Artikel, baru

Sagrada Familia Mendapat Izin Mendirikan Bangunan Setelah 137 Tahun Berdiri

Sagrada Familia dibangun secara ilegal selama 137 tahun, terang CNN.com.

 

Sagrada Familia

Sumber: twitter.com/sagradafamilia


Namun, pada 7 Juni 2019, gereja Katolik Roma akhirnya menerima izin pembangunan gereja peninggalan arsitek Antoni Gaudi tersebut. Pemerintah kota Barcelona bahkan memberikan dana sebesar 4,6 juta euro (atau sekitar 5,2 juta dolar) kepada komite yang bertugas menyelesaikan pembangunan gereja. Dana ini digunakan dalam proyek yang bertujuan mengurangi dampak lingkungan yang terjadi dari kedatangan jutaan pengunjung Sagrada Familia.


Baca juga:
Penasaran dengan Novel Origin, Ini Dia Sinopsisnya!
5 Fakta Menarik Tentang Novel Terbaru Dan Brown Origin


Antoni Gaudi, menurut blog.sagradafamilia.org, telah meminta izin mendirikan bangunan gereja katolik tersebut pada tahun 1885 dari dewan kota Sant Martí de Provençals, tetapi tidak pernah mendapatkan jawaban. Permintaan ini juga dilengkapi dengan blue print desain Sagrada Familia yang ditandatangani langsung oleh Antoni Gaudí. Meskipun pembangunan gereja neo-Gotik tersebut dimulai tahun 1882, pihak berwenang baru menyadari pada tahun 2016 bahwa pembangunan ini belum memiliki izin.

 

Sagrada Familia akan memiliki ketinggian maksimum 172 meter dan disokong dengan anggaran 374 juta euro.


Gaudi, sang arsitek, mengabdikan hidupnya untuk membangun mahakaryanya sampai akhirnya tewas akibat kecelakaan pada tahun 1926. Situs voaindonesia.com menyebutkan bahwa sejak kematian Antoni Gaudi, sepuluh arsitek telah melanjutkan pekerjaannya berdasarkan model dari gipsum buatan Gaudi dan foto-foto serta publikasi dari gambar aslinya. Pembangunan gereja ini diharapkan selesai pada tahun 2026, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kematian Antoni Gaudí.

 

Dan Brown Origin

Sumber: rainydaybooks.com

 

Sagrada Familia juga menjadi salah satu tempat yang menjadi latar belakang novel thriller terbaru Dan Brown, Origin. Dalam novel tersebut, Dan Brown menulis bahwa Antoni Gaudi merupakan seorang pelajar alam yang menimba inspirasi arsitekturnya dari bentuk-bentuk organik dan menggunakan “alam ciptaan Tuhan” untuk membantunya mendesain bangunan-bangunan dengan bentuk biomorfis yang luwes—sering kali terlihat seolah-olah tumbuh sendiri dari tanah.

 

Konon, Gaudi pernah berkata bahwa tidak ada garis lurus di alam. Karya-karya Antoni Gaudi antara lain berupa taman-taman, gedung-gedung umum, rumah-rumah megah milik pribadi, dan tentu saja mahakaryanya Sagrada Família. Dan Brown membagikan berita CNN tentang ijin pembangunan Sagrada Familia ini di laman facebook-nya dan mengatakan “Finally, they can officially break ground on Gaudí’s 137 year old masterpiece”.


Baca juga:
4 Kota Jejak Sejarah Islam Di Spanyol
6 Bangunan Bersejarah di Spanyol

Seperti dilansir voaindonesia.com, setiap tahunnya lebih dari 4,5 juta orang mengunjungi basilika yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO tersebut.

 

Hmm, terpikir untuk mengunjungi Sagrada Familia? Sebelum benar-benar travelling mengunjungi kota Barcelona, Anda bisa mencoba beberapa tips mudah dan murah untuk menikmati keindahan Sagrada Familia. Selamat mencoba :).[]

Author


Fauziah Hafidha

Fauziah Hafidha

Sekretaris sekaligus rights assistant Mizan Pustaka.