Share
Scroll down

Category
Dewasa

Recehan bahasa

“Saya merasa masuk ke sebuah rumah yang banyak jendelanya. Jika jendela-jendela itu dibuka, kita bisa melihat berbagai cakrawala dan khazanah.” Demikian penuturan Kang Uu Suhardi mengenai buku Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku. Itulah salah satu kelebihan buku karya Ivan Lanin yang terbit pada pertengahan 2020. ...


Read more
Menyayangi otak

Sumber gambar: blogs.umass.edu   Otak adalah salah satu organ paling kompleks dalam tubuh manusia. Otak manusia, seperti yang ditulis di laman alodokter.com, tersusun dari sejumlah jaringan pendukung serta miliaran sel saraf yang saling terhubung. Organ ini dilindungi oleh selaput otak dan tul...


Read more
Recehan Bahasa

Bahasa Indonesia kian tergerus oleh bahasa asing. Hingga muncul pertanyaan “pentingkah Bahasa Indonesia?” bagi kita, yang berbangsa dan tercatat sebagai warga negara Indonesia. Rasanya, patut untuk direnungkan kembali pertanyaan tersebut. Setidaknya, untuk mengetahui seberapa jauh “nasionalisme” kita terhadap bahasa Indonesia. Sebagai perbandingan misalnya, mengapa orang Perancis begitu setia terhadap bahasanya. Jika Anda berkunjung ke negar...


Read more
. Pada 2020 ini, Ivan Lanin akan meluncurkan karya terbarunya dalam bentuk buku berjudul Recehan Bahasa yang diterbitkan Penerbit Qanita.

Buku Terbaru Ivan Lanin: Recehan Bahasa Ivan Lanin adalah seorang Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang sering dijuluki “kamus berjalan”. Pria berdarah Minang ini dikenal sebagai aktivis yang menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia baku serta merupakan tokoh Peneroka Bahasa Indonesia Daring yang ditunjuk oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ivan Lanin turut serta dalam upaya mendaringkan ...


Read more
Judul E-Book Terlaris Bulan Ini! Buku Religi, Biografi, sampai Novel Remaja, Ada di Sini

Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Buku memberikan berbagai informasi dari mulai agama, gaya hidup, parenting sampai cara berkebun. Tidak hanya ilmu pengetahuan, buku juga menyediakan pengajaran dan hiburan lewat cerita dalam novel. Saat ini buku juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Tidak melulu dalam versi cetak, buku juga sudah banyak dinikmati dalam versi audiobook atau ...


Read more
Komidi Putar, Nostalgia Pasar Malam yang Meriah dan Menyenangkan

Apakah masih banyak orang yang familier dengan komidi putar? Komidi putar menjadi salah satu permainan yang akhir-akhir ini mulai ditinggalkan masyarakat. Sebuah wahana berbentuk kuda-kudaan atau tempat duduk yang bisa dinaiki dan kemudian berputar sambil diiringi musik ini umumnya dijumpai di pasar malam. Sayangnya, saat ini pasar malam sudah jarang diselenggarakan karena peminat yang semakin berkurang, tergeser oleh pusat perbelanjaan...


Read more
literasi mizan

Berbagai produk yang memiliki hak cipta, terutama buku, lambat laun telah berubah ke dalam format digital. Hal ini tentunya bukan fenomena baru. Perkembangan teknologi yang semakin masif, menjadi tuntutan tersendiri bagi para pelaku industri kreatif untuk beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi. Kehadiran buku digital pun semakin menggeliat, apalagi bagi yang malas membaca buku cetak. E-book atau buku versi digital ini menjadi alternatif lai...


Read more
perbuatan yang tidak disukai suami

  Menjalani kehidupan rumah tangga tentu tak selamanya indah. Akan banyak lika-liku yang dihadapi bersama pasangan. Bagaimana tidak, berumah tangga menjadi ibadah seumur hidup yang tentu berbeda dengan ibadah shalat, puasa, haji dan sebagainya yang sifatnya hanya sementara.   Pun menyandang peran sebagai seorang istri yang tugasnya tidak mudah. Setiap saat harus menga...


Read more
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia

Bahasa adalah salah satu penentu identitas bangsa. Ragam bahasa menjadi ciri khas yang membedakan satu bangsa dengan yang lainnya. Meskipun satu negara bisa jadi memiliki lebih dari satu bahasa yang digunakan, harus ada bahasa yang menjadi bahasa resmi sebagai pemersatu. Tercatat pada 2017, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Badan Bahasa Kemendikbud) melaporkan Indonesia memiliki 652 bahasa daerah. Jumlah tersebut didapat dari hasil verifikasi data ...


Read more
Jenuh dan Mulai Putus Asa Saat Mengisi TTS? Coba sambil Lakukan 5 Aktivitas Ini!

Siapa, sih, yang tidak tahu TTS atau Teka-Teki Silang? Permainan kata yang harus sesuai dengan kotak yang tersedia. Permainan mengasah otak yang mengasyikkan. Bisa jadi hobi atau sekadar objek pelarian dari kerasnya kehidupan. Duh! Teka-teki kata ini terkadang tidak mudah. Bisa jadi, kamu mungkin perlu waktu lebih dari satu jam untuk mengisi TTS. Lalu, terkadang rasa jenuh pun menghampiri tanpa permisi. Padahal, belum selesai. Apalagi saat teka-tekinya sulit dipecahkan. Ah...


Read more
Inilah Padanan Istilah Internet dan Teknologi Informasi dalam Bahasa Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama menyelenggarakan program #SelasaBahasa Padanan Kata Kolibri, yaitu sebuah segmen berisi kata-kata dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dan ditujukan kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Dikutip dari situs resmi Kemkominfo, segmen ini disebarkan secara rutin setiap Selasa melalui akun LINE resmi Kemkominfo yang diberi tajuk Kolibri (Kemkominfo Lintas Berita Terk...


Read more
Recehan Bahasa

Ivan Razela Lanin, atau lebih dikenal dengan Ivan Lanin, adalah aktivis yang mengampanyekan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ivan Lanin mulai menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI) sejak 2006 dengan suntingan pertamanya di WBI pada artikel Pajak. Ia juga turut mendirikan Wikimedia Indonesia pada akhir 2008. Seperti ditulis di situs web wikipedia.org, Ivan bersama rekannya juga mengembangkan “Kateglo” yang merupakan s...


Read more
Bahasa Indonesia Itu Kaya. Inilah 7 Kata Bahasa Gaul dan Alay yang Bikin Kamu Nostalgia

Kata itu netral. Tafsir manusia membuatnya berpihak. Imajinasi warganet membuatnya liar. Kendalikanlah! (Ivan Lanin, 2019)   Bahasa kita, bahasa Indonesia, jelas sangat kaya dan beragam. Selain bahasa baku, bahasa Indonesia juga diperkaya oleh bahasa-bahasa slang atau gaul. Bahasa alay pun ada dan mungkin pernah kamu gunakan dalam keseharian. Ragam bahasa gaul senantiasa berubah sesuai deng...


