Share
Scroll down

Baca
Artikel

5 Buku Terjemahan Ini Layak Kamu Baca Saat Ngabuburit

05-05-2020Category : Dewasa
5 Buku untuk ngabuburit>

Banyak buku terjemahan Islam yang berbedar di toko buku. Di antara ribuan buku terjemahan, rasanya tak mungkin dimiliki semua. Di sini kami mau merekomendasikan 5 buku terjemahan yang layak dibaca saat menunggu waktu berbuka. Selain isinya memandu hidup sehari-hari, juga diulas dengan ringan dan mudah diaplikasikan. Yuk, simak ulasannya: 

Pertama, Khadijah: Perempuan Teladan Sepanjang Masa

An image

Nama Khadijah sangat familiar. Selain karena ia menjadi istri pertama Nabi, juga perilaku hidupnya banyak menginspirasi, terutama bagi kaum wanita. Salah satu yang dapat dijadikan contoh adalah hidup sederhana. 

Bagaimana ia menjadi manusia sederhana di tengah hartanya yang melimpah? Rasanya tidak mungkin. Bagi Khadijah, itu mungkin. Ia mempraktikkannya langsung. Sebagian hartanya disumbangkan untuk kebaikan umat pada saat itu. Belum lagi kisah romantis rumah tangganya bersama Rasul, semua tersaji apik di buku ini yang ditulis Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal.

Kedua, Fatimah Al-Zahra: Pemimpin Perempuan Ahli Surga

An image

Siapa pula tak mengenal Fatimah? Sebutannya pun amat luhur: wanita suci. Ia termasuk wanita yang patut diteladani selain wanita lain, misalnya: Maryam, Khadijah, dan Asiyah. Selain itu, Fathimah pandai menjaga diri dan seorang istri yang setia kepada suami.

Masih banyak yang diulas tentang Fathimah di buku yang ditulis oleh Muhammad Ali Quthb ini. Misalnya, tentang keutamaannya, kehidupan rumah tangganya, kisah mengharukan bersama Sang Rasul, yang juga ayahnya, dan bagaimana mesranya ia dengan Tuhannya.  

Ketiga, 100 Pesan Nabi untuk Wanita: Penuntun Akhlak dan Ibadah

An image

Dalam hidup sehari-hari, seorang wanita butuh bimbingan. Tanpa bimbingan, dikhawatirkan ia terperosok ke jalan yang salah. Agar ia selalu mawas diri diperlukan bimbingan berupa bahan bacaan. Salah satunya buku ini: 100 Pesan Nabi untuk Wanita: Penuntun Akhlak dan Ibadah karya Badwi Mahmud Al-Syaikh.

Pesan-pesan Nabi yang disampaikan di buku ini diambil dari Al-Quran dan hadis. Penulis dengan piawai mampu menjelaskan pesan nabi tersebut dengan bahasa yang lugas. Itulah barangkali salah satu kelebihan buku ini dengan buku-buku sejenis yang sudah ada. Selamat menikmatinya, ya!

 Keempat, Beginilah Shalat Nabi: Jangan Asal Shalat!

An image

Teladan utama kaum Muslim adalah Nabi Muhammad Saw. Dalam segala hal, termasuk, misalnya bagaimana Rasul shalat. Kalau kita mengaku sebagai pengikut nabi, tentu cara shalat nabi pun kita ikuti, bukan? Untuk mengecek apakah shalat kita sudah sesuai tuntunan nabi, ada sebuah buku yang memimbing kita ke arah itu.

Judulnya: Beginilah Shalat Nabi: Jangan Asal Shalat! ditulis oleh Syaikh Mutawalli Al-Sya’rawi. Penulisnya seorang ulama terkemuka Timur Tengah. Di dalam buku ini diulas lengkap, tidak saja tentang fatwa-fatwa shalat, tetapi hikmah-hikmahnya. Artinya, karya ini berupa tutunan shalat lengkap.   

Kelima, Dekati Surga, Jauhi Neraka: Amal-Amal Calon Penghuni Surga

An image

Apa motivasi orang-orang beramal? Salah satu yang popular, yang jika ditanyakan ke mereka, tentu jawabannya: ingin memperoleh surga. Namun, sayang, mereka berharap surga, tetapi kehidupan sehari-harinya tak diisi dengan perbuatan yang mendekatkan ke surga.

Buku karya Khaled Abu Shadi ini memberi tahu kita amalan-amalan apa saja yang membuat seseorang beroleh surga. Dengan  begitu, orang kian sadar bahwa ternyata ada amalan kecil alias sepele, yang bisa menyebabkan orang masuk surga.

 

 

Nah, itulah 5 buku terjemahan yang bisa kamu baca saat menunggu adzan magrib untuk berbuka, ya. Selain memandu kita menjalani kehidupan ini agar selalu optimistis dan semangat, juga sebagai pengingat supaya hidup kita selamat dunia-akhirat.
 

tags : rekomendasi, terjemahan,

Related Post

Back to top