Artikel

Yuk! Mulai Mendekatkan Diri Pada Allah

Akan ada saatnya kita, sebagai manusia, merasakan kehampaan dan jatuh pada titik terendah. Saat itulah, terkadang hati dibutakan oleh hal-hal yang akan menjauhkan diri dari Allah Sang Maha Pencipta. Tindakan tersebut tentu tidak dibenarkan. Meratapi atau pun merutuki kehidupan tanpa memikirkan kuasa-Nya adalah jalan yang kurang tepat untuk dilewati. Alih-alih menjadi pribadi yang lebih baik, rasa gelisah dan cemas atas cobaan hidup malah akan melekat dalam diri.


Saat tertimpa musibah yang membuat putus asa datang, kebanyakan dari kita selalu berpikir mengenai segala hal yang menimbulkan musibah tersebut atau bagaimana cara untuk keluar dan menyelesaikannya. Padahal, hal utama yang seharusnya terlintas di benak kita adalah kehadiran-Nya yang pasti akan selalu siap untuk menarik segala kesulitan yang kita dapatkan. Seperti yang dipaparkan penulis buku Love & Happiness Yasmin Mogahed bahwa, “Saat kau kesakitan, jangan berfokus pada rasa sakitnya, berfokuslah pada Dia Sang Penyembuh segala rasa sakit.”

Prinsip tersebut juga berlaku saat kita berada dalam masa-masa sulit dan kehampaan. Pola pikir yang berpusat pada hal-hal yang sudah terjadi harus mulai diubah dengan cara mendekatkan diri pada Allah yang menghendaki segala sesuatu yang hadir di dunia ini.


Mendekatkan diri pada Dia Yang Maha Kuasa merupakan sesuatu yang mudah, jika kita bersungguh-sungguh menjalankan. Maka dari itu, yuk simak 9 cara mendekatkan diri pada Allah yang bisa mulai kamu lakukan berikut ini.

  1. Lepaskan Keterikatan pada Dunia

    Karier, kekayaan, bahkan hubungan kamu dengan manusia lain merupakan hal-hal yang bersifat duniawi. Jika kamu terus terikat pada mereka, kamu akan sulit menerima beban yang akan menimpa. Karena bagaimana pun, permasalahan yang datang pada kehidupanmu akan selalu berkaitan dengan sesuatu yang bersifat duniawi tersebut. Kalau kamu terlalu bergantung pada urusan dunia, maka hubunganmu dengan Allah akan sulit terjalin. Lepaskan keterikatan tersebut. Posisikan seluruh hal yang bersifat duniawi menjadi yang nomor dua, dan jalinlah ikatan yang utama dengan Allah.


  2. Niatkan Segala Aktivitas Sebagai Bentuk Ibadah Pada-Nya

    Segala sesuatu yang dilakukan selalu berawal dari niat. Ketika kamu mau makan, pergi mencari ilmu, atau pun bekerja, semuanya pasti diawali dengan niat. Kalau kamu mau memulai untuk mendekatkan diri pada Allah, maka lakukanlah segala aktivitas dalam kehidupanmu sebagai bentuk ibadah kepada-Nya. Jika niat awalmu baik, hasil akhir yang akan kamu dapatkan pun akan baik. Dan jika niat tersebut ditujukan untuk beribadah kepada Allah, maka kamu juga akan mendapat ridha dari-Nya.


  3. Jadikan Allah sebagai Tempat Curhat yang Utama

    Sahabat karib atau keluarga memang tempat curhat yang baik buatmu. Mereka bisa mendengar, menghiburmu, dan juga memberikan masukan atas permasalahan yang kamu alami. Namun, mereka tidak akan selalu ada saat kamu membutuhkan. Ingat, mereka juga manusia. Mereka merupakan bagian dari hal-hal duniawi yang bersifat sementara. Suatu hari nanti mereka juga akan pergi, dan tidak akan segan meninggalkan kamu sendiri. Maka dari itu, jadikanlah Dia yang abadi menjadi satu-satunya teman curhat utama yang bisa kamu miliki. Menangis dan mengadulah pada-Nya. Allah akan selalu ada di saat kamu butuh dan dengan begitu kamu juga bisa lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

  4. Sempurnakan Shalat

    Dalam buku Love & Happiness, Yasmin juga menjelaskan bahwa shalatlah yang akan memberikan dorongan dan bimbingan yang kita butuhkan untuk mengubah hidup. Shalat juga dapat membimbingmu untuk lebih dekat dengan Allah. Maka, perbaiki shalatmu jika benar-benar ingin mendekatkan diri dengan Allah. Jangan mengerjakan shalat hanya sebatas penggugur kewajiban. Jadikanlah shalat sebagai momen spesialmu untuk bertemu dan mengenal Allah lebih dalam.


