Anak, Artikel, Info

[DAR Anak] Permen-Permen Tradisional Indonesia Yang Kaya akan Manfaat


Permen | Feature

foto via 1st4baby.blogspot.com


Permen adalah makanan ringan berbahan dasar gula yang biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti buah dan susu. Permen merupakan makanan yang tidak pernah lekang oleh zaman. Dari dulu sampai sekarang permen selalu punya penggemar setia, dari anak-anak sampai orang dewasa, semua suka permen.

Melihat begitu banyak penggemar setianya, permen terus berkembang dan berinovasi. Saking gencarnya berinovasi, generasi muda bisa-bisa lupa dan tidak mengenal jenis-jenis permen tradisional yang sudah ada sejak kakek dan nenek kita masih kecil dulu. Padahal, permen-permen tradisional zaman dahulu memiliki segudang manfaat. Kita cari tahu, yuk, permen apa saja yang sudah ada sejak dahulu kala itu.


Permen Jahe | Image
1 . Permen Jahe.

Kalian mungkin sudah pernah melihat permen jahe ini karena permen ini masih mudah ditemukan pada penjual-penjual makanan ringan dan gula-gula. Permen jahe ini biasanya bertekstur empuk dan sedikit lengket, berwarna cokelat yang dibaluri butiran gula putih.

Kalian sudah pernah mencoba permen jahe? Rasanya manis, sedikit pedas, dan hangat di tenggorokan. Ternyata, permen ini memiliki banyak manfaat, lho … di antaranya, permen ini dapat mengatasi mual atau mabuk kendaraan, membantu mengatasi batuk, flu, radang tenggorokan, mengatasi sakit kepala, dan membantu melegakan asma.

Wah, banyak sekali yah, manfaatnya. Hal itu disebabkan jahe mengandung banyak nutrisi. Ada magnesium, tembaga, kalium, vitamin C, dan juga mengandung antioksidan alami yang bisa menyegarkan tubuh.
Permen Asem Jawa | Image
2 . Permen Asam Jawa.

Penampilan permen asam jawa ini agak mirip dengan permen jahe, hanya saja permen asam jawa berbentuk lebih bulat dan berwarna cokelat tua. Saat dimakan, teksturnya tidak terlalu lengket dan rasanya asam-asam-manis menyegarkan, gitu …. Permen ini juga punya banyak manfaat yang tidak kalah dari permen jahe.

Permen ini mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1. Kandungan lainnya adalah kalsium, zat besi, dan fosfor yang bermanfaat untuk mengatasi batuk, sariawan, sakit perut, demam, dan lain-lain.
 
permen susu | Image
3 . Permen Karamel Susu.

Teman-Teman pasti pernah mencoba permen karamel susu ini, kan? Permen empuk berbentuk kotak kecil ini rasanya manis sekali. Warnanya kecokelatan dan dibungkus dengan pembungkus kertas yang dilipat ujung-ujungnya. Kalau kalian jalan-jalan ke Lembang, Bandung, wajib, nih, membeli permen ini sebagai buah tangan untuk teman-teman kamu.

Karena berbahan dasar dari susu sapi, pasti kandungan terbesarnya adalah kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi kamu, Teman-Teman.
  Permem Jelly | Image
4 . Permen Jelly Kering.

Permen yang berwarna-warni cantik ini terbuat dari agar-agar atau jelly dan buah-buahan. Bentuknya bisa macam-macam, tetapi yang paling sering ditemukan bentuknya persegi panjang kecil-kecil. Teksturnya unik, bagian luarnya kering dan ditaburi gula putih, tetapi bagian dalamnya empuk dan lembut.

Rasanya manis dan beragam, bergantung campuran buah di dalamnya. Dahulu, buah yang sering dijadikan bahan campuran permen ini adalah buah pepaya, namun sekarang sudah sangat beragam, deh, warnanya pun bermacam-macam. Karena berbahan dasar agar-agar, permen ini mengandung serat yang dibutuhkan untuk pencernaan kita.


Tema-Teman paling suka permen apa, nih? Yuk, ceritakan permen kesukaanmu di rumahkkpk.com




(Penyunting: Nurasiyah Jamil)

Author


Avatar