Artikel

Musuh Terberat Wonder Woman

Wonder Woman 1984 yang disutradarai oleh Petty Jenkins menjadi salah satu film yang mungkin ditunggu oleh banyak orang pada tahun 2019. Film pertamanya yang sukses besar menjadi barometer film-film bertema pahlawan super lainnya dan membuat setiap orang yang menontonnya mengidolakan dan ingin menjadi tokoh komik DC tersebut.

Wonder Woman yang merupakan salah satu pahlawan besar dari DC Comics bahkan termasuk dalam trinity, yaitu tiga pahlawan paling besar dari DC, bersama Batman dan Superman. Tapi, menjadi pahlawan besar dengan kekuatan hebat bukan berarti kehidupannya selalu mudah. Selain harus menjaga identitas rahasianya dengan hidup seperti orang pada umumnya, dia juga harus melindungi masyarakat dari segala bahaya. Ditambah lagi, kebanyakan masalah yang dihadapi oleh pahlawan super berasal dari musuh yang juga mempunyai kekuatan super. Wonder Woman sebagai pahlawan super juga memiliki banyak musuh. Mari kita bahas 5 musuh terberat yang pernah dihadapi oleh seorang Wonder Woman.

Sebelumnya, perlu dicamkan bahwa artikel ini mungkin mengandung spoiler. Read at your own risk!


1. Circe



Sesuai dengan penggambarannya dalam mitologi Yunani, Circe adalah seorang penyihir yang kuat. Dia aslinya adalah seorang putri di kerajaan Colchis. Dia kemudian menetap di sebuah pulau kecil bernama Aeaea. Circe yang mendambakan kekuatan sihir yang hebat, memikat para pelaut agar datang ke pulau kecilnya dan melakukan percobaan pada mereka. Karena belum puas, dia pun berdoa, dan doanya dijawab oleh Hecate yang mempunyai dendam pada dewa-dewi Olympus. Hecate memberinya keabadian, kecantikan, dan kekuatan yang besar.

Dalam epik Odyssey karya Homer, Circe menahan pasukan Odiseus dan mengubah mereka menjadi babi. Beastiamorphic atau menyihir orang menjadi hewan adalah salah satu kekuatannya. Pada dasarnya, kekuatan Circe merupakan sihir, jadi dia hampir bisa melakukan segala hal, seperti mengendalikan pikiran, mengubah sebuah objek menjadi apapun yang dia inginkan, menembakkan sihirnya sehingga menjadi sebuah ledakan, atau teleportasi.

Dalam komik, Circe dan Wonder Woman terlibat banyak konflik. Salah satunya adalah karena Circe percaya bahwa Wonder Woman adalah bagian dari ramalan yang akan memberinya kekuatan besar. Saat terjadi konflik antara Amerika Serikat dengan Amazon, Circe memanipulasi kedua kubu agar bisa mengendalikan rudal nuklir dan mengarahkannya ke Themyscira. Pasti menarik ya, kalau Circe muncul di film.


2. Giganta



Mempunyai nama asli Doris Zuel, Giganta adalah seorang ilmuwan yang memiliki kecerdasan level intelek. Sebelum dia menjadi penjahat yang dikenal dengan nama Giganta, Doris Zuel mengidap penyakit darah yang mematikan. Dia berniat untuk memindahkan kesadarannya kepada Wonder Woman melalui sebuah mesin yang ada di fasilitas tempat dia bekerja. Namun sayang, rencananya tersebut digagalkan oleh Wonder Girl di tengah jalan dan akhirnya Zuel dianggap sudah mati, tapi sebenarnya kesadaran Zuel berada dalam mesin. Kesadaran tersebut dipindahkan oleh asistennya kepada seekor gorilla betina bernama Giganta. Itulah asal-usul nama Giganta.

Lalu, agar bisa kembali lagi ke dalam tubuh manusia, Zuel menculik seorang pekerja sirkus bernama Olga. Setelah berhasil memindahkan kesadarannya ke dalam tubuh Olga, tubuh Zuel bisa berubah menjadi raksasa. Dengan tubuh raksasanya, Giganta juga memiliki kekuatan dan ketahanan tubuh yang hebat. Sebelum ini, meskipun memiliki kecerdasan level intelek, saat Giganta berubah menjadi raksasa, kecerdasan itu menurun. Sekarang, meskipun Giganta menjadi raksasa, kecerdasannya tidak akan berubah.
Sepertinya akan sangat menarik melihat Doris Zuel atau Giganta muncul di film Wonder Woman terbaru. Pasti seru melihat Gal Gadot bertarung dan memperlihatkan kekuatan yang tidak kalah hebat dengan seseorang yang bisa menjadi raksasa.


