Share
Scroll down

Baca
Artikel

Kamu Mau Koas Kedokteran? Baca ini Dulu

09-12-2019Category : Dewasa
koas kedokteran>

seorang dokter mengharuskan untuk melewati masa koas atau co-assistant, selamat menjalani tugas menjadi dokter yang sesungguhnya


Jika memang kamu adalah mahasiswa atau mahasiswi kedokteran yang sudah hampir lulus menjadi seorang dokter dan mengharuskan untuk melewati masa koas atau co-assistant, selamat menjalani tugas menjadi dokter yang sesungguhnya. Setelah banyaknya teori yang terangkan oleh dosen dan sedikit pengalaman di perkuliahan, kini saatnya kamu terjun langsung ke masa dimana kamu akan mendapatkan pelajaran berharga sebelum menjadi dokter seutuhnya.

An image

sumber : unsplash.com

Banyak dari dokter muda yang sudah menyiapkan segala rupa yang memang harus disiapkan pada saat akan menjalani koas ini. Kamu bisa melihat referensi dari google dan atau referensi dari kenalan dokter yang sudah pernah mengalami masa stase ini. Namun sedikit ilmu bisa kami sampaikan agar nantinya kalian tidak merasa canggung atau fatalnya adalah dianggap tidak menghormati apa yang ada di rumah sakit yang dituju. Tak jarang memang dokter muda yang sedang menjalani stase dianggap gagal bukan karena hasil kerjanya yang jelek, namun pribadinya yang buruk.

  • Persiapkan diri matang matang, ingat kembali pelajaran yang pernah diajarkan pada saat kuliah teori di kampus. Kalau bisa dalami ilmu yang dirasa sebelumnya lemah dibagian itu. Sebab kamu tak akan pernah tahu pada saat menjalani koas, bisa saja hal yang kamu hindari itu ternyata hadir dihadapan kamu. Yang ada kamu tidak tahu harus berbuat apa dan malah merepotkan orang lain.
  • Siapkan mental dan fisik yang matang. Disini, ada masa dimana kamu akan dikuras habis habisan tenaga dan fikiran. Entah itu dalam hal catat mencatat atau terkuras daya ingat untuk mengingat apa yang harus dilakukan jika menghadapi suatu penyakit atau permasalahan. Dan tak kalah penting, jauhi dan biasakan diri dengan hal hal yang diluar kebiasaan. Seperti misalnya darah, patah, organ tubuh dan lain sebagainya. Hal yang disebutkan diatas, bagi beberapa orang adalah hal yang pasti dihindari sebab merasa tak biasa dengan kejadian diatas.
  • Hormati semua yang ada di rumah sakit. Entah itu dokter senior, pasien entah itu dalam kondisi hidup atau mati, sampai office boy yang ada disana. Tak hanya di rumah sakit saja memang kita harus saling menghormati. Namun tak jarang cerita orang saat koas atau menjalani menjadi seorang dokter muda mengalami hal hal aneh karena tidak menghormati atau meledek dan bermain main dengan seorang mayat.
  • Biasakan memiliki barang barang kedokteran pribadi. Di lapangan, kamu tak pernah tau keadaan ketersediaan peralatan yang ada di satu rumah sakit. Memang ada saja rumah sakit yang menyediakan segala macam peralatan pada saat rumah sakit tersebut akan didatangi oleh beberapa dokter muda yang bertugas. Namun taka da salahnya jika kamu menyiapkan diri sendiri agar tak merepotkan orang lain. Serta berjaga jaga jika ternyata di rumah sakit itu memang tidak menyediakan peralatan untuk koas.
  • Jangan pantang menyerah dengan cara selalu mereview ulang apa yang telah dilakukan hari per harinya. Saat masa stase ini dibutuhkan oleh setiap dokter muda agar nantinya para koas akan siap terjun ke lapangan. Jangan sampai masa yang sangat penting terbuang percuma karena kamu tidak peduli dengan hasil yang kamu dapatkan hari itu. Walaupun baik buruknya hasil pada hari itu, jadikan pelajaran untuk ke depan kelak.

Walaupun memang tidak semua dapat dituliskan di artikel ini, mudah mudahan bisa membantu kamu dalam menjalankan tugas menjadi seorang koas di rumah sakit yang ditunjuk.

tags : koas, kedokteran,

Related Post

Back to top