Read more
Kiriman Twitter yang Menawan ala Ivan Lanin! Diksi Memperkaya Rasa Berbahasa

Ivan Lanin merupakan aktivis yang gencar menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia baku. Pria yang dikenal sebagai Wikipediawan ini juga menjadikan media sosial, terutama Twitter, sebagai sarana untuk membagikan pengetahuan seputar kebahasaan. Akun Twitter Ivan Lanin kerap dijadikan tempat bertanya oleh warganet. Ivan Lanin memang menyediakan waktu khusus untuk menjawab pertanyaan warganet seputar bahasa Indonesia. Selain menjawab pertanyaan, Ivan Lanin juga terkadang melakukan jajak...


Read more
7 Kata Unik dalam Bahasa Indonesia yang Belum Kamu Ketahui

Pada September 2019, Ivan Lanin, Wikipediawan dan pencinta bahasa Indonesia, pernah menggelar japat (jajak pendapat) atau survei di akun Twitternya mengenai kata yang paling indah dalam bahasa Indonesia. Ada lima kata yang beliau usulkan, yaitu senandika, dersik, niscaya, kelindan, dan lindap. Dari kelima kata tersebut, senandika merupakan kata yang paling banyak disukai oleh warganet.  ...


Read more
Kamus Terjemah, KBBI, dan Tesaurus – Kenali Perbedaannya

Bagi seorang pelajar, kamus bahasa tentu merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi. Ada banyak ragam kamus bahasa yang diproduksi, tak hanya kamus cetak, tetapi juga kamus daring (online). Dari kamus bahasa Inggris populer, seperti Merriam-Webster, Cambridge, dan Longman, hingga aplikasi-aplikasi kamus bahasa Inggris-Indonesia yang bisa diunduh secara gratis, ada banyak ragam kamus yang kita temui. Selain itu, mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan tes...


Read more
Lima Orang Pegiat Bahasa yang Wajib Kamu Follow di Medsos, Nomor 5 Seorang Penulis, Loh!

Pada zaman yang serbadigital ini, tentunya hidupmu tak lepas dari media sosial. Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lainnya, seakan menjadi teman setia yang bisa hadir setiap saat. Beragam sajian pun ada, baik hiburan, curhatan seputar kehidupan, maupun konten recehan. Semuanya bisa kamu temukan dengan mudah! Namun, apabila kamu ingin memperkaya wawasanmu seputar bahasa dengan santai sambil menghibur diri, lima orang ini wajib kamu pantau dan ikuti di medsos. Chec...


Read more
Ivan Lanin, Anak Teknik yang Cinta Bahasa Indonesia

Ivan Razela Lanin yang lahir pada 16 Januari 1975 adalah seorang pakar internet Indonesia. Pria yang akrab disapa Ivan Lanin ini menghabiskan masa pendidikan sekolah dasar sampai Strata-1 di Bandung. Setelah lulus dari jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB), Ivan Lanin meneruskan pendidikan ke Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia (UI). Seperti yang ditulis di laman wikipedia.org, Ivan Lanin dikenal sebagai aktivis yang menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia baku...


Read more
Belajar Bahasa Indonesia lewat Media Sosial, Bagaimana Caranya?

Media sosial berkembang semakin pesat dengan jumlah pengguna yang semakin bertambah. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia ditaksir mencapai 171,17 juta jiwa serta didominasi oleh generasi milenial. APJII merilis bahwa persentase pengguna media sosial di Indonesia yang berusia 13--18 tahun adalah sebanyak 75,50% dan yang berusia 19--34 tahun sebanyak 74,23%. Ternyata, beraktivitas di med...


Read more
Hari buku nasional

Hari ini, tak perlulah kita mengulang lagi lagu lama tentang rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Kita semua sudah mafhum itu. Data-data statistik yang selalu dikutip pun kita sudah hafal di luar kepala. Peringkat 60 dari 61 negara, hanya satu tingkat di atas Botswana, urutan ke 64 dari 65, hanya 1 di antara 1000 orang penduduk. Ini klise yang menghasilkan gambar pudar. Kenyataannya, dalam tingkat minat baca yang demikianlah dunia penerbitan dan perbukuan kita bertumbuh. ...


Read more
5 Hal Ini yang Menyebabkan Anak  Gagap Berbicara

Tak sedikit faktor yang menyebabkan anak gagap ketika berbicara. Di antara penyebab gagapnya seorang anak saat berbicara, itu datang dari orangtuanya sendiri. Dengan kata lain, ada pola asuh yang kurang tepat yang dipraktikkan orangtua kepada anaknya.  Pertanyaannya, pola asuh seperti apa yang menyebabkan anak gagap berbicara? Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, penulis buku Yuk, Jadi Orangtua Shalih! menyebutkan ada 6...


Read more
5 Buku untuk ngabuburit

Banyak buku terjemahan Islam yang berbedar di toko buku. Di antara ribuan buku terjemahan, rasanya tak mungkin dimiliki semua. Di sini kami mau merekomendasikan 5 buku terjemahan yang layak dibaca saat menunggu waktu berbuka. Selain isinya memandu hidup sehari-hari, juga diulas dengan ringan dan mudah diaplikasikan. Yuk, simak ulasannya:  Pertama, Khadijah: Perempuan Teladan Sepanjang Masa ...


Read more
5 Alasan E-Book Ini Perlu Dibaca Muslimah

Banyak cara untuk membaca buku. Baca buku kini semakin mudah. Bahkan bisa di mana dan kapan saja. Membaca buku tak harus buku fisik. Selain ribet membawanya, buku fisik harganya tinggi. Beda dengan e-book yang harganya terjangkau. Khusus untuk muslimah, ada 5 judul e-book terbitan Mizania  yang sebaiknya dibaca. 5 judul e-book ini, selain sebagai penuntun muslimah sehari-sehari, juga penting untuk menambah wawasan, terutama soal ibadah sehari-hari.  Memang, kalau...


Read more
Khalid Muhammad Khalid, Penulis Buku Seri Khalifah

Apa pentingnya membaca sebuah kisah? Kata orang bijak, sebuah kisah dapat menjadikan seseorang menjadi arif dalam menyikapi hidup. Banyak kisah di dunia ini, tetapi hanya sedikit yang mau membaca kisah tersebut. Sebagiannya menganggap bahwa membaca kisah, terutama masa lalu sungguh membosankan. Ada kisah yang mesti dijenguk, terutama oleh kita orang Islam. Kisah itu yakni tentang khalifah, pemimpin umat sepeninggal Rasulullah Saw. Membaca kisah mereka: Abu Bakar, Umar, Utsman, dan A...


Read more
Buku Jadikan Aku Halal Bagimu, Cocok Untukmu yang Akan Menikah

Iya, kapan? Halalkan aku segera kalau memang kau menginginkan aku. Jangan terlalu lama menunda. Banyak orang di luar sana, juga menungguku. Bila serius, datanglah ke rumah, temui ayah dan ibuku. Secara usia, rasanya kita telsah cocok menjalin rumah tangga.  Itulah sebagian isi hati kaum wanita barangkali, bila mau mendengarkannya. Isi hati itu memang keluar dari seorang wanita yang sudah ingin benar-benar menikah, namun tak kunjung pula jodoh menjemput. Tak perlu khaw...


