Share
Scroll down

Baca
Artikel

Paru-Paru untuk Bertahan Hidup! Bagaimana Cara Menyayangi Paru-Paru?

02-09-2020Category : Kesehatan
kesehatan paru-paru>

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan yang menjadi tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Proses ini disebut bernapas. Pada laman bobo.gird.id, disebutkan bahwa oksigen merupakan unsur terpenting yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Manusia bisa bertahan hidup sekitar tiga minggu tanpa makanan dan tiga hari tanpa minuman, tetapi hanya bisa bertahan selama 10-15 menit tanpa oksigen.

 

Lebih lanjut pada laman bobo.gird.id dijelaskan bahwa oksigen berperan utama dalam repirasi sel untuk menguraikan karbohidrat menjadi ATP (adenosina trifosfat), yaitu molekul yang menyimpan energi. Energi dalam ATP ini digunakan untuk semua fungsi sel pada tubuh. Selain memproduksi ATP, respirasi sel juga menghasilkan karbon dioksida, air, dan panas bagi tubuh.

 

Sebagai jalur pertukaran oksigen, manusia memiliki dua paru-paru, yaitu paru kiri dan paru kanan. Paru-paru kiri terdiri dari 2 bagian (lobus), sedangkan paru-paru kanan memiliki 3 bagian. Seperti yang ditulis pada laman vivahealth.co.id, paru-paru memiliki fungsi yang vital bagi tubuh karena melakukan pekerjaan menakjubkan setiap hari. Paru-paru yang sehat dapat menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah, sehingga tubuh dapat bekerja dan melakukan aktivitas dengan baik. Namun, seperti yang ditulis di situs web lifestyle.okezone.com, paru-paru merupakan organ yang rentan terkena infeksi karena berada di dalam tubuh, tetapi langsung berhubungan dengan lingkungan luar. Apabila seseorang menghirup udara kotor, penuh polusi, atau mengandung zat berbahaya seperti asap rokok, hal tersebut bisa berdampak negatif terhadap kesehatan paru-paru orang tersebut.

 

Meskipun sistem pernapasan pada manusia tampak sederhana, sebetulnya terdapat kerja antarorgan yang cukup rumit. Seperti yang ditulis pada laman alodokter.com, bila satu proses tidak berjalan dengan baik, fungsi sistem pernapasan secara keseluruhan juga bisa terganggu. Oleh sebab itu, kesehatan sistem pernapasan, terutama paru-paru, harus dijaga dengan baik.

 

 

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Kebaikan Usus Di Dalam Tubuhmu

Baca Juga: Jantung, Si Pekerja Keras

 

 

Berikut ini gaya hidup dan kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan agar paru-paru tetap sehat:

 

Rajin Mencuci Tangan

Seperti ditulis di situs web vivahealth.co.id, tangan diperkirakan dapat menyebarkan 80% penyakit pernapasan yang menular seperti flu. Kebiasaan mencuci tangan akan mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Rajin mencuci tangan dengan baik dan benar juga bisa menurunkan risiko penularan virus corona penyebab penyakit Covid-19 yang menjadi pandemi mulai akhir 2019.

 

An image

Gambar: kegiatan berenang. Sumber gambar: hellosehat.com

 

Disiplin Berolahraga

Beberapa aktivitas olahraga dapat menjaga kesehatan paru-paru. Menurut situs sehatq.com, jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah olahraga aerobik, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, dan bersepeda. Olahraga aerobik dapat membuat otot di antara tulang rusuk membesar dan berkontraksi. Hal tersebut memicu kantung udara di dalam paru-paru bekerja dengan cepat untuk menukar oksigen dengan karbon dioksida.

 

Jauhi Rokok

Rokok, menurut situs sehatq.com, dapat menimbulkan berbagai penyakit paru-paru seperti asma, fibrosis paru idiopatik, dan kanker. Kandungan zat kimia yang ada pada sebatang rokok dapat merusak paru-paru sehingga akhirnya saluran pernapasan menyempit. Bahaya rokok tidak hanya berisiko bagi perokok aktif, tetapi juga bagi orang yang menghirup asapnya.

 

Sayangi Paru-Paru

Dokter yang juga terkenal sebagai seorang penulis, dr. Gia Pratama, menyatakan bahwa merokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga organ lain seperti lambung yang ditunjukkan dengan warna lambung mulai menghitam. Dalam buku terbarunya bertajuk Tentang Tubuhmu, #serisayangidirimu, dr. Gia juga menyebutkan bahwa rokok dapat merusak “kontrak biologis” sel-sel tubuh sehingga menyebabkan kanker.

 

https://sociabuzz.com/assets/files/profile/influencer/giapratamamd/jasa-influencer-Dr-Gia-Pratama-giapratamamd-002_thumb.jpg

Gambar: dr. Gia Pratama. (Sumber gambar: sociabuzz.com)

 

Tidak hanya membahas organ pernapasan loh, Tentang Tubuhmu, #serisayangidirimu juga membahas bagaimana caranya menyayangi organ-organ penting lain di dalam tubuh supaya tetap sehat. Dokter yang sukses dengan dua buku sebelumnya, #BerhentidiKamu dan Perikardia, akan menginspirasi kita untuk menjaga kesehatan dan menyayangi diri lebih baik!

 

[Fauziah Hafidha, Marcomm Mizan Pustaka]

 

Baca Juga: Begini Cara Menyayangi Otak

 

Sumber:

bobo.grid.id

vivahealth.co.id

lifestyle.okezone.com

alodokter.com

sehatq.com

tags : paru-paru, covid19, covid,

Related Post

Back to top