Share
Scroll down

Baca
Artikel

5 Hal Ini yang Menyebabkan Anak Gagap Berbicara

23-04-2020Category : Dewasa
5 Hal Ini yang Menyebabkan Anak  Gagap Berbicara>

Tak sedikit faktor yang menyebabkan anak gagap ketika berbicara. Di antara penyebab gagapnya seorang anak saat berbicara, itu datang dari orangtuanya sendiri. Dengan kata lain, ada pola asuh yang kurang tepat yang dipraktikkan orangtua kepada anaknya. 

Pertanyaannya, pola asuh seperti apa yang menyebabkan anak gagap berbicara? Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, penulis buku Yuk, Jadi Orangtua Shalih! menyebutkan ada 6 penyebab anak gagap berbicara. Apa saja itu? 

Pertama, Ayah-Bunda mewakili anak berbicara

Ayah-Bunda, beri kesempatan anak berbicara. Misalnya ketika si anak ditanya oleh seseorang. “Eh, siapa namanya?” Pada momen itu, baiknya Ayah-Bunda tak perlu buru-buru menjawabnya. Motivasi anak supaya menjawab pertanyaan si penanya. Dengan begitu, anak dilatih berbicara, kendati, misalnya terbata-bata.  

An image

Kedua, menyelesaikan kalimat anak

Sabar bukan saja saat ditimpa musibah. Sabar mesti diaplikasikan dalam segala hal. Termasuk, misalnya ketika anak sedang belajar berbicara. Ayah-Bunda, tahan untuk tidak menyelesaikan kalimat yang anak ucapkan. Biarkan anak menyelesaikan kalimatnya. Bila terdapat kekeliruan dalam pengucapan, bolehlah Ayah-Bunda mencontohkan pengucapan yang benar. 
 
Ketiga, memotong pembicaraan anak

Ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan poin kedua.  Kalau Ayah-Bunda tak menghargai pembicaraan anak, bagaimana ketika anak dewasa? Bisa jadi, kelak si anak kurang pandai menghargai perkataan orang lain, bahkan orangtuanya sendiri. Jangan sampai, ya.  

Keempat, tidak sabar mendengarkan

Ini juga problem kebanyakan orangtua, yang masih luput dari perhatian. Cobalah menurunkan ego, sebentar saja dengarkan ocehan anak. Dengan benar-benar mendengarkan, justru itu berharga bagi anak. Dia merasa dihargai. Dia merasa bahwa Ayah-Bundalah sosok tepat tempat curhat. 

Kelima, memonopoli pembicaraan dan anak hanya mendengarkan

Anak dan Ayah-Bunda memang mesti berbagi. Beri anak kesempatan untuk berbicara. Dengarkan pembicaraannya secara saksama. Setelah si anak selesai berbicara, barulah tanggapi. Hal semacam ini memang perlu kerelaan hati orangtua melakukannya. Menurunkan sedikit ego di depan anak memang tak mudah. Namun, mau tak mau, itu harus Ayah-Bunda latih. 
Itulah 5 faktor yang menyebabkan anak gagap berbicara. Banyak hal yang Abah Ihsan bahas di  Yuk, Jadi Orangtua Shalih!. Misalnya, sudah efektifkah komunikasi Ayah-Bunda dan anak? Atau, sudahkah Ayah-Bunda bertindak konsisten terhadap anak? Hal-hal yang berkaitan dengan pola asuh, dipaparkan dengan terang oleh sang penulis. Selamat membaca, ya!  
 

tags : Yuk jadi orangtua shalih,

Related Post

Back to top