Buat Apa Shalat?

Buat Apa Shalat? - Haidar Bagir

Rasulullah Saw. bersabda,
“Manakala seorang hamba menghadap kiblat dan mengucapkan ‘Allahu akbar’,
dia akan bersih dari dosa laksana baru dilahirkan ibunya.”

Shalat seharusnya adalah wahana privat yang di dalamnya percakapan seorang hamba dan Tuhan terjadi dengan begitu dalam dan mesra. Ungkapan Nabi, “Shalat adalah cahaya mataku,” melukiskan luapan kegembiraan yang beliau peroleh ketika shalat. Maka, tak ubahnya dengan yang terjadi pada Nabi Saw., shalat yang benar dapat menghasilkan kebahagiaan dan pencerahan (ilham dan kreativitas) bagi pelakunya. Inilah suatu keadaan yang, oleh Mihaly Csikszentmihalyi—seorang tokoh psikologi positif terkemuka—disebut flow.

Buku, yang disusun oleh seseorang yang memiliki concern terhadap Tasawuf (positif) dan Filsafat Islam, ini merupakan upaya untuk menampilkan shalat sebagai jawaban atas kebutuhan eksistensial dan intelektual manusia modern akan kebahagiaan dan pencerahan hidup. Terbagi dalam dua bagian, Bagian Pertama menjelaskan hakikat dan makna shalat yang benar, yang bisa melahirkan kebahagiaan dan pencerahan hidup, berikut konsekuensi komitmen sosialnya. Bagian Kedua—yakni bagian terpenting buku ini—merupakan penjelasan sekaligus bimbingan dari para sufi besar dan filosof tentang apa dan bagaimana shalat yang sebenarnya itu.

Kata Mereka

Tentang Penulis

Haidar Bagir

Haidar Bagir lahir di Surakarta, 20 Februari 1957. Dia meraih S-1 dari Jurusan Teknologi Industri ITB (1982), S-2 dari Pusat Studi Timur Tengah, Harvard University, AS (1992), dan S-3 dari Jurusan Filsafat Universitas Indonesia (UI) dengan riset selama setahun (2000-2001) di Departemen Sejarah dan Filsafat Sains, Indiana University, Bloomington, AS. Nama penerima tiga beasiswa Fullbright ini selama beberapa tahun berturut-turut masuk di dalam daftar 500 Most Influential Muslims (The Royal Islamic Strategic Studies Centre, 2011). Selain sibuk mengurus yayasan pendidikan dan sosial dan menjadi presiden direktur sebuah rumah penerbitan, dia telah menulis beberapa buku di antaranya: Buku Saku Tasawuf; Buku Saku Filsafat Islam; Buat Apa Shalat?!; Surga di Dunia, Surga di Akhirat; Era Baru Manajemen Etis; Antara Al-Farabi dan Khomeini: Filsafat Politik Islam; Islam Risalah Cinta dan Kebahagiaan, Belajar Hidup dari Rumi, dan Mereguk Cinta Rumi, serta beberapa judul buku lain. Dia juga masih aktif memberikan ceramah keagamaan dan pendidikan di sejumlah instansi; menjadi pembicara di sejumlah seminar keilmuan, khususnya kajian tentang filsafat dan pemikiran Islam kontemporer. Selain itu, dia menjabat sebagai Editor-in-chief Jurnal Kanz Philosopia, Jakarta; Koordinator regional International Society for Islamic Philosophy; Board member of Global Compassionate Council; dan Pendiri Gerakan Islam Cinta, serta menjadi dosen di ICAS dan STFI Sadra, Jakarta.[]

Mengapa harus punya
Buat Apa Shalat?

Buat Apa Shalat?
Buat Apa Shalat?
Buat Apa Shalat?
Buat Apa Shalat?

Info Produk

Mengenal Filsafat Islam?
  • Harga Rp59.000
  • Format: 13 x 19cm
  • Jumlah halaman: 272 h
  • Jenis Kertas Isi: Book paper 55 gr
  • Jenis Kertas Sampul: AC 230 gr
  • ISBN: 978-602-441….-….
  • Jenis Buku: Tasawuf (UA-224)

Toko Buku Online

Dapatkan dengan diskon khusus di toko-toko berikut:

Mizan Store

Website

BukuWanita

Shopee

Rizal Boekoe

Shopee

Buku parist

Shopee

Putra Buku

WhatsApp

Puraos Book

WhatsApp

Zalfalyn books

Website

Hypatia Pustaka

Shopee

Millennia Bookstore

Shopee

Bukuplus.id

Shopee

Linibuku

Shopee

Kamarbuku

Shopee

Republikfiksi

Shopee

Permana Books

Shopee

Novel Murah Sidoarjo

Shopee

Sumriyah (storeisi)

Shopee

Atnabook

Instagram

Toko Izzazul

Shopee

familybookst0re

Shopee

Mitorijuraganbuku

WhatsApp

bukabuku.com

Website

Bukubukularis

Shopee

Smart Books

Shopee

Gubuk Baca

Shopee

sunshinebook.id

Shopee

Alfatih Book Store

Website

parama buku

WhatsApp