Share
Scroll down

Baca
Artikel

Lima Orang Pegiat Bahasa yang Wajib Kamu Follow di Medsos, Nomor 5 Seorang Penulis, Loh!

21-05-2020Category : Dewasa
Lima Orang Pegiat Bahasa yang Wajib Kamu Follow di Medsos, Nomor 5 Seorang Penulis, Loh!>

Pada zaman yang serbadigital ini, tentunya hidupmu tak lepas dari media sosial. Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lainnya, seakan menjadi teman setia yang bisa hadir setiap saat. Beragam sajian pun ada, baik hiburan, curhatan seputar kehidupan, maupun konten recehan. Semuanya bisa kamu temukan dengan mudah!
Namun, apabila kamu ingin memperkaya wawasanmu seputar bahasa dengan santai sambil menghibur diri, lima orang ini wajib kamu pantau dan ikuti di medsos. Check it out!


?    Sacha Stevenson
Dari namanya, kamu pasti bisa langsung menebak bahwa Sacha ini bukan warga asli Indonesia. Yap! Sacha Stevenson adalah seorang youtuber berkebangsaan Kanada-Indonesia. Sacha sudah 10 tahun lebih tinggal di Indonesia dan kini sudah fasih melafalkan bahasa Indonesia dengan logat khasnya.
 Berbagai unggahan videonya jelas menggambarkan bahwa Sacha tertarik dengan alam dan budaya di Indonesia. Menurutnya, Indonesia itu unik. Sacha pun tak segan membuat video parodi yang membahas orang Indonesia. 

An image

Foto: Salah satu unggahan Sacha tentang bahasa. Sumber: https:m.youtube.com/channel/UCfR8ONN-amN4h81rtQAx6Mw

Belum lagi, Sacha juga rajin mengkritik public figure Indonesia yang berbicara bahasa Inggris. Mulai dari Agnezmo, Najwa Shihab, sampai Menteri Pendidikan Nadiem Makarim pun tak lepas dari topik “Seleb English” di kanal YouTube miliknya, Sacha Stevenson. 
Sacha juga tak pelit membagi ilmunya seputar pronunciation yang tepat ketika berbahasa Inggris. Kamu jadi bisa belajar bahasa Inggris langsung dari native speaker dengan penjelasan bahasa Indonesia. Ditambah pembawaan Sacha yang santai dan tidak menggurui. Kamu jadi tidak terasa sedang belajar, deh!


?    Eka Gustiwana
Wah, yang satu ini masih dari kalangan youtuber, nih. Pria yang kerap terlihat berkacamata ini memiliki nama lengkap Eka Gustiwana Putra. Dia adalah seorang penulis lagu, produser rekaman, dan komposer ucapan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan speech composer.
Pada 12 Juni 2013, Eka menjadi bintang tamu di acara Hitam Putih setelah sebelumnya membuat heboh dengan karyanya yang bertajuk “Jeremy Teti Nyanyi!”. Tak hanya itu, Eka menunjukkan kreativitasnya yang semakin membuat takjub. 
 Di kanal YouTubenya, Eka selalu membuat konten yang menarik dan menjadi sorotan warganet. Baru-baru ini, Eka membuat kompilasi lagu dari tagar #DiRumahAja dalam 42 bahasa. Tayangannya sudah dilihat lebih dari 1,1 juta, kali, lo! Kemudian, pada 7 Mei 2020, Eka juga membuat terobosan unik lainnya dengan menyuarakan “Jangan Mudik Dulu” dalam 80 bahasa daerah di Indonesia. Keren, ya!

An image

Foto: Kompilasi DiRumahAja dalam 42 bahasa. Sumber: https:m.youtube.com/channel/UC2G22-5R0-KCQGKJOUPktYQ


Eka Gustiwana memang tidak spesifik mengangkat isu-isu kebahasaan, tetapi kanal YouTube Eka ini bisa menjadi pilihan untuk menemani waktu senggangmu sambil belajar sedikit demi sedikit bahasa daerah Nusantara. 


