Share
Scroll down

Baca
Artikel

Mulai dari hal kecil, ini keutamaan berbuat baik terhadap bersama

10-12-2019Category : Dewasa
Mulai dari hal kecil, ini keutamaan berbuat baik terhadap bersama>

Mungkin bagi beberapa orang berbuat baik adalah hal biasa dan tidak terlalu di acuhkan. Dan berkaca bahwa kamu tergolong orang baik atau bukan itu satu hal yang bisa dibilang tidak penting.


Nyatanya, mengetahui bahwa kamu orang yang baik atau bukan di mata orang sangatlah penting. Sebab bisa jadi ketika kamu diminta bantuan oleh orang lain ada penolakan dari mereka. Jika betul ada penolakan, berarti ada yang salah dengan dirimu, ucapan, serta sikap. Bahkan hanya dengan hal hal yang sepele dan kecil pun itu sangat berpengaruh kepada orang lain. Ini sangatlah dibutuhkan dan sangat diutamakan bagi orang banyak.

Contoh kecilnya adalah menebarkan senyum. Coba tengok diri anda sendiri, apakah kamu sering menebarkan senyum ke orang lain atau tidak. Karena dengan senyum kamu berarti sudah mencirikan diri bahwa kamu adalah orang yang baik di mata orang. Indikator terkecil dalam sebuah interaksi adalah dengan senyum ini. Berbuat baik dan sebar energi baik pun nyatanya merupakan anjuran dari Rasulullah SAW dalam suatu hadits “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR Ahmad, Ath-thabrani, ad-daruqutni).

An image

source: unsplash.com

Perlu diketahui oleh kamu kaum muslim dan muslimah dibawah ini adalah alasan mengapa berbuat baik adalah hal yang paling utama dan memang harus dilakukan olehmu.

  • Berpahala
    Ketika kamu berbuat baik bahkan hanyalah menyingkirkan batu dari jalanan agar orang lain tidak tersandung, ini merupakan amalan yang sepele namun akan mendapatkan pahala yang sangatlah besar. Pahala yang Allah SWT berikan memang tidak akan diberitahu seberapa besar. Namun yang terpenting, sekecil apapun yang kamu lakukan selagi baik, itu pasti akan mendapatkan pahala yang besar di mata Allah.

  • Apa yang kamu tuai, itu hasil dari yang kamu tanam
    Ketika kamu membantu orang yang membutuhkan seperti menyebrangkan orang, suatu saat kamu akan dibalas oleh Allah. Walaupun memang balasan yang kamu dapat tidak melulu hal yang sama, ketika kamu sebar energi baik hari ini pasti akan dibalas hal yang setimpal bahkan lebih. Mustahil kita sebagai manusia tidak membutuhkan orang lain pada saat kesusahan. Semampu mampunya manusia, pasti akan membutuhkan orang lain pula.

  • Teman yang banyak
    Ketika kamu berbuat baik, orang yang telah kamu bantu sudah pasti akan menganggap kamu orang yang baik dan bisa diandalkan. Bayangkan jika kamu telah membantu orang yang sangat banyak. Itu berarti kamu telah menambah teman yang tidak sedikit pula. Namun sebisa mungkin apabila kamu telah melakukan suat kebaikan, jangan pernah untuk mengingat kembali atau mengungkit ke orang lain. Sebab hal itu akan mengecewakan orang lain dan merendahkan diri anda di mata manusia. Apalagi di mata Allah.

  • Akan mendapatkan kejutan
    Balasan ketika anda sebar energi baik itu urusan Allah. Apa yang hendak di berikan saat kaum muslim dan muslimah, itu adalah hak Allah mau seperti apa. Bisa jadi ketika kamu membantu atau bersedekah walau hanya Rp.1.000 pasti akan dibalas oleh Allah SWT. Balasan yang diberikan bukan hanya dengan uang lagi, namun kejutan kejutan seperti teman yang baik, sehatnya badan atau hal baik lainnya merupakan balasan atas apa yang kamu kerjakan. Apalagi ketika kamu memutuskan untuk hijrah, ini adalah moment untuk kamu menunjukkan yang terbaik untuk Allah. Jangan sampai hidayah itu terlepas dari kamu.

tags : tips,

Related Post

Back to top