Share
Scroll down

Baca
Artikel

Hal-hal baik yang berdampak baik untuk orang sekitar

10-12-2019Category : Dewasa
Hal-hal baik yang berdampak baik untuk orang sekitar>

Banyak perbuatan yang sekiranya sepele dan terkesan tidak terlalu penting bisa menjadi inspirasi bagi orang yang memang ada di sekitarmu.


Banyak sekali manfaat ketika kamu sebar energi baik hari ini untuk orang lain. Dipercaya ketika kamu memberikan yang terbaik atau melakukan kebaikan kepada orang lain, secara tidak langsung kamu akan memberikan efek positif serta menularkan kebaikan itu sendiri. Sebagai seorang muslim dan muslimah yang sedang hijrah, hal ini sangatlah dibutuhkan untuk membuktikan kepada Allah SWT.

Bahkan beberapa saran yang akan diberikan ini merupakan anjuran dari Rasulullah langsung demi memperkuat ukhuwah islamiyah kita sebagai orang yang beragama Islam. Dengan melatih hal hal yang baik niscaya kamu akan mendapatkan balasan yang baik entah dari lawan bicara anda atau bahkan dari Allah SWT langsung. Lakukan hal hal di bawah ini agar kamu dapat mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.

An image

source: unsplash.com
  • Senyum
    Sedekah yang paling mudah adalah senyum. Begitulah anjuran Rasul kita untuk selalu tersenyum kepada siapa saja. Ketika berpapasan dengan saudara, teman, atau bahkan dengan orang lain yang tidak kita kenal pun kita harus melakukan senyum. Dengan senyum, kamu pun pasti akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Insyaa Allah. Sebar energi baik hari ini untuk mendapatkan kejutan yang kamu tidak sangka sangka.

  • Salam
    Ini pun memang anjuran dari Rasul untuk menebarkan salam kepada sesama kaum muslim. Dalam salam itu sendiri, ada doa yang ditujukan kepada lawan bicara. Ketika salammu dibalas oleh orang lain, itu berarti kamu pun didoakan kembali oleh orang lain. Tentu saja jika di doakan, kita harus mendoakan balik ke orang tersebut.

  • Balas pesan dengan segera
    Ketika kamu mendapatkan pesan, ada baiknya kamu membalas secepatnya. Karena bisa jadi lawan bicara anda sedang menunggu jawaban dari anda. Entah itu dalam keadaan genting ataupun tidak. Tentu saja kalau kamu sedang mengirimkan pesan ke teman kamu, kamu ingin pesan ini segera dibalas bukan? Coba cara ini agar mendapatkan reaksi positif dari orang lain juga.

  • Selalu berfikir positif ke orang lain
    Jangan pernah berfikir aneh aneh dahulu sebelum mendapatkan kabar yang sebenarnya dari orang tersebut. Contohnya ketika teman kamu terlambat atau membatalkan janji, bisa jadi dia mendapatkan musibah dan sejenisnya. Selalu berfikir baik agar tidak menimbulkan su’udzon kepada orang lain. Segera tanyakan mengapa tidak bisa hadir atau bisa datang terlambat. Ketika kamu bertabayyun ke teman kamu, itu berarti kamu sudah sebar energi baik hari ini.

  • Lakukan sebisamu, bukan semuanya
    Ketika temanmu meminta pertolongan, fikir baik baik apakah mampu melakukannya atau tidak. Sebab kita sebagai manusia tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Saat orang lain meminta bantuan namun kamu ragu bisa membantumu, jangan malu untuk bilang tidak bisa. Sebab, ketika kamu bilang bisa namun nyatanya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan akan timbul kekecewaan.

  • Utamakan orang lain terlebih dahulu
    Jika ingin dimuliakan oleh orang lain, kamu para muslimah harus belajar untuk memuliakan orang terlebih dahulu. Sebab apa yang kamu tuai itu yang kamu tanam. Artinya ketika kamu berbuat semena mena, kamu sama saja memperlakukan dirimu semena mena pula. Contohnya, ketika mengantri jika kamu mendapati ada orang tua atau orang yang berhak tak ada salahnya jika memberikan antrianmu itu ke orang lain.

tags : tips, hal-hal baik,

Related Post

Back to top