Share
Scroll down

Baca
Artikel

Yuk, Kenali 5 Kebaikan Usus di Dalam Tubuhmu

25-08-2020Category : Kesehatan
usus sehat>

Memiliki organ tubuh lengkap dan sehat adalah sebuah kenikmatan yang patut disyukuri, termasuk usus. Organ bagian dalam ini merupakan bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung sampai anus. Pada tubuh manusia, usus ini terdiri atas usus kecil (halus) dan usus besar. Dari kedua usus itu, tentunya masih banyak lagi pembagiannya.

Namun, organ dalam ini sering sekali tak menjadi prioritas. Nyaris tak mendapat perhatian, lalu terabaikan. Padahal, usus punya banyak kebaikan untuk tubuh. Simak uraian singkat berikut ini, yuk!

 

1. Mau Sehat? Mulai dari Usus

Mungkin, banyak yang tidak menyadari bahwa usus yang sehat merupakan kunci sistem kekebalan tubuh yang kuat.

 

An image

Sumber foto: alodokter.com

 

Dilansir dari laman alodokter.com, usus berfungsi untuk mengolah sisa makanan dan minuman dengan bantuan bakteri baik yang ada di dalamnya. Bakteri ini juga memiliki fungsi lain, seperti menyintesis berbagai vitamin dan melindungi usus dari bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, usus juga berperan dalam membentuk atau mengubah tinja dari cairan menjadi padat. Kemudian, menyimpan tinja yang akan dibuang hingga keluar dari tubuh. Keren ya, usus!

 

2. Usus yang Sehat, Salah Satu Faktor Kebahagiaan

Faktor bahagia tak hanya ditimbulkan dari hal-hal yang disukai, loh. Jangan salah, ternyata kesehatan usus juga berpengaruh pada kebahagiaan. Kok bisa?

 

An image

Sumber foto: beritagar.id

 

Dikutip dari laman beritagar.id, Kiran Krishnan, seorang ahli mikrobiologi, mengungkapkan bahwa hampir 80% keadaan mental, kesehatan, dan kebahagiaan seseorang dikendalikan oleh usus. Krishnan juga mengatakan bahwa mikrobioma usus yang sehat ini dapat mengendalikan kemampuan seseorang dalam mengatasi stres. Dan, itu dimulai dari usus.

 

3. Bisa Merasakan Lezatnya Makanan

Kebaikan usus lainnya adalah ketika sehat, ia dapat memengaruhi hormon dopamin. Misalnya, saat kamu makan makanan lezat, dopamin ini akan dilepaskan oleh tubuh. Tak heran, kamu akan merasa lebih bahagia ketika menyantap makanan lezat. Betul, kan?

 

 

An image

Sumber foto: hellosehat.com

Selain itu, ada juga hormon serotonin yang membuat kamu bisa merasa lebih baik. Dan ini dimulai dengan kesehatan usus. Tentu tak terbayangkan bila kondisi ususmu sebaliknya. Kenikmatan hidangan yang ada di hadapanmu pun tak bisa kamu rasakan. Duh, sayang sekali, ya.

 

4. Bebas Beraktivitas Tanpa Gangguan

Ketika kamu mengalami gangguan pencernaan, tentunya kemampuan untuk menghadapi berbagai persoalan akan berkurang. Kamu jadi merasa tertekan dan tidak nyaman, hingga kamu pun terpaksa digiring ke ambang batas stres yang lebih tinggi.

 

 

An image

Sumber foto: alodokter.com

 

Hal ini sesuai dengan pendapat para ilmuwan bahwa otak dapat mengirim sinyal ke usus. Itulah alasan saat stres kamu bisa saja mengalami masalah usus, seperti sakit perut, konstipasi, dan diare.

Apabila ususmu sehat, gangguan-gangguan tadi tentunya tak akan ada. Kamu jadi bebas beraktivitas tanpa gangguan. Semakin semangat, deh, menjalani hari.

 

5. Sehat dan Bahagia, Hidupmu Jadi Lebih Produktif

An image

 

Sumber foto: sehatq.com

 

Sudah sehat, lalu bahagia; siapa yang tidak mau? Tentu ini menjadi dambaan setiap orang, ya. Kamu hanya perlu memperhatikan kesehatan ususmu. Jangan sampai banyak racun yang menumpuk dalam usus.

Dr. Gia Pratama dalam buku terbarunya Tentang Tubuhmu, #serisayangidirimu terbitan Mizan Pustaka, mengatakan bahwa jumlah bakteri di usus besar bahkan lebih banyak daripada jumlah manusia yang pernah hidup di muka bumi. Makanan yang kamu pilih akan berpengaruh pada bakteri mana yang akan tumbuh di usus.

Jadi, usus yang bersih dan sehat sangat bergantung pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Kalau pola makanmu baik dan asupannya selalu bergizi, tentunya kamu bisa lebih produktif menjalani hari. Selain kamu, percayalah, orang-orang di sekitarmu juga jadi tertular energi kebahagiaan yang kamu rasakan.

Cintai ususmu, makan sehat tiap hari. Eittss, jangan sambil pake nada gitu, dong.

Semoga bermanfaat, ya.

 

[Ana Dwi Itsna Pebriana-Redaksi Mizan Pustaka]

Baca juga: Sakit Hati Siapa Yang Mau Berikut Ini 3 Kebaikan Bagi Tubuh Jika Hatimu Sehat

Baca juga: Bagaimana Cara Menyayangi Otak

Baca juga: Jantung Si Pekerja Keras

 

Referensi:

 

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2000913/usus-manusia-luasnya-2x-lapangan-tenis-penting-dijaga-kesehatannya

https://www.alodokter.com/mengetahui-anatomi-dan-fungsi-usus-besar

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/usus-sehat-anda-bahagia

tags : dr gia, dokter gia, Seri Sayangi Dirimu,

Related Post

Back to top