Read more
10 Alasan Kenapa Kalian Ikut Memeriahkan OOTB Online

Asyiik!!! Out Of The Boox alias OOTB kembali menyapa kalian! Kali ini ONLINE, ya. Maksudnya gimana? Iya, OOTB yang biasanya diadakan OFFLINE alias dateng ke gudang, kini kalian para pencinta buku bisa melakukan transaksinya via online lewat marketplace. Kalian bisa pilih produk sambil rebahan. Lebih asyik dan simple dibanding kalian datang ke gudang, bukan?   ...


Read more
Sekarang Waktunya: Baca Buku, Buku, Buku!

Diterjemahkan dan disadur oleh Dyah Agustine dari artikel tulisan Naomi Farr yang dimuat di Greatist.    Setiap pencinta buku pasti fasih menyebutkan keunggulan buku—sumber tak terbatas akan sejarah, humor, drama, roman, fantasi, cara pandang baru, dan apa pun yang Anda inginkan. Tapi di masa-masa sulit seperti ini, buku memiliki keunggulan lain: sarana pendukung kesejahteraan mental kita....


Read more
Komentar Fisik, Memang Gak Pernah Asik!

Body Positivity merupakan isu yang tengah ramai diperbincangkan. Orang-orang sudah muak dengan standar kecantikan yang timpang, orang-orang sudah lelah dengan segala komentar yang malah membuat diri makin tidak berkembang. Itulah mengapa komentar fisik gak asik! Komentar fisik, memang gak akan pernah asik, sebab komentar—terlebih terkait fisik—seringkali berisi penghakiman, candaan yang berlebihan, hingga dapat membawa dampak negatif bagi mereka ...


Read more
#BerhentidiKamu dan Ingatan atas Sajak Mary Oliver

Tunggu, deh, sebelum baca tulisan ini, aku harap nantinya tulisan ini dapat tersebar, bahkan sampai ke tempat-tempat jauh. Aku harap, tulisan ini gak #BerhentidiKamu bisa, kan? Kita semua, dalam taraf tertentu, selalu menyenangi berbagai macam kisah, terutama kisah-kisah cinta. Tentu kita tahu, cinta adalah salah satu hal dasar yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Ada berbagai macam kisah cinta yang tersebar di berbagai belahan dunia, semuanya...


Read more
Perikardia: Kisah Menarik Untukmu yang Bosan Baca Cerita-Cerita Mainstream

Kalau kuminta kamu untuk memutar kembali memorimu ke masa silam, tepatnya ketika kita duduk di sebuah sekolah dasar, bisa? Saat itu, kita duduk di ruangan bernama kelas satu. Pakaian kita berwana merah putih, persis seperti bendera yang kita hormati tiap senin pagi di lapangan sekolah yang berdebu. Aku ingat betul, kamu dengan lantang menjawab “dokter, bu!” saat bu guru bertanya mengenai “apa cita- citamu?”. Kalau kuingat l...


Read more
Sering Ucapkan Kalimat Negatif ke Anak? Yuk, Ubah Kalimatnya!

Para orangtua perlu mengatur bagaimana mereka mengucapkan kata-kata ke anak. Jangan lagi beralasan bahwa mereka mengucapkannya karena spontanitas. Kalau ucapan spontanitas itu tepat, itu tak masalah. Jadi masalah ketika ucapan orangtua itu kurang tepat. Ketepatan atau ketidaktepatan orangtua mengucapkan kata-kata ke anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologi anak. Karena itu, di sini akan dipaparkan contoh-contoh ucapan negatif orangtua ke anak dan bagaimana mengubah ka...


Read more
Pembunuh Bocah 5 tahun

Pembunuhan sadis yang dilakukan anak 14 tahun terhadap korban berumur 6 tahun di Jakarta  bukan hanya membuat miris dan mengagetkan semua namun juga menyadarkan kita betapa  pentingnya membentuk otak anak positif selama proses tumbuh kembang mereka. Saat baru lahir otak anak masih suci  yang akan tumbuh-kembang dengan cara membentuk hubungan  antar sel otak disebut sinaptogenesis, proses ini mencapai puncaknya usia 8 -10 tahun. ...


Read more
Dua Novel Ellya Ningsih Ini Bikin Kalian Baper

 Ellya Ningsih merupakan salah satu novelis terkenal Indonesia. Dua novelnya, Elena dan  Eugene Rewrite bahkan laris bak tahu bulat alias best seller. Cerita-cerita dalam novel tersebut sangat luar biasa dan menyentuh bagi pembacanya. Untuk lebih jelas, mari kita simak review kedua novel yang mengkisahkan tentang kehidupan cinta.   #Review...


Read more
Harga Buku Rp 5.000, Emang Ada?

Ada, dong! Snackbook. Sesuai namanya, snack dan book. Snack artinya makanan ringan dan bisa mengenyangkan dalam waktu singkat. Book artinya buku. Dengan kata lain, snackbook berarti buku digital dalam versi mini dengan cerita renyah dan menarik serta dapat memuaskan pembaca hanya dalam waktu yang singkat. ...


Read more
Snackbook: Buku Ringan Yang Wajib Kamu Cicip!

Tahu snackbook? Atau pernah dengar snackbook? Snackbook merupakan e-book pendek berupa chapter buku yang sudah dibagi-bagi. Atau bisa juga disebut e-book mini. Dengan kata lain, snackbook bisa dibaca sekali duduk. Konon, saat ini snackbook banyak digandrungi kaum muda. Lalu, apa saja kelebihan sanckbook dibanding e-book? Yuk, simak! ...


Read more
Inilah 4 Fakta Menarik Ririe Bogar yang Perlu Kamu Tahu!

Memiliki tubuh ramping, kaki jenjang, dan postur tubuh yang tinggi merupakan impian sebagian besar perempuan di seluruh dunia. Stereotip semacam itu sudah lama terdengar. Tidak sedikit perempuan yang ingin berjalan di atas catwalk untuk menunjukkan eksistensi dirinya, tetapi terhalang oleh stereotip tersebut. Standar dan Stereotip semacam itu kini dibungkam Ririe Bogar, seorang influencer dan penulis dua buku Cantik itu Ejaannya Bukan K.U.R.U.S dan Komentar Fisik Gak As...


Read more
Untukmu yang Gemuk, Ini Ada Tips dari Ririe Bogar agar Percaya Diri

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa perempuan terlihat cantik jika tubuhnya kurus. Kenyataannya, perempuan sudah tercipta dengan kecantikan dari luar maupun dalam. Definisi cantik tidak hanya dari segi fisik, tetapi bisa datang dari kepercayaan diri dan hati masing-masing. Menghargai tubuh dan diri sendiri akan membuat perempuan sadar bahwa setiap orang memiliki jalan cantiknya masing-masing. Tapi, banyak perempuan yang kerap tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang gendut...


