Artikel

Perbedaan Suasana Lebaran Tahun ini di Amerika Serikat


Lebaran Di Amerika


Sumber Gambar : tribunnews(dot)com


Idul Fitri adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim setelah menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Suasana lebaran di Amerika tidak kalah meriah dengan di Indonesia. Didukung keberagaman budaya di negara liberal tersebut. Mengutip VOA, setiap tahun umat muslim di Amerika juga tidak kalah melakukan persiapan sama seperti umat muslim di Indonesia.

Kalau di Indonesia, menjelang lebaran pasti banyak penjual kue kering, baju muslim, dan perlengkapan lebaran lainnya. Di Amerika juga sama, banyak warga muslim menjual kue kering khas lebaran seperti kastangel, nastar, dan kue lainnya. Baju muslim juga tidak sulit dicari, karena banyak pusat perbelanjaan yang menyediakan baju-baju muslim untung mengusung suasana Idul Fitri.


Lebaran Di Amerika
Sumber Gambar : hijaz(dot)id


Setiap umat muslim di Amerika tergabung dalam komunitasnya sendiri, seperti komunitas muslim Indonesia, Pakistan, Turki atau Afrika-Amerika. Diantara mereka banyak yang mengadakan open house dengan menyajikan makanan khas masing-masing. Untuk warga Indonesia sendiri, tidak sulit membuat hidangan seperti opor atau rendang, karena terdapat banyak halal store yang menyediakan bahan makanan ini.

Mungkin ini salah satu keuntungan yang tidak dialami jika berlebaran di negara asal, karena Amerika merupakan negara multikultur. Hal yang membedakan Idul Fitri di Amerika dan Indonesia salah satunya adalah malam takbiran. Karena muslim merupakan minoritas, takbiran tidak diadakan seperti di Indonesia. Terlebih Amerika memiliki aturan batas kegaduhan.

Selain takbiran, sholat Idul Fitri juga tidak diadakan di lapangan seperti kebanyakan orang Indonesia. Sholat Idul Fitri dilakukan di mesjid-mesjid yang oleh karena itu, sering terjadi perebutan tempat sholat Ied karena terbatasnya mesjid dan banyaknya komunitas muslim.

Idul Fitri di Amerika juga belum ditetapkan sebagai libur nasional, jadi umat muslim di Amerika harus mengajukan izin kerja atau sekolah dari jauh hari. Meskipun begitu, kedutaan besar Indonesia untuk Amerika selalu mengundang warga muslim Indonesia untuk bersilaturahmi dan merayakan Idul Fitri di kedutaan besar.



[ OLEH : RINI ]

Author


Avatar