Artikel

Mitologi Dewa dan Dewi Olimpus


Para Olympians adalah sekelompok dewa yang berkuasa atas alam semesta setelah kekuasaan para Titan. Mereka merupakan generasi ketiga para dewa. Para dewa ini dipanggil “Olympians” karena mereka tinggal di istana yang dibangun di puncak Gunung Olimpus. Para Olympians berjumlah 12, sehingga mereka dikenal dengan sebutan Dodekatheon. Dalam Bahasa Yunani, dodeka berarti dua belas dan theoi berarti dewa-dewi.

Enam Olympians adalah anak-anak Titan Cronos dan Titaness Rhea, dan sisanya merupakan keturunan Zeus. Dalam Mitologi Yunani, dijelaskan bahwa setiap dewa-dewi memiliki satu kemampuan yang dikuasai dan dilindunginya. Berikut 12 Dewa-Dewi Olimpus beserta kemampuannya:


1. Zeus



Zeus merupakan pemimpin atau raja dari para dewa, penguasa Olimpus. Zeus juga bertugas sebagai dewa iklim, dewa petir, cuaca, hukum dan takdir. Zeus adalah anak termuda dari Titan Cronos dan Titaness Rhea. Zeus juga terkenal memiliki banyak anak karena hubungannya dengan banyak wanita.

Anak-anaknya antara lain adalah Athena, Apollo, Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hephaestus, Persephone, Dionysus, Perseus, Hercules, Helene, Minos, dan Mousai. Dalam seni, Zeus digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dan berbadan kuat. Simbolnya adalah petir, tongkat dan burung elang.


2. Hera




Hera adalah ratu dari para dewa. Hera merupakan dewi pelindung perempuan. pernikahan, pengorbanaan, kesetiaan, dan kelahiran, . Dia adalah anak dari Titan Cronos dan Titaness Rhea, sekaligus kakak perempuan dan istri dari Zeus.

Hera digambarkan sebagai wanita cantik yang memakai mahkota dan memegang tongkat berujung lotus. Simbolnya adalah mahkota, tongkat lotus, merak, kakak tua, burung kukuk dan buah delima.


3. Poseidon




Poseidon adalah dewa laut, sungai, banjir, kekeringan, gempa bumi dan kuda. Selain itu, Poseidon juga dikenal sebagai “Pengguncang Bumi” dan “Pembawa Badai”. Dia adalah anak dari Titan Cronos dan kakak dari Zeus dan Hades.

Poseidon digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dengan badan kuat yang memegang trisula. Simbolnya adalah trisula, lumba-lumba dan kuda.


4. Ares


Mitologi Dewa dan Dewi Olimpus 4

Ares merupakan anak dari Zeus dan Hera. Dia adalah dewa perang dan pembantaian. Ares digambarkan sebagai orang dewasa ber baju perang, atau pria dengan helm dan tombak. Perlengkapannya antara lain baju perang emas, tombak berujung perunggu. Hewan keramatnya adalah burung hantu, burung hering, dan ular berbisa.


5. Hermes


Mitologi Dewa dan Dewi Olimpus 5 Hermes

Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pembawa pesan, pelindung para petualang, dan penggembala. Hermes bertugas sebagai pembawa pesan para dewa dan sebagai pemandu roh yang mati menuju dunia bawah. Hermes adalah putra dari Zeus dan Maia.

Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dan atletis. Perlengkapannya adalah tongkat Kadukeus, sandal bersayap dan topi pelancong.


6. Hephaestus




Hephaestus adalah dewa api, seni patung, penempa besi dan pengrajin senjata. Dia adalah putra dari Hera dan suami dari Aphrodite. Hephaestus digambarkan sebagai pria berjenggot yang memegang paku dan alat pandai besi. Simbolnya adalah palu, pelengkung, dan besi landasan.


7. Aphrodite


Mitologi Dewa dan Dewi Olimpus 7

Aphrodite adalah dewi cinta, nafsu, kecantikan, bujukan, dan kesenangan. Meskipun dinikahkan dengan Hephaestus, dia memiliki banyak kekasih, dan salah satunya adalah Ares. Dia digambarkan sebagai wanita cantik yang biasanya ditemani oleh anaknya, yaitu Eros (dewa asmara). Lambangnya adalah burung dara, apel, dan kulit kerang.


8. Athena


Mitologi Dewa dan Dewi Olimpus

Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, strategi, keindahan jiwa, seni dan juga pendidikan. Athena merupakan anak dari Zeus dan Metis. Athena digambarkan sebagai wanita dewasa dengan pakaian perang, membawa helm bersabit, tombak dan perisai aegis. Simbolnya adalah aegis, burung hantu dan pohon zaitun.


9. Apollo




Apollo adalah dewa matahari, cahaya, musik, tarian, penyembuhan, ramalan, puisi dan pemanah. Apollo adalah saudara laki-laki dari Artemis yang merupakan putra Zeus dan Leto. Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dengan rambut panjang dan membawa banyak benda, termasuk rangkaian laurel, busur panah, gagak, dan lira.


10. Artemis


Mitologi Dewa dan Dewi Olimpus

Artemis dewi bulan, pelindung hewan, perburuan, kelahiran, kesuburan, dan kesucian. Artemis merupakan saudara kembar dari Apollo. Biasanya Artemis digambarkan sebagai wanita muda yang membawa busur dan anak panah.

Selain itu, dia juga membawa tombak berburu dan kulit hewan. Dia sering didampingi oleh rusa dan hewan lainnya seperti babi hutan, beruang, ayam guinea, dan ayam hutan.


11. Demeter




Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, agraris, dan pelindung perkawinan. Dia merupakan anak dari Titan Cronos dan saudara perempuan Zeus. Demeter digambarkan sebagai wanita dewasa bermahkota yang membawa seikat gandum dan obor. Simbolnya adalah kornukopia, ular bersayap, dan tongkat lotus.


12. Hestia




Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga, dan perapian. Dia adalah anak dari Titan Cronos dan Titaness Rhea, sekaligus saudara perempuan Zeus. Hestia digambarkan sebagai wanita berkerudung dengan simbol perapian dan ketel.

Dalam beberapa cerita, Hestia menyerahkan posisinya sebagai anggota Olimpus kepada Dionysus agar dapat hidup bersama manusia.



Berdasarkan patheon Yunani, dewa-dewi utama Olimpus adalah Hera, Poseidon, Demeter, Athena, Hestia, Apollo, Artemis, Ares, Aphrodite, Hephaestus,  Hermes dan Zeus yang menciptakan bangsa Amazon tempat Wonder Woman berasal.

Tetapi, karena Hestia tinggal bersama manusia dan Hades secara permanen menetap di dunia bawah, maka posisi mereka harus digantikan, dan mereka tidak dianggap dewa-dewi Olimpus.  



[Oleh : Widia]

Author


Avatar