Anak, Artikel

[DAR Anak] Rencana Untuk Membekukan Kembali Es di Kutub


Artik | Feature
Sahabat KKPK tahu, kan, bahwa dampak pemanasan global telah membuat es abadi di kutub perlahan-lahan mencair, sehingga permukaan laut perlahan bertambah tinggi. Beberapa pulau kecil bahkan telah tenggelam dibuatnya. Kalau hal ini terus dibiarkan, bisa-bisa seisi bumi ini tenggelam menjadi lautan.

Tim ilmuwan dari Universitas Negeri Arizona mengusulkan rencana untuk menyelamatkan penyusutan es di laut Artik. Mereka menganjurkan untuk membangun jutaan pompa bertenaga angin untuk membekukan dan menebalkan lapisan es setiap musim dingin. Laut Artik mengalami berbagai fase setiap tahunnya.

Setiap musim salju, lapisan es akan menebal hanya untuk mencair kembali disaat musim panas. Bahkan, akibat suhu yang semakin panas, jumlah es yang mencair melebihi es yang membeku saat musim dingin. Lapisan es di Artik telah berkurang sebanyak 13% hanya dalam sepuluh tahun terakhir.

Alat yang bekerja memompa air dari laut dengan bantuan tenaga angin ini akan memompa air ke permukaan es yang kemudian air tersebut akan segera membeku karena suhu yang sangat dingin, sehingga lapisan es tersebut akan semakin tebal. Hal ini dipercaya bisa memperlambat erosi es di sekitar kutub.


Windmill | Image
Berdasarkan situs National Geographic Australia, seorang ilmuwan, Steven Desch berpendapat bahwa untuk mengatasi pemanasan global, diperlukan lebih banyak usaha dari sekedar menghentikan pemakaian bahan bakar yang berasal dari dalam bumi.

Salah satunya adalah dengan memperlambat atau menghentikan erosi es di daerah kutub. Namun, strategi ini memiliki kendala karena setelah dihitung, untuk menutupi 10% permukaan Artik dibutuhkan sekitar 10 juta pompa yang mampu memompa air sebanyak 27 ton setiap jam.

Beruntungnya, pompa ini akan digerakkan menggunakan energi alami. Karena musim salju di Artik sama dengan angin yang bertiup kencang, maka alat ini akan digerakan memanfaatkan energi yang dihasilkan dari angin. Tapi pompa ini tetap membutuhkan bantuan turbin angin untuk mempercepat proses pompa dan pembekuan. Proyek ini masih dalam tahap perancangan, namun hal ini memberi harapan kepada kita untuk mengatasi pemanasan global.


Sahabat KKPK yang cinta lingkungan pasti peduli akan nasib bumi, kan? Aksi apa saja, sih yang telah kalian lakukan untuk melindungi bumi dari pemanasan global? Ceritakan kepada Sahabat yang lain ya! Tulis ceritamu di rumahkkpk.com.



(Penyunting: Kak Dini)

Author


Avatar