Read more
Setelah Menulis Cantik itu Ejaannya Bukan K.U.R.U.S Kini Ririe Bogar Menulis Komentar Fisik Gak Asik

Kata ‘gemuk’ menjadi kata yang tidak asing di kalangan perempuan karena sering disebut. Tidak hanya dianggap sebagai momok yang menakutkan, kata itu bahkan dianggap musuh oleh beberapa kaum hawa. Bila kata itu disematkan ke mereka, bisa jadi mereka dilanda stres. Bukan cuma secara verbal, sebagian media pun berperan mengiklankan bahwa ‘gendut’ adalah hal yang tidak baik bagi perempuan. Namun, bagi Ririe Bogar memiliki berat badan berlebih bukan sesuatu yang h...


Read more
Dari Pojok Sejarah: Sebuah Heroisme Kesemestaan

Oleh: Mohamad Arif Luthfi   Membaca buku karya Emha Ainun Nadjib yang diberi judul Dari Pojok Sejarah ini, rasanya kita dibawa melintasi beragam peristiwa lintas benua, lintas zaman, tetapi dikemas dalam satu rasa heroisme kesemestaan. Emha sebagai penulis dalam buku ini mengawali bab pembukanya ...


Read more
Novel Perikardia, Lanjutan Novel #BerhentiDiKamu

Apa, sih Perikardia? Perikardia merupakan novel kedua yang ditulis seorang dokter bernama Gia Pratama. Perikardia itu lanjutan novel pertamanya #BerhentiDiKamu. Perikardia singkatan dari ‘perjalanan indah untuk dikenang, ribet untuk diulang’. Jika kalian pernah membaca buku pertamanya, pasti tahu bagaimana keseruan cerita yang di suguhkan dalam novel tersebut. Novel keduanya pun tak kalah seru. Dokter Gia aktif di twitter. Tak heran, dia sering menulis cerita kesehariann...


Read more
Kata Pembaca tentang Novel Perikardia

Salah satu rutinitas yang digandrungi banyak orang adalah membaca novel. Selain mengasyikkan, membaca novel memberikan tak sedikit pelajaran, terutama bagi sang pembaca. Tak heran, bagi pembaca novel, raknya pun penuh dengan novel dari beragam genre. Novel ditulis oleh seorang novelis. Salah satu novel yang sedang hit saat ini adalah Perikardia karya dr. Gia Pratama.  Perikardia merupakan novel kedua sang dokter, setelah berhasil menerbitkan novel pertamanya y...


Read more
#BerhentiDiKamu Diangkat Ke Layar Lebar, Siap Menonton?

Salah satu hiburan yang digandrungi orang adalah membaca novel. Jenis novel pun sangat beragam. Tak sedikit penulis andal menulis novel yang luar biasa bahkan menginspirasi jutaan orang. Novel #BerhentiDiKamu adalah salah satu novel laris dan luar biasa yang ditulis dr. Gia Pratama. Novel pertama dokter berkacamata ini telah berhasil dicetak ulang dalam waktu 63 jam usai dirilis. Bahkan, novel #BerhentiDiKamu menjadi novel paling laris pada 2018, mengalahkan sejumlah novel...


Read more
Dua Thread Dokter Gia Pratama yang Menginspirasi

Sudah kenal dengan dr. Gia Pratama? Pemilik akun @GiaPratamaMD tersebut ternyata juga seorang penulis produktif. Buktinya, Desember 2018 novel pertamanya #BerhentiDiKamu dirilis. Publik pun sangat antusias menyambut novel itu. Novel yang berkisah tentang pencarian jodoh tersebut digandrungi para milenial yang berharap segera mendapatkan jodoh. Apalagi, pasangan yang diperoleh sang dokter di novel tersebut didapat dengan cara tak biasa: hanya gara-gara bisul. Wow! 3 Desembe...


Read more
Fakta Tiongkok

Dalam novel Ghost Fleet karya P. W. Singer dan August Cole, disebutkan bahwa terjadi perang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang dibantu oleh Rusia. Setelah kejatuhan Indonesia akibat perang Timor dan terjadinya ledakan bom di Dahran, Arab Saudi, harga minyak melejit gila-gilaan. Di sisi lain, Tiongkok menemukan cadangan energi gas bumi yang besar dan menguasainya. Untuk mendapatkan kendali atas Kawasan Pasifik, Tiongkok mela...


Read more
Filosofi Minimalis Steve Jobs

Tentunya kamu tidak asing dengan perusahaan yang memiliki logo apel digigit sebagian? Ya, produk-produk perusahaan tersebut seperti iPad, iPhone, iPod juga Mac dibuat ketika 2013-2014. Selain itu, ada pula produk terbarunya, New Macbook Pro, Apple Watch, dan iPhone 6s. Desain produk Apple selalu saja laku keras di pasaran. Meski harga produk Apple terbilang sangat mahal. ...


Read more
dr Joserizal

Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Munif Chatib (Penulis buku "Semua Anak Bintang", 'Sekolahnya Manusia", "Gurunya Manusia") di Facebook pr...


Read more
Yerusalem: One City Three Faiths

Kota Suci untuk Memetakan Kehidupan Batin Tak ada tempat lain di muka bumi ini di mana masa lalu menjadi bagian yang begitu lekat dengan masa kini seperti di Yerusalem. Mungkin memang demikianlah keadaannya di setiap tempat yang sedang bersengketa, tetapi kesan ini sangat menyentakkan saya ketika pertama kali datang ke sana pada 1983. Aneh rasanya menemukan diri berada di tempat yang selalu muncul dalam ...


Read more
Lisa Brennan-Jobs

Lisa Brennan Jobs – Mungkin, tidak semua orang mengenal Lisa Brennan-Jobs. Lisa Brennan Jobs tak lain adalah putri dari seorang innovator di bidang teknologi, Steve Jobs. Lisa merupakan putri dari mendiang Steve Jobs dengan Chrisann Brennan. Sebagian besar kita mengira menjadi putri dari seorang Steve Jobs merupakan takdir yang menjadi impian bagi setiap anak. Tapi nyatanya tidak demikian. Terdapat kisah rumit di balik hubungan antara Ste...


Read more
QnA Little Women bersama Truly Rudiono

QnA Little Women bersama Truly Rudiono Menyambut akan rilisnya film adatapsi dan terbitnya versi baru novel klasik Little Women, redaksi Qanita (Dyah Agustine) mengadakan tanya jawab bersama kolektor Little Women yang telah mengumpulkan ratusan bukunya dari berbagai format dan bahasa. Silakan disimak. ...


Read more
Komputer LISA

Komputer LISA – Semua orang hampir pernah mendengar tentang Iphone dari Apple. Ponsel besutan Apple memang sangat populer, dan menjadi tren di kalangan menengah atas. Tapi, sedikit yang tahu bahwa semua itu berawal dari suatu desain sangat sederhana yang disebut komputer LISA. LISA adalah sebuah komputer generasi pertama yang dikembangkan Apple, yang menggunakan GUI (Graphical User Interface). Awalnya, proyek LISA dikembangk...


