Share
Scroll down

Baca
Artikel

Filosofi Minimalis Steve Jobs

27-01-2020Category : Dewasa
Filosofi Minimalis Steve Jobs>

Tentunya kamu tidak asing dengan perusahaan yang memiliki logo apel digigit sebagian? Ya, produk-produk perusahaan tersebut seperti iPad, iPhone, iPod juga Mac dibuat ketika 2013-2014. Selain itu, ada pula produk terbarunya, New Macbook Pro, Apple Watch, dan iPhone 6s. Desain produk Apple selalu saja laku keras di pasaran. Meski harga produk Apple terbilang sangat mahal.

Apple
Sumber gambar: BrandKnew Magazine

Padahal, jika dilihat ada banyak perusahaan yang menawarkan gawai dengan kuallitas yang lebih baik dari Apple dengan harga terjangkau. Bahkan tidak jarang spesifikasi yang ditawarkan dengan produk milik Apple itu sama. Setiap produk Apple diluncurkan maka Apple Store akan ramai dan membludak. Ada banyak orang yang dengan suka rela mengantri dan menginap di dekat Apple Store agar kebagian stok yang disediakan. Bukankah ini sangat menarik?

Desain yang dikeluarkan oleh perusahaan yang satu ini memang selalu inovatif. Desain yang terkesan classy, minimalis, sederhana serta elegan membuat orang-orang banyak jatuh cinta. Di era kepemimpinan Steve Jobs, produk keluaran Apple memang sangat luar biasa. Dua tokoh penting yang membuat produk ini intuitif serta minimalis ialah Steve Jobs dan Jonny Ive. Steve Jobs seorang perfeksionis yang menganut ajaran Zen Budha.

Dalam ajaran tersebut ia mendalami tentang keseimbangan, kesederhanaan juga kontemplasi. Wajar saja jika pada akhirnya prinsip ini membawa ide yang lebih revolusioner bagi produk keluaran Apple. Bagi Steve, produk yang dikeluarkan harus cantik baik luar maupun dalam. Bahkan tidak jarang produk ditunda rilis karena ia melihat detail yang kurang baik.

Selain itu, kebiasaan minimalis kerap kali digunakan Steve Jobs. Kita bisa melihat hanya ada tiga item fashion saja yang dia kenakan: jeans biru, kaos turtleneck, dan sepatu New Balance. Produk-produk Apple berusaha menerjemahkan estetika yang dipegang oleh Steve Jobs: sempurna dan minimalis. Steve Jobs pernah mengatakan jika kesederhanaan adalah kecanggihan yang tinggi.

Steve Jobs dan Lisa Brennan Jobs

Dalam buku Small Fry karya putri Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs, Lisa menceritakan tentang sikap minimalis ayahnya. Di rumahnya, steve tidak memiliki banyak perabot. Sebagian besar ruangan di rumah Steve Jobs di Waverley, California kosong melompong tanpa perabot. Meski begitu, Steve Jobs juga memiliki barang-barang mewah, tapi tetap menganggap hal-hal sederhanalah yang terbaik, seperti yang diungkapkan Lisa dalam Small Fry: “Ya, ayahku punya Porsche dan setelan-setelan bagus, tetapi selama ini aku yakin bahwa dia menganggap hal-hal terbaik adalah hal-hal sederhana..."[]

tags : Small Fry, Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs, Memoar, Biografi, Buku Mizan, Penerbit Qanita,

Related Post

Back to top