?    Bruce Emond
Sosok yang kerap disapa Mas Bruce ini aktif di Twitter dan sering memberikan padanan kalimat, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Mas Bruce pernah tinggal di Bukittinggi dan mengikuti program antarbudaya AFS—sebuah organisasi pertukaran pemuda internasional, lo!
An image

Foto: Salah satu unggahan Bruce Emond tentang padanan ungkapan. Sumber: https://mobile.twitter.com/bruceemond

Cuitan-cuitan Mas Bruce di Twitter selalu menarik untuk disimak dan menambah wawasan baru seputar bahasa. Tidak hanya bahasa Inggris, bahasa Indonesia kita juga menjadi kaya dengan mengamati banyaknya padanan yang disajikan Mas Bruce dalam unggahannya. Kamu sudah follow belum?


?    Zarry Hendrik
 Masih di Twitter, sosok yang satu ini mungkin sudah tak asing, ya. Dia adalah founder @kapitulis. Dikenal sebagai penulis puisi melalui layanan blogging Tumblr sejak 2012, Zarry Hendrik kini semakin dikenal warganet.

An image

Foto: Akun Twitter Zarry Hendrik. Sumber: https://mobile.twitter.com/zarryhendrik

Hingga Zarry Hendrik pun menjadi selebtwit dan sorotan karena cuitannya yang berisi puisi-puisi, sajak-sajak, dan permainan kata menarik lainnya. Bahkan, Zarry juga membuka jasa rangkai kata, lo!
Sebelum membuka jasa ini, Zarry kerap diminta untuk membantu temannya membuat untaian kalimat berisikan janji suci pernikahan, termasuk berbagai tips untuk mendekati gebetan. Dia juga salah satu komika Stand Up Comedy di KompasTV. Wah, menarik, ya!


?    Ivan Lanin
Bagi kamu yang senang mengulik bahasa, tentunya sosok ini sudah sangat familier, bukan? Akrab disapa Uda Ivan, sosoknya kini menjadi rujukan dalam hal kebahasaan. Uda Ivan ini awal aktif di Twitter pada 2007 dan kini pengikutnya sudah mencapai 738 ribu. 
An image

Foto: Akun Ivan Lanin di Twitter. Sumber: https://mobile.twitter.com/ivanlanin

Lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung ini adalah seorang pemrogram komputer. Tak heran, Wikipedia menyebutnya sebagai pakar internet (wikipedia, 27/04/2010). Namun, seiring berjalannya waktu, Uda Ivan pun turut aktif di Badan Bahasa sejak 2012 yang berawal dengan menjadi juri blog kebahasaan. Lalu, sejak 2014, pria Minang ini pun turut serta dalam Sidang Tahunan Komisi Istilah.
Sekilas memang aktivitasnya seakan hanya berkutat dengan rumusan standar tata bahasa Indonesia atau entri kamus, ya. Tapi, Uda Ivan juga rutin memperkenalkan atau mengajukan padanan bahasa Indonesia untuk istilah asing, terutama bahasa Inggris.
Jika kamu sudah menjadi follower-nya sejak lama, tentunya sudah tahu bahwa Uda Ivan ini juga rajin menjawab berbagai pertanyaan warganet yang haus wawasan kebahasaan. Mulai dari pertanyaan yang sebetulnya bisa dicari di kamus, sampai pertanyaan yang mungkin agak sulit dijawab. Tapi, tetap saja direspons oleh Uda. 

Pertanyaanmu pernah dijawab? Kalau belum, jangan panik dulu, barangkali pertanyaanmu itu sudah pernah dibahas sebelumnya. Sering-sering, ya, pantau setiap unggahan Uda di akunnya @ivanlanin. Dijamin, wawasan kebahasaanmu akan semakin kaya, deh! Oh, iya, Uda Ivan juga sekarang sedang menulis sebuah buku yang akan diterbitkan oleh Penerbit Qanita. Topik bukunya tentu saja seputar kebahasaan. Wah, jadi enggak sabar, ya!

Itulah lima orang yang direkomendasikan untuk kamu follow atau subscribe dan pantau setiap unggahannya. Selain bisa memperkaya wawasan, setiap unggahan mereka juga tentunya tidak membosankan. Cocok untuk menemani waktu santaimu di akhir pekan, ataupun menjadi rujukan tugas-tugas perkuliahan. 
Semoga bermanfaat. 

[Ana Dwi Itsna Pebriana, Redaksi Mizan Pustaka]

tags : Ivan Lanin, Jangan Anggap Remeh Recehan Bahasa,

Related Post

Back to top