Read more
Steve Jobs dan Putrinya

Steve Jobs dan Putrinya – Di balik kepopuleran dan kesuksesan Steve Jobs, pendiri Apple, terdapat kisah menarik mengenai putrinya, Lisa Brennan Jobs. Mungkin sebagian kita berpikir alangkah bahagianya menjadi putri dari seorang milyarder, tapi ternyata tidak demikian. Kisah Sebelum Lisa Kisah Steve Jobs dan putrinya memang sangat menarik. Orangtua Lisa, sama-sama bersekolah di Homestead High School di Cupertino, California, Amerika Serikat. Steve J...


Read more
7 Fakta Menarik Jane Austen dan Karya-Karyanya

7 Fakta Menarik Jane Austen dan Karya-Karyanya   Para pencinta buku pastilah pernah mendengar nama Jane Austen, meskipun mungkin belum pernah membaca satu pun bukunya. Wanita berkebangsaan Inggris ini terkenal sebagai penulis roman klasik. Dia telah menghasilkan enam karya besar, dengan satu yang paling terkenal yaitu Pride and Prejudice. Semua karyany...


Read more
Review Small Fry

Adakah tokoh terkenal yang kamu ingin baca tentang perjalanan hidupnya? Well, penulis buku ini bukan tokoh terkenal sih. Tapi dia adalah anaknya pendiri Apple. Yup, Lisa Brennan-Jobs adalah anak Steve Jobs … yang tidak diakui. Nah loh? Kok jadi drama gini? ...


Read more
#Periakardia Book Launching: Meet and Greet bersama dr. Gia Pratama Berlangsung Meriah

Setelah sukses dengan novel pertamanya #BerhentiDiKamu, Perikardia menjadi karya ke-2 dari dr. Gia Pratama yang sudah dinanti. Perikardia yang menjadi cikal bakal novel bestseller ini sudah menarik banyak perhatian dari khalayak, setelah 36 jam penutupan pre-order, novel Perikardia langsung di cetak ulang. Animo masyarakat terhadap terbitnya Perikardia memang sangat baik. Terbukti, saat Book Launching Perikardia: Meet and Greet bersama dr.Gia Pratama pad...


Read more
5 Fakta Tragis Lucy Maud Montgomery

Penulis Novel Klasik Anne of Green Gables Orang bilang, kehidupan nyata tak seindah kisah fiksi. Dan ini sangat sesuai untuk menggambarkan kehidupan Lucy Maud Montgomery, penulis novel klasik Anne of Green Gables, salah satu kisah klasik yang sangat populer hingga saat ini. Anne Shirley, gadis periang yang menjadi tokoh utama Anne of Green Gables bisa dikatakan menjalani hidup ideal. Tumbuh besar di tempat yang asri, di bawah asuhan wali yang ba...


Read more
Energi baik hari ini ebhi

Seseorang mungkin memang tidak dapat sepenuhnya memahami apa yang sebenarnya hati dan raga inginkan. Kadangkala hati ini juga butuh ruang untuk merefresh kembali dirinya. Ini yang kerap dirasakan orang banyak ketika merasakan yang tidak ingin dirasakannya, saat seseorang merasa terpuruk, saat seseorang merasa bingung, dan perasaan yang meresahkan lainnya. Jangan putus asa! Lantas bagaimana caranya membuat hati dan raga kembali semangat menjalani hari-hari? Terutama dalam memahami cer...


Read more
revolusi industri 4.0

Istilah Industri 4.0 pertama kali dikenalkan Pemerintah Jerman dalam event Hannover Fair pada 4-8 April 2011.   Istilah tersebut digunakan untuk memajukan bidang industri ke tingkat selanjutnya, dengan bantuan teknologi. Sekarang orang saling terkoneksi, menjadi hal yang biasa ketika internet menjadi suatu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jual beli, mengoprasikan mesin, belajar, memesan makanan, menonton, bermain, rapat, bahkan memberi...


Read more
buku bajakan

Dalam halaman awal setiap buku, selalu mencantumkan informasi mengenai pelanggaran hak cipta yang diberi simbol ©. Informasi ini juga dilengkapi dengan regulasi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Para pelanggar hak cipta dapat dikenai hukuman pidana maksimal 2 tahun penjara dan denda maksimal 500 juta rupiah. Kita pun sudah amat akrab dengan hal ini. Namun, sepertinya tak banyak dari kita yang paham apa maksud dari informasi tersebut. Kebanyakan dari kita hany...


Read more
Emha Ainun Nadjib: Slilit Sang Kiai

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di CakNun.com pada 13 April 2017. Anak saya, duduk di kelas satu SMA, membawa pulang buku Slilit Sang Kiai. Ini sebuah kejutan sekaligus menimbulkan tanya di benak saya, mengingat putra sulung saya cenderung mengakrabi tantangan sains dan matematika. Atau, jangan-...


Read more
Setelah Novel Elena, Ellya ningsih kembali mengguncang jagat per-novelan Indonesia

Dear Elena, I suddenly realize. Even sad poems become not sad enough. When i'm losing you. My half. Aku ingin menutup mata, tetapi kulihat kau disana. Aku ingin menutup hati, tetapi bahkan dalam alam bawah sadarku kau terus membuntuti. Ini benar-benar melelahkan, tetapi aku tak bisa berhenti. Elena, tolong ajari aku caramu membunuh rindu. Jantung Eugene berdegup dua kali lebih cepat, ekor ma...


Read more
Praygih dengan akun @energibaikhariini, setelah eksis di Instagram kini merambah ke buku yang unik banget

Jika kamu social media addict pasti sudah biasa apabila melihat quotes atau kata kata bijak yang di share oleh teman kamu, atau orang yang kamu follow. Terkadang, apa yang ditulis atau di post mengena ke dalam hati kita. Entah kondisi kita sedang senang ataupun memang sedang merasakan galau karena satu hal. Atau terkadang malah kamu sendiri yang suka mengutip beberapa kata kata terkenal berdasarkan sebuah novel atau buku novel yang kamu miliki. Tentu kata kata yan...


Read more
Mulai dari hal kecil, ini keutamaan berbuat baik terhadap bersama

Mungkin bagi beberapa orang berbuat baik adalah hal biasa dan tidak terlalu di acuhkan. Dan berkaca bahwa kamu tergolong orang baik atau bukan itu satu hal yang bisa dibilang tidak penting. Nyatanya, mengetahui bahwa kamu orang yang baik atau bukan di mata orang sangatlah penting. Sebab bisa jadi ketika kamu diminta bantuan oleh orang lain ada penolakan dari mereka. Jika betul ada penolakan, berarti ada yang salah dengan dirimu, ucapan, serta sikap. Bahkan hanya dengan hal...


