Anak, Artikel

[DAR Anak] Permainan-Permainan Pengasah Otak

 

Foto: pediatricdentalclinic.in

Foto: pediatricdentalclinic.in


Sahabat KKPK pasti suka bermain game, kan? Tapi, tidak semua game itu baik. Sahabat harus pilih-pilih game yang punya manfaat untuk Sahabat. Kakak admin punya rekomendasi game yang bisa mengasah otak.

Permainan ini sangat sederhana dan tidak memerlukan gadget. Cukup menggunakan tangan dan otak kamu, Sahabat! Yuk, cek sekarang juga permainan apa saja sih itu.



1 . Puzzle

puzzle 3D | Image
Puzzle adalah permainan bongkar pasang bergambar yang mampu menajamkan daya ingat. Mungkin sebagian dari sahabat akan menganggap permainan ini seperti permainan untuk anak kecil. Tapi puzzle punya segudang manfaat untuk mengembangkan kerja otak Sahabat.

Selain memperkuat daya ingat, permainan puzzle juga dapat melatih logika, dan melatih Sahabat untuk berpikir dengan sistematis. Puzzle juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jadi, kalau kalian ingin permainan yang lebih menangtang, pilihlah puzzle yang lebih rumit dan lebih besar ukurannya.

Bahkan, orang dewasa pun dianjurkan bermain puzzle untuk menjaga ketajaman kerja otaknya. Puzzle punya banyak jenis, selain jenis puzzle bergambar dua dimensi, ada juga uzzle tiga dimensi yang dapat membentuk suatu bentuk tertentu saat selesai dikerjakan.



2 . Rubik

rubik | image
Rubik adalah mainan yang biasanya berbentuk balok, tersusun atas balok-balok kecil berwarna-warni. Tugas kamu saat bermain rubik adalah membuat setiap sisi rubiks menjadi satu warna. Rubik dapat melatih imajinasi Sahabat. lho. Karena Sahabat harus membayangkan pergerakan balok rubik saat diputar supaya sampai ke tempat yang sahabat inginkan.

Mainan ini mempunyai banyak jenis, ada rubiks 3×3 yang umum dimainkan, terdiri dari 9 balok kecil di setiap sisinya. Ada pula rubik 4×4, rubiks segitiga, dan banyak lainnya. Setiap jenis memiliki teknik dan rumus yang berbeda, pastinya, kesulitannya pun berbeda-beda.



3 . Sudoku

Sudoku | Image
Sudoku adalah permainan teka-teki yang akan bikin Sahabat gemas dan tidak ingin berhenti bermain. Teka-teki ini berbentuk kotak-kotak yang harus diisi dengan angka antara 1 sampai 9, dan di setiap baris atau kolom tidak boleh memiliki angka yang sama.

Permainan ini cocok dikerjakan saat Sahabat sendirian tapi, bisa juga dikerjakan bersama-sama, kok!



4 . Teka-Teki Silang

Teka-Teki Silang | image
Pasti tahu kan, permainan teka-teki silang ini? Teka-teki silang adalah permainan yang bisa memperkaya kosakata Sahabat. Karena akan bermain dengan arti kata, persamaan kata, atau lawan kata.

Selain bisa memperkaya kosakata, permainan ini juga melatih ketepatan. Karena kalau Sahabat salah mengisi satu pertanyaan, Sahabat akan sulit untuk menjawab pertanyaan lainnya.



5 . Scrabble

Scrabble | image
Permainan mengatur huruf untuk membentuk kata ini dapat dimainkan bersama teman-temanmu. Permainan ini dapat menambah kosa kata Sahabat dalam Bahasa Inggris, karena permainan ini biasanya sudah di desain dalam bahasa Inggris. Dalam setiap huruf, memiliki nilai yang berbeda-beda.

Tugasmu adalah mengumpulkan nilai paling banyak dari kata yang kamu ciptakan. Permainan ini biasanya dilengkapi dengan kamus Bahasa Inggris, karena kamu boleh mengecek kata yang kamu buat benar-benar memiliki arti atau tidak. Selain itu kamu juga dapat saling bertukar kosa kata dengan teman-temanmu.



Sahabat punya permainan favorit apa, sih? Berbagi dengan Sahabat KKPK yang lain, yuk! Ceritakan permainan favorit kalian di rumahkkpk.com, ya!



(Penyunting: Kak Aas)

Author


Avatar