Share
Scroll down

Baca
Artikel

Jantung: Si Pekerja Keras

14-05-2020Category : Kesehatan
Jantung: Si Pekerja Keras>

Jantung merupakan organ yang paling vital dalam tubuh kita. Fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah dan menyalurkan oksigen yang terkandung di dalamnya ke seluruh tubuh. Tentu saja, ini berarti jantung harus terus menerus bekerja tanpa henti. Tak bisa dipungkiri, kesehatan jantung kita adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

 Menurut American Heart Association, jantung orang dewasa berdenyut sekitar 60-100 kali per menit. Itu berarti, jantung berdetak sekitar 86.000 hingga 144.000 per harinya. Detak jantung ini berbeda pada setiap orang, tergantung pada banyak hal, di antaranya ukuran tubuh, aktivitas, emosi, dan usia seseorang.

Dikutip dari situs Twin County Regional Healthcare, seiring bertambahnya usia, detak jantung seseorang semakin melambat. Beginilah perubahannya:

  • 0-11 bulan: 70-160 bpm
  • 1-4 tahun: 80-120 bpm
  • 5-9 tahun: 75-110 bpm
  • 10 tahun ke atas: 60-100 bpm

 

 

Jantung yang sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dalam memompa darah. Darah ini nantinya akan mengalir melalui pembuluh darah untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, sekaligus mengangkut zat-zat sisa. Pada umumnya, jantung mampu mengalirkan lebih dari 14.000 liter darah per hari. Wow, banyak sekali, ya?

An image

sumber: Harvard Medical School

Jaga Kesehatan Jantung Anda

Pola hidup tidak sehat dapat memperbesar resiko kita terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan jantung. Ditulis di situs halodoc.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu:

    • Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu cara untuk menjaga jantung kita agar tetap sehat adalah dengan menjaga asupan makanan kita. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Hal tersebut dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu gangguan pada jantung. Oleh karena itu, perbanyaklah asupan yang mengandung banyak serat.  Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin dapat memberi dampak baik untuk kesehatan jantung kita.

    • Rutin berolahraga

Kurangi resiko terkena penyakit jantung dengan rutin berolahraga. Orang yang kurang aktif secara fisik dan jarang berolahraga memiliki resiko terkena penyakit jantung yang lebih besar. Oleh karena itu, luangkanlah waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga setiap hari. Jenis olahraga yang kita pilih pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita, misalnya: berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda.

    • Tidak Merokok

Zat yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu aliran darah sehingga berakibat pada kurangnya asupan nutrisi dan oksigen dalam tubuh kita. Rokok tidak hanya berbahaya bagi si perokok, tetapi juga bagi orang lain yang menghirup asapnya.

    • Tidur cukup

Oang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk tidur. Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan resiko memiliki tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

 

Nah, setelah mengetahui beragam cara untuk menjaga kesehatan jantung, kita bisa mulai mengubah pola hidup kita agar lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung. Namun, seberapa besar pun pengaruh jantung terhadap kesehatan tubuh kita, ia tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan organ-organ tubuh kita yang lainnya. Hati, otak, lambung, dan organ tubuh lainnya tetap harus kita perhatikan. Untuk mengenal organ-organ vital lain dalam tubuh kita, simak penjelasan Dr. Gia Pratama, M.D. pada bukunya yang akan segera terbit: Seri Sayangi Dirimu.  [Oleh: Assyifa N. Maryam]

 

Sumber:

www.tcrh.org 

www.halodoc.com

www.alodokter.com   

tags : Seri Sayangi Dirimu,

Related Post

Back to top