Read more
Hal-hal baik yang berdampak baik untuk orang sekitar

Banyak perbuatan yang sekiranya sepele dan terkesan tidak terlalu penting bisa menjadi inspirasi bagi orang yang memang ada di sekitarmu. Banyak sekali manfaat ketika kamu sebar energi baik hari ini untuk orang lain. Dipercaya ketika kamu memberikan yang terbaik atau melakukan kebaikan kepada orang lain, secara tidak langsung kamu akan memberikan efek positif serta menularkan kebaikan itu sendiri. Sebagai seorang muslim dan muslimah yang sedang hijrah, hal ini sangatlah di...


Read more
Cinta Sejati itu apa? Bisa Kamu Dapatkan di Novel Eugene

Cinta, menurut artinya adalah emosi yang keluar dari kuatnya kasih sayang serta rasa suka terhadap suatu objek. Entah itu barang, manusia, hewan, atau yang lainnya yang membuat seseorang rela berkorban untuk itu. Rasa perhatian dan simpati serta kasih sayang akan tercurahkan semua kepada objek tersebut. Lalu cinta sejati itu sendiri memiliki makna yang lebih spesifik. Punya arti yang mendalam dalam mencintai, menyayangi dan yang lebih indah adalah ketika mendapatkan balasa...


Read more
Buku Energi baik hari ini #ebhi

Selalu mendapatkan comment positif dan mendapatkan like yang sangat banyak. Dari kata kata yang sudah dikeluarkan Tahukah bahwa quotes quotes atau kata kata mutiara dari akun Instagram @energibaikhariini sudah dibukukan dan bisa dibeli di toko buku besar seperti Gramedia? Buku ini adalah buku motivasi yang sangat sangat bagus dan bisa memotivasi kamu untuk bisa menjalani hari hari dengan menyenangkan. Terbukti dari comment di setiap akun ini memposting kata kata magisnya u...


Read more
novel Eugene mengantarkan kamu bahwa cinta sejati itu ada

Di buku Eugene rewrite ini adalah buku yang melanjutkan cerita bagaimana kelanjutan dari kisah Elena dan Eugene yang menghadapi sebuah halangan yang tidak bisa menyatukan mereka Jika kamu adalah pembaca novel sejati terlebih seorang penggemar buku buku tentang percintaan sejati, pasti kamu sudah tahu tentang novel Elena. Sebuah novel yang menceritakan tentang seorang muslimah yang menemukan cinta sejati namun pada akhirnya mendapati sebuah kendala yang sulit untuk di jalan...


Read more
Setelah novel berhentidikamu, dr. gia sedang menyiapkan novel terbarunya (novel perikardia)

Jika kamu penggemar berat dr gia pratama pasti tidak asing lagi dengan kisah dokter yang satu ini. Dokter unik ini berhasil membuat pembacanya tersenyum simpul karena kisahnya yang unik dan berbeda. Jarang ada dokter yang memaparkan kisah cinta pribadinya di depan publik. Mind set orang lain pastilah dokter hanya akan menghadapi pasien di setiap harinya tanpa mendapatkan kisah yang unik dan lucu. Buku #BerhentidiKamu ini memang sebuah kisah nyata yang awalnya dituangkan ol...


Read more
Tips mendapatkan cinta sejatimu, bukan cinta sementara ya!

Ketika membicarakan cinta sejati, ada beberapa orang yang sangat mengidamkannya dan ada pula yang menganggap remeh karena pernah kecewa dibuatnya. Tapi kebanyakan dari mereka pasti sangat menginginkannya dan sangat merindukannya. Namun jangan pernah membayangkan kisah cinta didapatkan bisa didapatkan seperti di novel ataupun film film yang sudah beredar. Sebab dalam semua kisah kehidupan nyata, pasti akan ada yang namanya cobaan dan ujian. ...


Read more
Pericardium atau yang lebih dikenal perikardia adalah kantong atau pelapis yang melapisi jantung pada manusia dan beberapa hewan yang mempunyai tugas utama lapisan terluar dari jantung itu sendiri. Atau bisa dibilang sebagai membran yang tipis nan kuat ya

Pericardium atau yang lebih dikenal perikardia adalah kantong atau pelapis yang melapisi jantung pada manusia dan beberapa hewan yang mempunyai tugas utama lapisan terluar dari jantung itu sendiri. Atau bisa dibilang sebagai membran yang tipis nan kuat yang membungkus jantung dan akar pembuluh darah yang ditujukan ke arah dalam serta keluar dari organ organ kita. Ini sangat penting untuk dapat menstabilkan fungsi jantung dan juga melindungi gerakan jantung. Lapisan ini jug...


Read more
Film ini diadaptasi dari novel

Tentu kamu bahwa tidak semua film adalah hasil dari ide dari salah satu rumah produksi saja bukan? Karena memang rumah produksi saat ini lebih memfokuskan diri untuk memperbaiki kualitas serta alur yang dibuat agar penonton film dapat merasakan feel yang sudah dibuat susah payah oleh pihak PH atau production House ini. Inspirasi sampai akhirnya satu PH mengangkat sebuah novel menjadi sebuah film pun hasil dari pendalaman dan research yang sudah dilakukan secara seksama....


Read more
Dr.gia, dokter muda yang rajin banget menulis, ini dia profilnya

Dr. Gia Pratama, sebuah nama yang akhir akhir ini namanya meledak dan viral karena curhatan pribadinya yang disebar olehnya dibaca oleh netizen. Dokter gia membagikan cerita pribadi berkaitan tentang percintaan dirinya dengan orang yang dicintainya. Tak sedikit memang curhatan dr gia pratama yang sudah di tuliskan di akun twitter pribadinya ini. Dokter yang bisa dibilang masih menjadi dokter muda ini ternyata sudah menjadi selebriti di jagad dunia maya. Selain itu dia adal...


Read more
Pengalaman Unik Dokter Gia Saat Menjadi Koas

Coba tanyakan teman kamu yang memang seorang dokter. Pernahkah ada kejadian unik yang dialaminya saat menjadi koas? Jawabannya pasti ada. Dan pasti masing masing dari mereka memiliki ceritanya sendiri sendiri. Tak terkecuali dengan dokter Gia. Seorang dokter yang masih muda namun punya segudang cerita yang hobinya adalah menulis ini memang sering menceritakan pengalaman uniknya kepada khalayak ramai di akun twitternya. Banyak orang yang telah membaca kisah...


Read more
Kisah-kisah Mistis di Rumah Sakit

Saat kamu berkunjung ke rumah sakit untuk menjenguk teman kamu atau siapa saja yang sakit, pasti kamu akan diperlihatkan dengan lorong yang luas, nuansa yang menyeramkan dan mencekam. Terlebih jika kamu berkunjungnya tepat di malam hari. Ini akan membuat merinding dan membayangkan kisah mistis rumah sakit yang beredar di masyarakat. Walaupun tidak 100% benar, nyatanya ada saja kejadian yang dialami entah oleh para dokter, penjaga, perawat, penjenguk, atau ...


