Artikel

Tips Mendapatkan Restu dari Calon Mertua. Kamu Wajib Baca!

restu-mertua-2

Menjalani hubungan percintaan tidak hanya melibatkan dua insan yang saling mencintai saja. Ada pihak lain yang turut ambil peran, yaitu calon mertua. Mereka akan terlibat dalam proses pemberian restu atas hubungan yang kalian jalani.

Namun, proses untuk mendapat restu dari calon mertua tidak mudah. Kerap kali kamu akan dihadapkan dengan penolakan, meski kamu sudah mempersiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya. Karena setiap orang tua menginginkan yang terbaik bagi anaknya apalagi perihal pendamping hidup.

 

Hal ini akan bertambah sulit apabila calon mertuamu sangat kritis dan cenderung perfeksionis. Kekurangan sekecil apa pun bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menerima atau menolakmu sebagai menantunya. Beberapa tips di bawah ini bisa membantumu untuk mendapatkan restu dari calon mertua. Kamu harus coba!


  1. Berikan kesan baik di awal pertemuan
restu-mertua-3

Kamu mungkin sering mendengar pepatah lama, “Don’t judge book by its cover.“ Pepatah ini memiliki arti jangan menilai seseorang dari tampilan luarnya saja atau pada kesan di awal pertemuan. Namun, pada kenyatannya, banyak orang yang justru melakukan hal sebaliknya. Mereka cenderung menilai karakter seseorang pada pertemuan pertama.

Vivian Zayas, Ph.D., seorang dosen psikologi di Cornell University berpendapat bahwa kecenderungan menarik simpulan mengenai seseorang dalam sepersekian detik atau di awal pertemuan, pada dasarnya tidak selalu mengarah ke hal yang negatif (hallosehat.com). Kesan pertama di awal pertemuan memang bisa menjadi patokan dalam menilai seseorang yang baru ditemui.

 

Hal ini bisa saja terjadi pada calon mertuamu. Kamu harus bisa memberikan kesan yang baik di awal pertemuan dengan mereka. Jangan samakan orang tua calon pasangan dengan orang tuamu di rumah. Mereka jelas berbeda, meski sama-sama orang tua. Kamu tetap harus mengutamakan etika ketika berhadapan dengan calon mertuamu terlebih di awal pertemuan.

 

  1. Kenali budaya keluarganya
restu-mertua-5

Setiap keluarga memiliki budaya atau kebiasaan tersendiri yang selalu dijalani. Ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang, mau tidak mau kamu pun harus mengetahui dan mengikuti budaya yang ada dalam keluarganya. Bila tidak, keseriusanmu bisa saja diragukan oleh calon mertua.

 

Mulai cari tahu hal-hal apa saja yang sering dilakukan oleh keluarga calon pasanganmu. Agar ketika kamu berkunjung atau bahkan hidup bersamanya kelak, kamu sudah memiliki bekal dan tidak akan merasa canggung. Mereka pun akan benar-benar menganggapmu sebagai bagian dari keluarganya, bukan lagi sebagai orang asing.


  1. Selalu memperhatikan waktu ketika berkunjung

Banyak orang yang sering lupa waktu ketika berkunjung ke rumah sang dambaan hati. Hal ini acap kali membuat keluarganya geram dan ingin rasanya agar kamu pergi segera. Menghadapi situasi semacam ini, kamu harus mengalah dan mengikis egomu perlahan. Meski rindu pada si dia terus memanggilmu untuk sebuah pertemuan.

 

Pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung. Usahakan jangan sampai mengganggu waktu istirahat mereka. Kemudian segeralah berpamitan bila tidak ada lagi hal penting yang akan kamu obrolkan dengannya. Karena hal-hal kecil semacam ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon mertuamu.

Siapkan juga buah tangan terbaik untuk keluarganya. Buah tangan bisa menjadi salah satu amunisi untuk menghangatkan suasana ketika kamu berkunjung. Setidaknya kamu tidak datang dengan tangan hampa.



Baca Juga: Yakin dia Jodohmu?


Baca Juga: Dokter Gia Punya Cara luluhkan calon mertua



  1. Jangan ceritakan kekurangan calon pasanganmu di hadapan orang tuanya


Sudah menjadi sifat lahiriah manusia bila ingin dipuji kelebihannya. Ia tentu tak ingin ada orang yang mengetahui kekurangannya sekecil apa pun. Termasuk orang tua si dia, calon pasangan yang kamu idamkan. Mereka hanya tahu anaknya adalah putra atau putri terbaik yang mereka miliki.

Ceritakanlah kelebihan calon pasanganmu pada mereka. Tapi tentunya harus sesuai dengan fakta yang ada, bukan malah megada-ada. Namun, jangan sampai melontarkan kritikan seputar kekurangan dia, karena calon mertuamu tentu akan tersinggung mendengarnya.

 

Kecuali bila orang tuanya terlebih dulu mengungkapkan dan menyiratkan agar kamu bisa membimbing anaknya menjadi lebih baik. Kamu harus tetap tenang dalam menanggapinya dengan penuh percaya diri.

Yakini mereka bahwa kamu sangat mengenal baik anaknya dan bisa menerima apa pun yang ada pada dirinya. Jangan sampai ucapanmu menjadi bumerang yang menyebabkan restu dari calon mertua menjadi sulit untuk kamu dapatkan.



  1. Bisa menjadi teman ngobrol yang mengasyikkan

Tidak semua orang pandai berinteraksi dengan orang yang usianya jauh di atasnya terlebih dengan calon mertua. Rasa canggung kadang kala menjadi penyebab utama. Lidah terasa kelu ketika berhadapan dengan mereka. Takut kalau salah dalam melontarkan kata atau mengucapkan hal-hal yang sama sekali tak menarik menurut mereka.

 

Kamu harus sering berinteraksi dengan orang tuamu terlebih dahulu agar perlahan terbiasa mengobrol dengan orang yang usianya jauh di atasmu. Kenali topik-topik yang banyak diminati mereka, bukan hanya yang kamu sukai semata. Karena obrolan anak muda seringkali berbeda dengan orang tua.

Bersikaplah apa adanya dan gunakan bahasa sehari-hari yang tidak terlalu baku agar tercipta suasana yang hangat dan tidak tegang. Seperti halnya kamu yang ingin dihargai, jangan pernah memotong pembicaraan mereka. Dengarkan dengan saksama apa yang mereka utarakan dalam obrolan tersebut.

restu-mertua-4

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam mendapatkan restu calon mertua. Percayalah bahwa usaha akan berbanding lurus dengan hasil yang akan didapatkan. Jika usaha dan proses yang kamu jalani baik, hasil pun tak akan menghianatinya. Jangan pernah lelah apalagi berputus asa.

Selamat mengejar restu! Semoga calon mertuamu luluh, ya.

[Ana Dwi Itsna Pebriana ]


Baca Juga: Doa mendekatkan Jodoh

 

 

Author


Avatar