Share
Scroll down

Baca
Artikel

Mengenal Sosok Lisa Brennan Jobs

08-01-2020Category : Dewasa
Lisa Brennan-Jobs>

Lisa Brennan Jobs – Mungkin, tidak semua orang mengenal Lisa Brennan-Jobs. Lisa Brennan Jobs tak lain adalah putri dari seorang innovator di bidang teknologi, Steve Jobs. Lisa merupakan putri dari mendiang Steve Jobs dengan Chrisann Brennan.

Sebagian besar kita mengira menjadi putri dari seorang Steve Jobs merupakan takdir yang menjadi impian bagi setiap anak. Tapi nyatanya tidak demikian. Terdapat kisah rumit di balik hubungan antara Steve Jobs dengan putrinya tersebut. Terutama karena di masa-masa awal, Steve Jobs enggan mengakui bahwa Lisa Brennan Jobs adalah putrinya.

An image

Masa Kecil Lisa Brennan-Jobs

Karena tidak diakui sebagai anak oleh ayahnya, Lisa merasakan masa kecil yang cukup keras bersama ibunya. Mereka harus hidup berpindah-pindah di California, terutama akibat masalah keuangan. Chrisann berusaha menghidupi mereka berdua dengan bekerja dengan serabutan.

Saat itu, Apple memperkenalkan proyek komputer GUI pertamanya yang diberi nama LISA oleh Steve Jobs. Meski memiliki kemiripan nama, Steve tetap menyangkal bahwa komputer LISA diberi nama sesuai dengan nama putrinya. Sebaliknya, dia mengatakan bahwa LISA adalah akronim dari Local Integrated System Architecture. Lisa harus menunggu lebih dari 20 tahun untuk mendengar ayahnya mengakui bahwa penamaan komputer LISA didedikasikan Steve untuknya.

Ketika masih bersama ibunya, Lisa bersekolah di Nueva School dan Lick Wilmerding High School. Lisa kemudian pindah bersama ayahnya dan melanjutkan pendidikannya di Palo Alto High School.

Pada 1996, dia mendaftar di Harvard University, dan menyelesaikan pendidikan sarjananya pada tahun 2000. Dalam masa itu pula ia sempat belajar ke Kings College di  London  selama 1 tahun.

Pada periode mahasiswa, jiwa penulis dan jurnalis Lisa berkembang dengan baik. Dia telah menulis untuk The Harvard Crimson. Setelah lulus, ia pindah ke Manhattan dan bekerja sebagai penulis. Dia pernah menulis untuk Spiked, Vogue, The Oprah Magazine, The Harvard Advocate, The Massachusset Review, dan The Southwest Review.

Small Fry, Sebuah Memoar Putri Kesayangan Steve Jobs

Tahun 2018 lalu, Brennan mengumumkan bahwa dia menulis Small Fry. Small Fry merupakan sebuah memoar yang menceritakan dengan rinci mengenai masa kecil dan hubungannya yang rumit dengan mendiang Steve Jobs. Pada 4 September 2018, buku ini terbit dan menjadi bacaan yang menarik bagi banyak orang.

An image

Lisa mengungkapkan tentang bulan-bulan terakhir bersama sang ayah. Betapa dia merasa didorong untuk mencuri barang-barang kecil di rumah Steve. Mulai dari pasta gigi, pewarna kuku, hingga sarung bantal. Terkadang dia berjanji bahwa itu adalah kala terakhir, tapi kemudian dorongan tersebut kembali datang di waktu lain.

Pada masa itu dia sering berkeliling di dalam rumah tersebut. Dia dapat merasakan betapa rumah itu begitu sunyi. Dinding dan ubin terasa dingin, kecuali pada tempat di mana sinar matahari masih dapat mencapainya.

Masih dalam memoarnya, Lisa Brennan Jobs menuturkan sebuah kisah ketika dia menengok Steve di dalam kamarnya. Sosoknya tampak rapuh, berusaha duduk di tepian tempat tidur dengan teguh. Lisa memeluk sang ayah, dan dapat merasakan rusuk yang ramping, serta mencium aroma obat dari keringat yang kuyup.

“Nanti aku kembali lagi," kataku.

Kami melepaskan pelukan, dan aku mulai berjalan pergi.

“Lis?”

“Ya?”

“Baumu seperti toilet.”

Lisa Brennan-Jobs Saat Ini

Dalam suatu wawancara, Lisa menyatakan bahwa dia bersyukur tidak menulis memoar tersebut saat berusia 20-an. Ketika dia mungkin akan terlalu keras menghakimi ayahnya. Dia juga bersyukur tidak menuliskannya saat usia 40-an, ketika dia sudah menjadi orang tua, dan mungkin akan terlalu lembek dalam memaafkan ayahnya. Usia 30-an tahun, menurutnya, adalah waktu yang tepat, karea dia dapat mengambil kebijaksanaan.

An image

Hingga saat artikel ini ditulis, Lisa Brennan Jobs telah berusia 41 tahun. Bekerja sebagai seorang jurnalis dan penulis di Amerika Serikat. Dia tinggal bersama dengan Bill, suaminya, beserta keluarga kecil mereka. Catatan pribadinya dapat dilihat dalam blognya, lisabrennanjobs.net.[]

tags : Small Fry, Lisa Brennan-Jobs, Steve Jobs, Memoar, Nonfiksi, Qanita,,

Related Post

Back to top