Read more
Dokter-dokter Gaul di Linimasa

Kesuksesan dan menjadi orang yang dipandang dimasyarakat memang tidak terbatas di salah satu profesi saja. Contohnya, sebagai seorang penulis ataupun seorang pebisnis tentu akan menjadikannya buah bibir di social media . Pun demikian dengan profesi yang tak perlu dilihat kisahnya pasti sudah dipastikan akan terpandang. Yakni profesi sebagai seorang dokter. Namun apa jadinya jika seseorang yang berprofesi sebagai dokter namun juga aktif sebagai pebisnis atau penulis? Tentu ...


Read more
Kenapa Dokter Gia Menulis Buku Berjudul Perikardia?

Dokter yang hobi menulis ini memang sudah banyak sekali menuliskan kisahnya dalam bentuk cuitan di twitter dengan sangat rinci dan panjang sekali. Kamu tentu tahu dokter Gia, dokter yang sedang booming di media social dong. Ya, dr yang hobi menulis ini memang sudah banyak sekali menuliskan kisahnya dalam bentuk cuitan di twitter dengan sangat rinci dan panjang sekali. Namun panjangnya kisah yang diceritakan sepertinya tak membuat bosan dan malah membuat ke...


Read more
Bagaimana Sih Rasanya Mengotopsi Mayat Saat Jadi Koas?

Bukan hal yang mudah bagi seseorang melihat mayat jika memang itu bukanlah seseorang yang special dihidupnya Ada rasa ngeri, takut dan membuat membayangkan yang macam macam. Sebab, ketika kita dihadapkan dengan jenazah orang yang kita kenal, otak kita akan mensugesti bahwa kita akan kehilangan interaksi dari orang tersebut. Namun berbeda hal dengan orang lain. Kita tak pernah berinteraksi sebelumnya dengan beliau dan merasa tak terlalu penting dan malah takut. Pu...


Read more
Hal yang Harus Kalian Persiapkan Untuk Menjadi Dokter

Tak hanya sebatas dokter yang sekedar dokter, namun juga dokter yang penuh dedikasi untuk bisa membantu pihak rumah sakit dan tentunya pasien yang butuh tenaga medis. Kebutuhan akan dokter memang dirasa akan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah populasi di dunia, khususnya di Indonesia. Tentu hal ini menimbulkan permintaan dokter baru untuk menempati kursi dokter di masing masing rumah sakit. Tak hanya sebatas dokter yang sekedar dokter, namun juga dokter yang penuh...


Read more
kenapa dokter pekerjaan mulia

Di era yang modern ini, hampir semua lapisan masyarakat pasti sudah merasakan sentuhan dari dokter. Jika memang kembali  ke masa lalu, peran tenaga medis ini dirasa memiliki harga yang mahal dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Belum lagi aspek kepercayaan masyarakat yang masih minim tentang kedokteran. Rata rata masyarakat Indonesia masih menggunakan cara tradisional untuk mengatasi penyakit yang dideritanya. Namun bukan untuk menyalahkan, banyak dari kasu...


Read more
buku pegangan wajib dokter

Banyak hal yang memang harus dipersiapkan matang matang dan terperinci. Tentu saja persiapan ini demi memudahkan kita nanti pada saat sedang menjalankan tugas sebagai dokter Bagi kamu kamu yang sedang menempuh kuliah kedokteran, pasti nanti akan dihadapkan dengan stase atau menjadi koas. Hal ini memang wajib bagi mahasiswa kedokteran dimanapun. Disini memang dituntut untuk bisa mengimbangi apa saja yang ditugaskan oleh dokter senior di rumah sakit tempat kita melakukan kew...


Read more
buku perikardia membuka semuanya tentang dokter gia

dokter Gia memang tengah mempersiapkan untuk peluncuran buku yang kedua yaitu #perikardia atau singkatan dari perjalanan indah untuk dikenang ribet untuk diulang. Sudah tau tentang buku #berhentidikamu yang sedang booming karena ceritanya yang dahsyat? Sungguh pengalaman dokter yang sangat mengharukan sekaligus membuat pembacanya ikut haru dalam kegembiraan karena pertemuan dengan Syafira, sang istri yang sekarang ini. Kisah cintanya dengan sang istri memang tergambar jela...


Read more
jodoh sulit ditebak arahnya

Percaya bahwa jodoh memang sudah di tangan Allah? bersabar walau hanya sebentar saja. Yang difikirkan hanya kapan jodoh itu akan datang sementara upaya yang sudah di lakukan sangatlah besar. Belum lagi saat cinta tumbuh, terkadang kamu bisa melakukan apapun demi mendapatkan pujaan hati. Bahkan tak jarang saat sudah mendapatkan pasangan atau pacar yang dirasa sudah cocok dan mantap untuk melanjutkan hubungan, ternyata Allah berkata bukan dia. Jadilah perpisahan yang pahit t...


Read more
mantan pasangan mudah berpisah

Hal yang paling dihindari oleh setiap pasangan adalah berputus. Baik itu masih dalam tahap pacaran apalagi bagi yang sudah menikah Disini, jika memang sudah tak memiliki perasaan saling memiliki, tidak ada kecocokan lagi, atau yang lain sebagainya hal yang paling sering dilakukan adalah berputus atau bercerai. Terutama dalam masa pacaran, banyak sekali pasangan muda yang memutuskan untuk berpisah karena 1 atau 2 hal yang menurutnya tidak bisa diperbaiki. Daripada lanjut ke...


Read more
koas kedokteran

seorang dokter mengharuskan untuk melewati masa koas atau co-assistant, selamat menjalani tugas menjadi dokter yang sesungguhnya Jika memang kamu adalah mahasiswa atau mahasiswi kedokteran yang sudah hampir lulus menjadi seorang dokter dan mengharuskan untuk melewati masa koas atau co-assistant, selamat menjalani tugas menjadi dokter yang sesungguhnya. Setelah banyakn...


Read more
cinta bertepuk sebelah tangan

Pernah merasakan pahitnya bertepuk sebelah tangan? Atau bahasa ringannya kamu mencintai dia tapi dia tidak mencintaimu? Jangan dibayangkan betapa pahitnya kejadian diatas. Atau bahkan kamu pernah merasakan apa yang pernah di rasakan oleh dr Gia ini? Jangan sedih ya, walaupun memang keadaan seperti ini sanggup untuk membuat seorang depresi dan merasakan galau yang sangat akut. Masalah cinta ini memang salah satu yang sensitive dan sangat panjang jika harus dituliskan. ...


Read more
kisah romantis dokter gia istri

Sudah tahu kisah dokter Gia, dokter yang punya kisah unik untuk mendapatkan istrinya sekarang ini? Tak hanya lewat buku novel #berhentidikamu kisahnya ini dituangkan. Namun ternyata buku novel yang telah dituliskannya itu memang dari cuitannya di akun twitter miliknya @GiaPratamaMD. Awalnya sih membaca cuitannya itu bikin bete, karena memang panjang banget. Namun coba deh kamu baca pelan pelan. Dijamin kamu akan ketagihan dan tetap membacanya sampai akhir....