3. First Born



Di film pertamanya, Wonder Woman melawan Ares, sang dewa perang. Bagaimana kalau di film keduanya, Wonder Woman kembali melawan musuh yang juga memiliki kekuatan dewa? Kalau begitu, First Born adalah pilihan yang paling tepat. First Born adalah anak pertama dari Zeus dan Hera, namun saat dia lahir, ada ramalan menyatakan bawa dia akan mengambil alih takhta Olympus dari ayahnya dan membuat mayat keluarganya berserakan. Saat itu juga, Zeus menyuruh seorang penyihir untuk membunuh bayi tersebut, namun Hera meminta sang penyihir agar tidak membunuhnya. Akhirnya First Born ditinggalkan di Afrika.

Walaupun hanya seorang bayi, First Born bisa mengendalikan sekawanan hyena untuk membawakannya makanan. Seiring bertumbuh dewasa, First Born juga menjadi sangat kuat dan belajar tentang asal muasalnya. Dengan pasukan manusia hyena-nya, First Born melakukan penaklukan dan menyerang Olympus. Namun sayangnya, First Born kalah dengan telak dan Zeus mengubur dia dalam kerak bumi.

Setelah berhasil keluar dari kerak Bumi, First Born, ditolong oleh Cassandra, kembali mencoba untuk menaklukkan Olympus. Jika First Born adalah keturunan pertama Zeus, maka untuk mengalahkannya dibutuhkan kekuatan dari Last Born atau keturunan terakhir Zeus, yaitu Wonder Woman. Namun kekuatan First Born terlalu kuat bahkan bagi Wonder Woman. Satu-satunya cara Wonder Woman mengalahkannya adalah dengan melemparnya dari Olympus.


4. Ares



Musuh dari film pertama Wonder Woman tahun 2017 ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar filmnya. Semua orang tahu bahwa Ares adalah Dewa Perang, anak dari Zeus dan Hera. Meskipun dia adalah salah satu dari dewa utama, Ares tidak pernah merasa cocok tinggal bersama dewa-dewi lainnya. Dia hidup dengan memanfaatkan energi yang didapat dari peperangan manusia. Sudah bisa dipastikan jika ada perang, di situ ada Ares.

Sebagai dewa perang, tentunya Ares mempunyai kekuatan yang sangat besar. Selain kemampuan bertarungnya yang di atas rata-rata, Ares juga mempunyai kemampuan lain, di antaranya memanipulasi kegelapan, mencuci otak, necromancy, metamorphosis, dan masih banyak lagi. Dengan bergam kemampuannya itu, Ares adalah musuh yang sulit untuk ditumbangkan.

Akan sangat menarik sepertinya jika melihat kembali kemunculan Ares di film Wonder Woman atau Superhero DC lainnya. Karena Ares merupakan personifikasi perang itu sendiri. Selain itu, menarik sekali untuk melihat bagaimana sepak terjang Wonder Woman jika harus melawan Ares lagi.


5. Cheetah



Memiliki nama asli Barbara Ann Minerva, Cheetah adalah seorang arkeolog berkebangsaan Inggris yang terkenal dengan reputasinya melakukan apapun untuk mengamankan sebuah artifak. Barbara sendiri lahir sebagai pewaris keluarga dengan sejarah panjang di Notthinghamshire. Nasibnya berubah ketika ekspedisinya mencari kota hilang Urzkartagan. Saat timnya dikhianati oleh pemandu mereka dan diserang oleh orang Urzkartagan, Barbara, bersama dengan rekannya Dr. Leaven, berhasil selamat dan menemukan kota hilang tersebut. Setibanya di sana, dia melihat sebuah upacara yang akan mengubah seorang wanita menjadi avatar dewi cheetah. Desa tersebut diserang sebelum ritual berakhir, tapi sekali lagi Barbara selamat dan menyelamatkan seorang pendeta.
Dalam persembunyian, Barbara menerima persyaratan untuk menjadi Dewi Cheetah. Dari situ dia mendapatkan keabadian, kekuatan dan kecepatan super, serta kemampuan-kemampuan lainnya. Semua kemampuan itu membuatnya menjadi sangat kuat, bahkan dia bisa berduel seimbang dengan Wonder Woman.

Konflik pertama yang membuatnya mengejar Wonder Woman adalah karena dia ingin mencuri salah satu senjata milik putri Amazon ini, yaitu Lasso Of Truthatau Laso Kebenaran. Selain itu, musuh Wonder Woman yang satu ini disebut-sebut akan memulai debut layar lebarnya di film Wonder Woman 1984 mendatang. Sudah tidak sabar ya, untuk melihat aksinya di layar lebar.

[Oleh: Logika Anbiya]


Baca juga: Di balik Kisah Wonder Woman dan Batman Muda
Baca juga: Sebelum Gal Gadot, Berikut Daftar Wanita yang Pernah Memerankan Wonder Woman

Author


Avatar