  5. Jalankan Semua Ibadah Wajib dengan Ikhlas

    Sama seperti shalat, kamu juga harus menjalankan kewajiban lain sebagai seorang muslim dengan ikhlas. Jangan mengerjakan ibadah hanya sebatas penggugur kewajiban dan lakukan semua hal itu dengan ikhlas. Jangan juga mengharapkan imbalan atas ibadah yang kamu kerjakan. Lakukan hal tersebut hanya karena Allah.


  6. Rutin Membaca Al-Quran

    Jangan baca Al-Quran di waktu luangmu, tapi luangkanlah waktumu untuk membaca Al-Quran secara rutin dalam kehidupan. Dengan membaca Quran, kamu akan diberikan ketenangan dan juga jalan untuk mendekatkan diri pada Allah. Baca juga Al-Quran dengan terjemahannya. Kegiatan tersebut bisa membimbingmu untuk paham dan lebih mengenal Allah lebih dalam.


  7. Lakukan Ibadah Sunnah

    Selain mengerjakan ibadah wajib, lakukan juga ibadah sunnah agar kamu lebih didekatkan dengan Allah. Bangun pada sepertiga malam untuk shalat tahajud. Jadikanlah waktu tersebut sebagai momen untuk kamu mengadu dan meminta ampunannya. Kamu juga bisa melaksanakan puasa sunnah. Puasa pada hari Senin dan Kamis, misalnya. Kegiatan tersebut akan membuatmu lebih ingat pada Allah.


  8. Perbanyak Dzikir dan Bersyukur

    Jangan sampai hatimu kosong ketika kamu sedang mengerjakan aktivitas sehari-hari seperti belajar, bekerja, atau pun menonton televisi. Isi hatimu dengan selalu berdzikir pada Allah. Dengan begitu, kamu akan selalu ingat dengan kehadiran dan kuasa-Nya.

    Jangan lupakan juga bahwa apa yang kamu kerjakan hari ini, esok, dan seterusnya adalah sebuah bentuk nikmat yang diberikan oleh Allah. Kamu masih bisa bernapas, karena izin Allah. Kamu bisa makan, juga atas izin Allah. Maka dari itu, kamu pun harus lebih memperbanyak bersyukur atas segala rezeki yang dia beri.

    Selalu sebut nama Allah dalam hatimu, dan bersyukurlah atas segala sesuatu yang Dia berikan kepadamu.


  9. Mulai Jauhkan Diri dari Hal-Hal yang Menjauhkanmu dengan Allah

    Menjadi manusia yang luput dari dosa adalah hal yang nyaris tidak mungkin, tetapi menjadi manusia yang senantiasa berusaha untuk menjauhi larangan-Nya adalah hal yang sangat bisa dilakukan oleh setiap orang. Menghindari hal-hal yang dapat menjauhkanmu dari Allah bisa dikerjakan salah satunya dengan cara mengendalikan hawa nafsu. Pahami dengan baik bahwa ketika kamu hendak menghampiri suatu yang terlarang, sebenarnya itu hanya bisikan setan yang tengah berusaha untuk menjauhkanmu dari Allah.

Kesembilan cara itu bisa kamu lakukan agar bisa mendekatkan diri pada Allah. Namun, harus kamu ingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan pasti butuh proses, begitupun kamu yang sudah memiliki niat baik untuk lebih dekat dengan Allah. Kerjakan dengan tawakal dan istiqomah. Jangan pula sungkan hanya karena kamu merasa banyak dosa. Allah itu Maha Pengampun dan Penyayang. Dia akan selalu menerimamu apa adanya.

 

 

[Oleh: Shafa Nur Nafisa]



Baca juga: Jangan Putus Asa, Ini 9 Cara untuk Bangkit Lagi 

Baca juga: 7 Muslimah Inspiratif di Dunia, Mana Favoritmu?

Author


Avatar