Read more
novel film berhenti di kamu film

Sudah pernah baca novel karangan dokter Gia #berhentidikamu belum? Jika sudah membacanya, ada kabar gembira nih buat kamu penggemar novel yang bikin kamu kesemsem tiap hari. Yaitu, film berhenti di kamu kini sedang dalam proses penggarapan lho. Tapi, kalau kamu belum pernah membaca novel kisah novel yang sangat bagus ini pun tak masalah. Itu berarti kamu masih ada waktu untuk membeli novelnya dan meresapi setiap kata kata yang diungkapkan oleh dokter ...


Read more
Memoar small fry

Nukilan memoar Small Fry karya Lisa Brennan-Jobs ini diterjemahkan dari vanityfair.com. ...


Read more
suka duka jadi dokter

Pernah terpikir olehmu untuk menjadi dokter ? Kalau kamu memutuskan untuk menjadi seorang mahasiswa dengan jurusan kedokteran, tentu saja itu adalah hal yang membanggakan bagi dirimu dan orang tuamu. Dalam pandangan lebih khusus di kamu, kamu pasti akan selalu di pandang lebih oleh teman teman SMA atau teman teman tongkrongan kamu. Pandangan yang sudah pasti dilihat adalah kamu adalah orang yang pintar, kaya dan kuat dalam hafalan. Walaupun memang pandangan orang lain sepe...


Read more
Film berhentidikamu

Penasaran dengan lokasi syuting film #berhentidikamu? Sumber: unsplash.com Ketika menyebutkan Paris, pasti kamu akan terbayang bagaimana indahnya dan romantisnya tempat ini. Jadi terbayan...


Read more
dokter gia diteror mahluk halus kisah

Kok bisa diterormahluk halus saat koas? Ketika menjalani koas bagi beberapa dokter muda pasti mengalami satu atau dua kejadian yang bisa membuat terheran heran dan terkadang memang diluar akal sehat. Sebenarnya kisah yang diceritakan ini bukan cerita dari dokter Gia sendiri yang mengalami. Namun memang teman satu koas yang sedang menjalani tugas bareng di bagian forensic salah satu rumah sakit. Disini, apa yang dia tulis m...


Read more
kisah lucu dokter gia pasien

Memang pasien itu beragam, ada yang menjengkelkan hingga tingkahnya yang lucu Disaat kamu menjadi dokter atau profesi apapun, pasti mempunyai kisahnya tersendiri. Baik itu kisah lucu ataupun menyeramkan. Nah jika kamu sering melihat dan membaca kisah kisahnya dokter Gia, pasti kamu akan dibuat terpingkal pingkal karena kisah yang lucu. Dan juga terbawa suasana yang berbeda dikala membaca kisah yang diluar akal sehat. Namun kali ini kami akan membahas focus...


Read more
dokter gia koas merinding

Kisah dokter Gia ini bikin banyak orang merinding Apa kira kira kejadian yang kira kira membuat kamu merinding disko ketika mengingatnya? Tentu tidak menyenangkan bukan? Pun demikian dengan yang dialami oleh dokter Gia saat menjalani tugas koas yang diwajibkan bagi para calon dokter di salah satu rumah sakit yang ditunjuk. Kejadian yang dialami dokter satu ini memang boleh dibilang ngeri ngeri sedap. Pasalnya ada suatu kejadian yang dia tak lupakan sepanjang hidupnya. Bisa...


Read more
tempat syuting film berhentidikamu berhenti di kamu menakjubkan

Sebentar lagi #berhentidikamu bakal diangkat ke layar lebar, penasaran degan tempat syutingnya? Kamu sudah tau kan tentang novel #berhentidikamu akan dibuat filmnya. Untuk kamu yang nge fans berat dengan novel karya dokter Gia pasti sangat antusias dengan hal ini. Sebab kamu pasti akan penasaran, kira kira kisah apa saja yang akan dituangkan ke dalam film berhentidikamu ini. Apakah film yang berdasarkan novel ini akan sesuai dengan apa yang ada di dalam no...


Read more
rasanya koas kedokteran

Pernah dengar istilah koas? Coba tanyakan kepada orang tua kamu. Jika kamu kelak akan menjadi dokter, pasti mereka akan merasa bangga dan sangat bersyukur. Dengan sekuat tenaga pasti orang tua kamu akan berusaha untuk menguliahkan kamu. Walaupun memang biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, namun banyak orang tua yang akan memaksimalkan usaha mereka. Tentu saja jika kamu memang punya pasion dan kapasitas yang mumpuni untuk bisa mengenyam pendidikan di jurusan kedokteran di ...


Read more
alasan harus jadi dokter

Di era modern dan serba membutuhkan finansial yang baik ini banyak orang yang mendambakan profesi yang sekiranya bisa mengangkat dirinya dari segi keuangan. Saat ini profesi sebagai dokter adalah salah satu pekerjaan yang menjadi idaman bagi beberapa orang. Bahkan ada sebagian keluarga yang ketika anaknya dilamar oleh seorang dokter, menjadi sebuah kebanggaan. Pun demikian dengan uang yang akan didapatkan ketika mempunyai profesi sebagai penolong umat ini. Na...


Read more
koas buku dokter gia

Sebelum menjadi dokter, kalian diwajibkan menjalani koas terlebih dahulu Kalau kamu memang mahasiswa kedokteran yang sebentar lagi akan diambil sumpah dokter, pasti pernah yang namanya menjadi koas di salah satu rumah sakit. Hal ini memang kewajiban yang harus ditunaikan oleh para calon dokter sebelum dirinya dinyatakan lulus dan diambil sumpahnya menjadi seorang dokter. Tak mungkin ada seorang dokter yang tidak pernah merasakan stase atau koas kedokteran. Bisa pastikan se...


Read more
novel eugene rewrite

Kamu tahu novel bestseller yang sangat digemari semua orang khususnya kaum emak emak? Yap, kamu benar, yaitu eugene rewrite yang bisa membuat kamu klepek klepek jika membacanya. Virus virus eugene rewrite sequel dari elena yang telah terjual 16 ribu eksemplar bisa menyihir para pembacanya. Buku novel Eugene rewrite ini hadirpun karena memang bentuk nyata dari Ellya Ningsih ingin meneruskan kisah Elena yang menggantung di akhir k...


Read more
small fry

Small Fry—Artikel ini diterjemahkan dari wawancara Lisa Brennan-Jobs oleh Emma Brockes di laman theguardian.com.  Lisa mengaku bahwa menulis memoar tentang dirinya yang tumbuh di balik bayang-bayang...


Read more
doa jodoh

Ada beberapa doa agar didekatkan dengan jodoh   Berbicara tentang jodoh memang tak ada habisnya. Topik seputar jodoh selalu hangat untuk diperbincangkan. Menjadi tema diskusi utama dalam berbagai kajian yang jumlah peminatnya terbilang selalu membludak secara signifikan. Fakta yang mencengangkan adalah kebanyakan dari peminat topik ini adalah dari kalangan jomblo. Termasuk mungkin kamu yang sedang membaca tulisan ini. Untuk kamu yang masi...


Read more