Anak, Artikel

[DAR Anak] Seperti Jatuh Saat Tidur

 

Foto: oneclicksmile.com

Foto: oneclicksmile.com


Sahabat KKPK pernah merasa seperti terjatuh saat tidur? Perasaan seperti di ambang mimpi dan sadar itu seringkali membuat kita kaget dan terbangun dari tidur. Seringkali kejadian ini dibarengi mimpi buruk atau menyeramkan yang membuat kita merasa lemas saat akhirnya terbangun.

Ternyata, kejadian itu memiliki alasan ilmiah. Begini ceritanya … Beberapa orang yang pernah mengalami pengalaman seperti ini menamakan hal itu sebagai pengalaman “jatuh ke dalam kekosongan”. Secara ilmiah, ternyata, “jatuh” ketika sedang tidur itu dinamakan sebagai myoclonic jerk, dan itu adalah proses biologis normal yang terjadi ketika kita tidur.

Ketika kita tertidur, kita akan melalui beberapa siklus tidur, masing-masing terdiri atas empat tahap yang berbeda. Biasanya, kejadian “jatuh” dari tidur ini terjadi di tahap pertama kita tidur, jadi kita belum benar-benar tidur pulas, sebenarnya.


Foto: thinkhealthytips.com

Foto: thinkhealthytips.com


Terdapat beberapa teori kenapa hal ini bisa terjadi, yakni ketika kita tidur, otot-otot kita akan rileks, dan otak kita akan merasa bingung hingga membuat kita merasa seperti terjatuh ketika sedang tidur.

Hasilnya, otot kita akan menegang dan berhasil “menangkap” diri kita yang terjatuh. Aneh, bukan? Tenang saja, kejadian ini sama sekali tidak memengaruhi kesehatan Sahabat. Jadi, saat mengalami “jatuh” saat tidur, tidak perlu khawatir atau takut. Sebaiknya lanjutkan saja tidurnya.


Sahabat pernah mengalami kejadian seperti ini? Ceritakan, yuk di rumahkkpk.com!



(Penyunting: Kak Aas)

Author


Avatar