Artikel

Pacarmu Masih Ingat Mantan?

Menjalani sebuah hubungan dengan seseorang tentu tak selalu mulus seperti yang diharapkan. Ada saja lika-liku yang kamu hadapi untuk mempertahankan hubunganmu dengan si dia. Mulai dari pacar yang tiba-tiba cuek atau bahkan masih mengingat  mantannya.


ingat-mantan-2

Bagaimana perasaanmu ketika pacarmu masih ingat mantannya? Atau bahkan masih menjalin komunikasi yang intens dengannya. Kamu tentu merasa kesal dan marah.

Ingin rasanya melabrak mantannya dan mengatakan padanya untuk jangan lagi berhubungan dengan pacarmu.

Kamu harus tetap tenang dan jangan mudah terbawa emosi. Jangan sampai kamu kehilangan orang yang kamu sayang hanya karena cemburu buta. Cara-cara dibawah ini bisa kamu lakukan untuk menghadapi sang pacar yang masih mengingat mantannya :

  1. Bersikap biasa saja

Meski hatimu terasa sakit dan geram, kamu harus tetap menjadi dirimu. Jalani hubungan dengannya seperti biasa. Bersikaplah sebagaimana kamu bersikap padanya. Atau kamu bisa berpura-pura tidak tahu bahwa diam-diam pacarmu masih menjalin komunikasi dengan mantannya.

 

      Tunggu sampai ia jujur kemudian berubah dan menyadari bahwa kamu adalah pacar yang pengertian dan tidak cemburuan. Lambat laun pun cara ini akan ampuh dan membuat pacarmu tidak lagi mengejar-ngejar mantannya. Karena ia tahu bahwa sudah ada sosok idaman disampingnya, yaitu kamu.

 

  1. Jangan marah dan emosi berlebihan

Mantan seakan menjadi orang ketiga dalam hubunganmu. Ia menjadi pengganggu ketika kamu sudah bahagia dengan sang pacar. Terlebih bila yang terjadi adalah pacarmu yang sering mencari tahu lebih dulu tentang mantannya.



Baca Juga: Cara menyelamatkan hubunganmu

 

Jangan marah, hadapilah dengan kepala dingin. Ketika kamu tak sengaja melihatnya tengah stalking akun sosial media sang mantan, kamu harus meredam emosimu. Karena akan sulit untuk melupakan seseorang terlebih bila hubungan yang dijalin berlangsung cukup lama.

  1. Cobalah berteman dengan mantannya

Emosi dan curiga berkepanjangan tak ada gunanya. Kamu hanya akan menambah beban pikiranmu. Lebih baik kamu coba berteman dengan mantannya. Cari tahu dia orang seperti apa. Barangkali mantannya adalah orang yang kamu kenal atau bahkan sahabatmu.

 

Coba follow akun sosial medianya, ajak ia berkenalan dan buatlah ia menjadi akrab denganmu. Kemudian kamu bisa mengajak ia bertemu dan kenalkan siapa dirimu. Sehingga ia pun akan tahu diri dan menjaga jarak dengan pacarmu. Kamu pun bisa menambah daftar temanmu.

  1. Berbicara satu sama lain

Banyak pasangan yang memutuskan untuk berpisah karena adanya kesalahpahaman yang terjadi antara keduanya. Kurangnya komunikasi menjadikan hubungan yang telah lama dibina harus kandas di tengah jalan. Bahkan cemburu berlebihan pada sang mantan kerap menjadi pemicunya.

 

Jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan hubunganmu, ajaklah ia berbicara satu sama lain. Tanyakan padanya kenapa akhir-akhir ini ia sering sekali mengungkit-ungkit mantannya. Kamu pun sering kali mendapati ia tengah asyik mengobrol sang mantan dan mengabaiknamu.

Kamu tentu merasa cemburu dan emosi. Tapi alangkah lebih baik, bila kamu menjadi pendengar setia baginya. Dengarkan apa yang ia keluhkan dan rasakan. Pahami jika kamu ada di posisi dia yang masih merasa sulit untuk melepaskan seseorang. Cara ini menjadikanmu lebih dewasa dalam menyikapi problematika asmara.

 

  1. Bertahan atau tinggalkan

Jika memang semua usaha sudah kamu lakukan dan ternyata tak membuahkan hasil. Ia masih terus mencari celah untuk menghubungi mantannya. Kamu bisa apa? Tentu kamu tak berhak memaksa ia untuk melupakan sang mantan. Meski kamu pacarnya sekalipun.

 

Pilihan ada di tanganmu. Kamu akan bertahan dalam kecemburuan yang tak berujung atau memilih untuk meninggalkan dan mengakhiri hubungan dengannya. Kecuali bila pacarmu berubah dan mulai menyadari bahwa ia selama ini salah telah mengabaikanmu.

Kamu bisa mempertahankannya. Kikis egomu dan maafkan segala kesalahannya. Tapi bila ia kembali pada tabiatnya dan mulai mengingat mantannya lagi, segera tinggalkan. Kamu berhak dicintai oleh orang yang tepat dan tulus memberi cintanya padamu.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi pacarmu yang masih mengingat mantannya. Terlepas dari itu, kamu tetap harus memahami bahwa perasaan memang tidak bisa dipaksakan. Sulit untuk melupakan seseorang yang sudah pernah membuat nyaman.

Jika memang kamu tak bisa bertahan dengannya, segera tinggalkan dan bebaskan hatimu. Semoga hubunganmu selalu baik-baik saja, ya


Baca Juga: Tips keluar dari hubungan yang toxic

[Ana Dwi Itsna Pebriana]

Author


Avatar