanan kesukaannya. Orang biasanya jadi luluh kalau perutnya bahagia, ya kan? Siapa tahu suasana hatinya membaik kalau kamu bawa makanan kesukaannya, apalagi masak sendiri pasti dia akan lebih menghargai usaha kamu untuk berdamai.

 
  1. Kirim Pesan Maaf

Marahan Sama Sahabat

Buat yang jago merangkai kata-kata indah, kamu bisa kirim sahabatmu pesan permintaan maaf. Buat pesan ini sekreatif mungkin. Bisa dengan post foto di instagram dengan caption menyentuh, atau bisa dengan membuat kartu ucapan yang manis.

 
  1. Lihat Permasalahan dari Sudut Pandang Sahabatmu

Saat dua pihak sedang mengalami perselisihan, kita cenderung hanya melihat masalah dari satu sudut pandang yaitu sudut pandang diri sendiri. Coba deh, lihat dari sudut pandang sahabatmu, posisikan dirimu berada di posisi sahabatmu . Dari situ kamu bisa melihat titik temu dari permasalahan antara kalian berdua.

 
  1. Beri Hadiah Kecil

Marahan Sama Sahabat

Siapa sih yang gak suka dapat surprise? Meskipun sederhana, hal ini akan membuat hati yang sedang marah jadi tersentuh. Bisa dengan membelikan buku yang sedang ingin dia baca, atau sekedar memberi hal kecil yang dia suka.

[Oleh : Rini]

Author


Avatar