Artikel

Menurunkan Berat Badan? Perlukah Mencontoh 6 Seleb Ini?

Siapa yang tak ingin tubuh sehat dan ideal seperti selebriti? Pasti hampir semua orang mendambakannya. Prosesnya terlihat mudah, tapi ternyata agak sulit. Dokter Hiromi Shinya, penulis buku The Miracle of Enzyme mengatakan bahwa ada hubungan antara pola makan atau diet dengan kesehatan tubuh. Mungkin, hal tersebutlah yang membuat proses untuk membentuk tubuh jadi sulit karena, ternyata, banyak makanan kesukaan kita tidak dianjurkan untuk dikonsumsi lebih. Contohnya seperti daging merah. Dr. Hiromi Shinya menganjurkan agar kita hanya mengonsumsi daging sekitar 15% dari total keseluruhan makanan kita.

Lalu, bagaimana bisa para selebriti punya tubuh yang tampak ideal dan sehat? Demi menunjang kariernya, banyak selebriti yang menerapkan program diet khusus dan sangat ketat, lho. Bahkan, demi memerankan sebuah karakter, ada juga yang menjalani program ekstrem menurunkan dan menaikkan berat badan dalam waktu singkat.


Nah, kira-kira, siapa saja, nih, yang berhasil menjaga dan mengubah bentuk tubuhnya, ya? Penasaran dengan program seperti apa? Yuk, kita selidiki.



1. Jonah Hill

m.hindustantimes.com

 

Aktor dan komedian satu ini, siapa, sih, yang tidak tahu? Dia dan Channing Tatum berhasil membuat semua orang tertawa di film 21 Jump Street sebagai polisi yang menyamar jadi anak SMA. Di setiap perannya dalam sebuah film, dia selalu menggunakan berat badannya sebagai bagian dari karakternya. Tapi, sekarang dia sudah berbeda. Kabarnya, Jonah Hill pergi ke seorang ahli nutrisi dan mencari tahu makanan apa aja yang baik untuk dia konsumsi. Tambahnya lagi, sekarang dia sangat menikmati sushi atau makanan Jepang yang segar-segar. Boleh banget dicoba, tuh.




2. Natalie Portman

https://starschanges.com

 

Semenjak bermain di film Black Swan, Natalie Portman menjalani diet yang sangat ketat agar tubuhnya bisa menjadi seperti balerina sejati. Kunci diet yang dilakukan Natalie Portman adalah menyeimbangkan asupan makanan yang tepat dengan kalori yang rendah. Yang penting dari diet ini bukan membuat kita lapar, hanya membuat porsi makanannya jadi lebih kecil.




3. Beyoncé


https://i.pinimg.com


Pada 2006, untuk mendapatkan tubuh ideal untuk perannya di film Dreamgirls, Beyoncé menjalani diet ketat. Diet tersebut membuatnya hanya mengasup air perasan lemon, sirup maple, dan sayuran segar. Diet tersebut terbukti berhasil menguras berat badannya sekitar 10kg, lho. Meski demikian, Beyoncé bilang bahwa dia tidak akan mengulangi diet itu lagi.




4. Chris Pratt


http://www.albertrabil.com


Aktor yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan karena perannya di film Avengers: Infinity War bertanggung jawab atas hilangnya 30 miliar nyawa di planet Bumi ini juga pernah mengalami perubahan bentuk tubuh yang signifikan. Sebelum memerankan Peter Quill pertama kali di film Guardians of The Galaxy (2014), Chris Pratt berbobot 280 pound atau setara dengan 120kg. Namun, setelah itu, dia berhasil menurunkan beratnya sampai dengan 80 pound atau sekitar 36kg. Rahasia penurunan berat badannya adalah diet rendah karbohidrat Paleo Style dan latihan CrossFit. Chris Pratt mengakui, latihannya itu memang berat, tapi semuanya setimpal dengan apa yang dia dapatkan.




5. Christian Bale


https://akns-images.eonline.com


Aktor yang satu ini terkenal sangat ekstrem dalam mengubah bentuk tubuhnya. Pemeran trilogi Batman ini dikatakan mengubah bentuk tubuhnya menyesuaikan dengan perannya. Pada 2004, Christian Bale mengurangi berat badannya sekitar 30kg untuk berperan dalam film The Machinist. Penurunan berat badan tersebut dia lakukan dalam kurun waktu 4 bulan saja. Rahasia penurunan berat badannya adalah makan sekaleng tuna dan apel setiap hari. Lalu, katanya, untuk menahan lapar, dia hanya minum air putih. Wah, serem juga, ya, yang ini.




6. Shailene Woodley


https://cf-images.us-east-1.prod.boltdns.net/

Dalam rangka menurunkan berat badan untuk peran di film terbarunya, Adrift, Shailene diharuskan makan 350 kalori sehari, selama dua minggu. Padahal menurut FAO (Food and Culture Organization), orang dewasa rata-rata harus mengonsumsi minimal 1800 kalori per hari. Bayangkan bagaimana kelaparan dan tersiksanya Shailene.

 

Selama dua minggu itu, Shailene hanya makan sekaleng salmon, sejumlah brokoli rebus, dan dua kuning telur. Dia tidak makan malam, dan harus minum segelas anggur agar bisa tidur.



[Oleh: Logika Anbiya]


Baca juga: 5 Mitos Kesehatan, Inikah yang Kamu Yakini?

Author


Avatar