Share
Scroll down

Baca
Artikel

Komputer LISA, Proyek Ambisius Steve Jobs

06-01-2020Category : Dewasa
Komputer LISA>

Komputer LISA – Semua orang hampir pernah mendengar tentang Iphone dari Apple. Ponsel besutan Apple memang sangat populer, dan menjadi tren di kalangan menengah atas. Tapi, sedikit yang tahu bahwa semua itu berawal dari suatu desain sangat sederhana yang disebut komputer LISA.

LISA adalah sebuah komputer generasi pertama yang dikembangkan Apple, yang menggunakan GUI (Graphical User Interface). Awalnya, proyek LISA dikembangkan mengikuti pendekatan komputer pada umumnya yang berbasis teks. Namun, menyadari bahwa itu akan sangat jauh dari visi Apple, Steve Jobs merubah rancang desainnya menjadi berbasis GUI yang terinspirasi dari Xerox.

Komputer LISA terinspirasi dari Lisa Brennan-Jobs

Komputer LISA diberi nama seperti nama anak dari mendiang Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs. Meskipun begitu, awalnya Steve Jobs tidak mengakui bahwa ia menamai proyek tersebut berdasarkan nama putrinya. Sebaliknya, ia bersikeras menyampaikan kepada Lisa bahwa LISA merupakan singkatan dari Local Integrated System Architecture (Arsitektur Sistem Lokal Terintegrasi).

Sebagai komputer GUI generasi pertama, komputer LISA memiliki banyak tantangan: harga yang terlampau tinggi dibanding kinerja yang tak mencukupi, sistem operasi yang masih rentan bug, hingga persaingan dengan proyek Macintosh.

Steve Jobs yang terusir dari proyek LISA, mengambil alih proyek Macintosh dari Jef Raskin. Macintosh yang dikembangkan Raskin sejak 1979, di tangan Jobs dengan segera menjadi versi grafis LISA yang lebih murah dan bermanfaat. Ia memimpin proyek Macintosh secara pararel, rahasia, dan termotivasi untuk bersaing dengan proyek LISA.

Penjualan Macintosh dengan cepat melampaui LISA. Proyek Macintosh menyerap lebih banyak staf LISA. Dikembangkan dengan biaya hinga US$ 50 juta, revisi terakhir LISA versi 2/10 dimodifikasi dan dijual sebagai Macintosh XL. Proyek LISA pun akhirnya dihentikan.

Beberapa dekade kemudian, dalam wawancaranya dengan Walter Isaacson, Steve Jobs baru mengungkapkan, bahwa komputer LISA memang didedikasikan untuk putrinya. Katanya, “Jelas itu  dinamai untuk putri saya.”[]

tags : Komputer LISA, Small Fry, Steve Jobs, Nonfiksi, Lisa Brennan-Jobs, Apple, Macintosh, ,

Related Post

Back to top