Artikel

Memahami Artificial Intelligence Lebih Dalam


Apa kau tahu karakter Winston dalam novel Origin karya Dan Brown? Winston adalah robot pemandu yang merupakan hasil kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Artificial Intelligence (AI) yaitu kecerdasan yang dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer agar menyerupai kemampuan manusia.

AI biasanya identik dengan kemampuan robot yang berperilaku seperti manusia. Banyak definisi dari berbagai ahli terkait kecerdasaan buatan. Menurut H. A. Simon (1987), Kecerdasan buatan merupakan lingkup penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan suatu hal yang dalam pandangan manusia dianggap cerdas.

Sedangkan menurut Encyclopedia Britannica, Kecerdasan buatan adalah cabang dari ilmu komputer yang merepresentasikan pengetahuan lebih banyak menggunakan simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan sejumlah aturan.

Buku Origin Dan BrownSumber : becominghuman.ai
 

Karakteristik Artificial Intelligence

Secara garis besar karakteristik Artificial Intelligence yang digambarkan dalam novel Origin dan dunia nyata adalah:

  1. Mempermudah pekerjaan manusia.
  2. Kecerdasan buatan dapat menyerupai manusia, contohnya Winston yang dapat berkomunikasi layaknya manusia biasa.
  3. Bersifat konsisten dan teliti, karena kecerdasan buatan tidak akan pernah menurun kecerdasannya.
  4. Dapat diperbaiki dan dibuat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.
  5. Kecerdasan terbatas pada program yang diberikan, tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam program.
  6. Kecerdasan buatan mengikuti program yang dibuat, contohnya Winston yang menghapus programnya setelah misi dilakukan.
Buku Origin Dan BrownSumber : forbesmidleeast.com
 

Jenis-Jenis Artificial Intelligence

Artificial Intelligence banyak pengelompokkannya. Pengelompokkan AI adalah sebagai berikut:

  1. Expert System, yaitu komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer meniru kemampuan pakar untuk menyelesaikan masalah.
  2. Natural Language Processing, yaitu komputer di program agar manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan lainnya.
  3. Speech Recognition, yaitu manusia dapat berkomunikasi dengan komputer melalui suara.
  4. Robotic and Sensor System, yaitu diaplikasikan dalam bentuk robot dengan adanya sensor-sensor tertentu yang dipasangkan.
  5. Computer Vision, yaitu komputer dapat menginterpretasikan gambar atau objek-objek tertentu.
  6. Intelligent Computer-Aided Instruction, yaitu komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
  7. Game Playing, yaitu kecerdasan buatan dapat dimasukkan ke dalam sebuah permainan.
  8. Soft Computing, yaitu inovasi dalam membangun sistem cerdas yang mampu beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan dan mampu melakukan toleransi terhadap ketidaktepatan, kepastian dan kebenaran agar dapat diselesaikan dan dikendalikan dengan mudah sesuai dengan realita.
Buku Origin Dan Brown
Sumber : chatsworthcommunication.com
 

Contoh Penerapan Artificial Intelligence

Penerapan dari Artificial Intelligence sangat banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa contoh penerapannya:

  1. Penerapan Natural Language Processing pada sistem Google Translate dan Aplikasi Systran yang digunakan untuk menerjemahkan Bahasa.
  2. Penerapan Computer Vision untuk melakukan proses identifikasi dan analisa sehingga dapat mengidentifikasi wajah seperti face detection yang dilakukan oleh Facebook.
  3. Banyak robot yang menyerupai manusia. Contohnya robot tersebut dapat bergerak, dan melakukan beberapa perkerjaan manusia. Seperti Delco Electronics, mobil yang dapat mengemudikan sendiri yang menggunakan sensor agar dapat bertahan di jalan.
  4. Pada Game Playing biasanya diterapkan untuk merancang lawan kita (komputer) sehingga game menjadi lebih menarik karena membuat non-player (komputer) memiliki strategi yang cerdas untuk mengalahkan player.
  5. Program Deep Blue yang mengalahkan Garry Kasparov, pemain catur dunia.



Itulah pembahasan terkait karakteristik dan contoh Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi buatan memang dapat melebihi kecerdasan manusia pada umumnya, tetapi di balik teknologi yang cerdas tentu manusia juga yang menciptakannya.

Artificial Intelligence memang dibuat untuk mempermudah kita, tetapi jangan sampai membuat kita terlena sehingga menjadi pemalas dan kalah pintar dengan teknologi saat ini.



[Oleh : Widia]

Author


Avatar