Anak, Artikel

[DAR Anak] Mengapa Orang Bisa Cadel, Ya?


Cadel | Feature

foto via famous.brilio.net


Apa kamu punya adik atau teman yang kesulitan saat mengucap huruf-huruf tertentu? Atau bahkan kamu sendiri kesulitan saat mengucap huruf “R”? Itu tandanya kamu cadel.

Cadel adalah ketidakmampuan lidah dalam melafalkan huruf-huruf tertentu. Yang paling sering ditemukan adalah cadel huruf “R”. Tetapi, ada juga yang tidak bisa melafalkan huruf S, T, K, P, D, atau L. Kamu pasti sering mendengar bahwa cadel disebabkan oleh ukuran lidah yang pendek. Benar atau tidak, sih?

Permasalahan cadel memang terletak pada lidah. Tetapi, bukan karena lidah pendek. Cadel pada anak balita bisa disebabkan karena otot lidah dan organ berbicaranya belum tumbuh dengan sempurna, atau karena koordinasi bibir dan lidah yang belum baik. Lalu, kalau sudah besar dan masih cadel, penyebabnya apa, ya?


Cadel | Image

foto via indosport.com



Ternyata, penyebab cadel itu bisa bermacam-macam. Bisa karena bawaan lahir, atau budaya di sebagian negara yang memiliki pelafalan huruf yang berbeda, seperti di Jepang, Perancis, dan Rusia. Penyebab yang paling umum adalah karena adanya perbedaan pada bagian lidah yang bernama frenulum linguae.

Frenulum linguae
adalah bagian yang terdapat di bawah lidah dan berbentuk seperti benang. Fungsinya untuk menghubungkan lidah dengan dasar mulut. Kamu bisa melihat bagian lidah ini kalau kamu menggerakkan lidahmu ke bagian atas mulut.

Seseorang dengan benang frenulum linguae yang pendek akan mengalami cadel, karena pergerakan lidahnya menjadi terbatas, sehingga tidak dapat melafalkan huruf tertentu dengan sempurna. Jadi, sekarang sudah tahu, kan, apa penyebab cadel? Kalau kamu punya teman yang cadel, jangan diolok-olok, ya …. Itu merupakan kejadian alamiah dan bisa terjadi pada siapa saja.


Jangan lupa untuk mampir ke rumahkkpk.com, ya! Kamu juga bisa tulis artikelmu sendiri di sana, lho!



(Penyunting: Dini Ocktarina)

Author


Avatar