Artikel

[Tips] 7 Cara Menjaga Keutuhan Cinta Ala Irja Nasrullah

Tips Menjaga Keutuhan Cinta | Featured
Menjalani sebuah hubungan memang tidak selalu mulus seperti yang diharapkan, terkadang masalah datang tak terduga bahkan hanya karena hal sepele. Dan, tak jarang masalah sepele pun bisa menjadi besar. Hal tersebut tentu akan menjadi bencana mengerikan dalam sebuah rumah tangga, jika dibiarkan begitu saja.

Tak ada rumah tangga yang sempurna, permasalahan serta bumbu konflik merupakan hal yang manusiawi. Namun tidak ada yang salahnya jika kita berusaha untuk menghindari atau mencegah agar konflik tidak terjadi dalam sebuah hubungan percintaan khususnya di dalam bahtera rumah tangga.

Agar cinta dapat tetap terjaga keharmonisasnnya, ada beberapa tips menjaga keutuhan cinta yang dikutip dari buku Jangan Menyerah Ada Allah karya Irja Nasrullah yang diterbitkan Penerbit Mizania pada bulan Oktober 2016. Berikut ini ulasannya:

  1. Menjadi Pendengar Yang Baik

Di antara  hal yang harus dikusai dalam menjaga suatu keharmonisan rumah tangga adalah keterampilan menjadi pendengar yang baik. Banyak terjadi konflik dalam rumah tangga bukan karena kurangnya cinta di antara suami istri, tetapi kurangnya ilmu tentang cinta yang di antaranya mencakup keterampilan mendengarkan curhatan pasangan.

  1. Jangan Mudah Berasumsi

Suka berasumsi dan menduga-duga, hal yang cukup sering terjadi antara manusia. Jika hal tersebut terjadi dalam konteks rumah tangga, akan berakibat fatal. Mudah sekali berprasangka kepada pasangan tanpa didahului klarifikasi (tabayyun), merupakan sumber konflik. Selain berdosa, hal tersebut sangat merugikan pihak lain.



Keluarga dengan Cinta yang Harmonis | Image

 

  1. Berbicara Menggunakan Intonasi yang tepat.

Perkataan yang baik dan benar jika diucapkan dengan intonasi yang tidak tepat dapat bermakna beda dan cenderung salah. Sebagian orang mungkin menganggap intonasi bicara bukan hal yang penting dalam berkomunikasi. Anggapan tersebut tidaklah tepat. Betapa banyak orang yang sakit hati karena pasangannya berbicara dengan intonasi yang salah, maka dari itu mari gunakan intonasi yang tepat saat berbicara dengan pasangan.

  1. Sesuaikan Perkataan dengan Isi Hati

Ada sebuah kaidah likulli maqam maqal wa likulli maqal maqam yang maksudnya bahwa setiap tempat memiliki topik pembicaraan masing-masing dan setiap topik pembicaraan memiliki tempatnya masing-masing. Kaidah tersebut bisa digunakan dalam komunikasi sehari-hari, termasuk komunikasi antar suami.

  1. Pelajari Bahasa Tubuhnya

Percaya atau tidak, menurut sebagian ilmuwan, bahasa tubuh merupakan hal yang tidak bisa dimanipulasi siapa pun. Gerakan spontan pada bagian tubuh seseorang menunjukan sesuatu yang saat itu dia rasakan atau ingin dia ungkapkan, seperti menutup mulut, batuk, dan lain-lain. Mempelajari bahasa tubuh pasangan dapat memudahkan kita untuk memahami perasaannya.


Keutuhan Cinta | Image

  1. Jangan Mudah Dikendalikan Perasaan

Poin ini berhubungan erat dengan poin nomor dua. Seseorang yang mudah dikendalikan perasaannya cenderung mudah berasumsi. Menggunakan perasaan dalam mencerna sesuatu sangatlah perlu, tetapi ia tidak bisa dijadikan kendali. Pengendalian perasaan diperlukan dalam menjalani sebuah hubungan, agar kita mampu mengendalikan diri apabila sebuah masalah sedang terjadi.

  1. Libatkan Akal (Logika) dalam Mencerna Sesuatu

Akal merupakan unsur utama yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan manusia, termasuk dalam kehidupan berumah tangga. Pernah mendengar perumpamaan bahwa akal adalah raja, sedangkan tabiat adalah rakyatnya? Ya, semua bertumpu pada pola pikir kita yang seharusnya dapat senantiasa berpikir jernih dan positif dalam melihat suatu kejadian.

Jangan langsung memutuskan sesuatu dalam keadaan emosi, pikirkan secara seksama dan selalu komunikasikan masalah serta ketidaknyamanan perasaanmu dengan pasangan.


****


Demikianlah tips menjaga keutuhan cinta, semoga bermanfaat dan bisa kamu aplikasikan dalam menjaga hubungan cintamu tetap harmonis. Aamiin.




Sandra Nurdiansyah Publisis Penerbit Mizan

(Penyunting: Nizar Tegar)



Jangan Menyerah Ada Allah | Cover
Jangan
Menyerah Ada Allah 



Penerbit:
MIZAN PUBLISHING

Kode Buku: UB-339

ISBN: 9786024180393

Tahun Terbit: Oktober 2016

Halaman: 224 Halaman

Berat: 0,18 Kg

Format: Soft Cover

Author


Avatar