Share
Scroll down

Baca
Artikel

5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menikah dengan Orang Korea

menikah dengan orang korea>

Drama Korea bikin sebagian orang memiliki impian bisa berjodoh dengan orang Korea. Sebelum kamu memutuskan punya pasangan orang Korea, kamu bisa belajar dulu dari kisah Kimbab Family.

Kimbab Family adalah salah satu contoh keluarga yang berbeda negara. Mama Gina (sang istri) adalah asli orang Indonesia, sedangkan Appa Jay (sang suami) asli Korea. Sebelum bermimpi ingin memiliki jodoh orang Korea, harus belajar terlebih dahulu 5 hal ini berdasarkan pengalaman Mama Gina dan Appa Jay.

 

Baca Juga: Apakah Kimbab Family Representasi dari Darama Korea?

 

Pertama, harus siap LDR (hubungan jarak jauh). Loh, kan sudah menikah, masa masih LDR-an? Kita tidak akan tahu kapan akan berjarak. Mama Gina dan Appa Jay pun dulu keberatan berpisah, karena masa kuliah sudah selesai. Mama Gina harus pulang ke Indonesia dan Appa Jay harus pulang ke Korea. Kita harus siap dalam keadaan apa pun, sehingga kita bisa melewatinya. Seperti Appa Jay dan Mama Gina yang akhirnya dapat menikah.

Kedua, siap menerima perbedaan budaya. Berbeda negara jelas berbeda juga budayanya. Jangankan berbeda negara, berbeda daerah di Indonesia saja, sudah berbeda budaya juga. Hal ini sangat dirasakan oleh Appa Jay yang kaget dengan budaya di Indonesia yang santai, ramah, suka menyapa, dan banyak acara (seperti kumpul keluarga). Sedangkan, Mama Gina merasakan perbedaan budaya juga karena keluarga di Korea berbagai hal dianggap serius.

Ketiga, paham betul bahasa Korea. Di Indonesia saja sudah memiliki keberagaman bahasa. Apalagi berbeda negara, sudah pasti kita dituntut untuk menjadi orang yang paham lebih dari satu bahasa, yaitu Korea. Bagaimana kita bisa berkomunikasi sedangkan bahasa yang digunakan saja tidak mengerti. Oleh karena itu, kita harus paham betul bahasa Korea. Sama halnya seperti Mama Gina. Ia belajar dengan giat agar tidak ada lagi salah paham ketika berkomunikasi. Bahkan, bisa-bisa membuat hubungan kalian menjadi kurang baik apabila tidak bisa mengerti bahasa pasangan.

Keempat, kuat menahan rindu dengan kampung halaman. Ketika kita yang ikut dengan pasangan, kita akan meninggalkan kampung halaman tercinta. Tempat di mana kita berkembang dan belajar banyak hal. Hal ini juga yang dirasakan Mama Gina yang tinggal lama di Korea. Ia merasa rindu dengan kampung halamannya. Apalagi di masa pandemi ini tidak mudah untuk pulang-pergi.

Kelima, ramadan dan lebaran harus tetap terasa menyenangkan. Penduduk muslim di Korea jelas berbeda dengan di Indonesia. Maka, penyambutan ramadan dan perayaan Idul Fitri pun akan terasa berbeda. Di Indonesia semuanya akan berlangsung meriah, bahkan sangat meriah. Tapi, berbeda apabila kalian berada di Korea. Mama Gina dan Appa Jay juga merasakannya. Mereka melakukan puasa ramadan hanya dengan keluarga kecilnya saja. Akan tetapi, Mama Gina tetap bersyukur dan merasa senang bisa melaksanakan puasa Ramadan dan lebaran di Korea.

Itu tadi 5 hal yang harus kamu siapkan sebelum memutuskan memiliki pasangan orang Korea. Lebih lanjut kamu bisa mendapat bayangan seperti apa tinggal di Korea dan hidup bersama orang Korea melalui buku Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea yang akan rilis bulan februari ini. 

Faris - Marketing Communications Internship

tags : drama korea, kimbab family, korea,

Related Post

Back to top