Share
Scroll down

Baca
Artikel

RAHASIA SUKSES MENEMUKAN TUJUAN HIDUP

25-03-2021Category : Kesehatan
Hidup Mau Ngapain>

Pernah nggak sih kamu merasa bahwa kamu tidak memiliki tujuan hidup? Kamu begitu dilema ketika melihat teman-temanmu sudah mulai mapan hidupnya. Seakan, mereka terlihat jelas berproses menuju tujuan hidup mereka masing-masing, sedangkan kamu hanya bisa berdiri di tempat yang sama berjam-jam menikmati sepoian angin yang membuatmu terlena akan kesejukannya.

 

Bila pernah, kamu nggak usah terlalu risau karena hal itu masih terbilang wajar terutama bagi para anak muda yang masih mencari jati dirinya. Akan tetapi, bila kamu merasa bingung mengenai tujuan hidupmu, kamu nggak bisa membiarkan itu untuk terus menghantui kehidupanmu. Sesekali kamu harus merenung dan bertanya kepada diri kamu sendiri mengenai tujuan hidupmu “Aku ini siapa? Aku mau apa? Aku harus bagaimana?”. Karena bila tidak, kamu hanya akan menyaksikan teman-temanmu yang sedang memanjat kesuksesannya.

 

Kenapa harus menentukan tujuan hidup? Sebenarnya tidak ada yang mengharuskanmu untuk menentukan tujuan hidup, tidak ada pula ceritanya seseorang dihukumi dosa karena tidak memiliki tujuan hidup. Tapi tunggu, apa salahnya bila kita menentukan tujuan hidup, bila hal itu dapat membantu kita? Kita tidak akan merasa rugi juga bila kita memiliki tujuan hidup kok. Karena bila kamu telah menentukan tujuan hidupmu, itu akan membantumu dalam mengarungi luasnya kehidupan yang fana. Dengan kamu menentukan tujuanmu, setidaknya kamu akan tau arah jalan hidupmu, sehingga hal itu dapat membuatmu tenang karena kamu telah berada di jalan yang benar.

 

Baca Juga: Hidup itu Dijalanin Bukan Dipikirin

 

Sekarang, coba bayangkan bila kamu belum menentukan tujuan hidupumu. Bak perahu yang terdampar di luasnya samudera tanpa adanya kompas, kamu akan terombang-ambing di samudera sana tanpa tau harus pergi ke arah mana, sehingga mungkin saja akan kamu dapati badai dahsyat yang justru akan menghancurkanmu di samudera sana.

 

“Oh ya, kalau begitu aku mau buat tujuan hidupku”. Ya itu bagus, tapi awas terkecoh. Meski kamu telah menentukan tujuan hidupmu, bukan berarti itu akan menjamin kesuksesanmu. Ya, tidak semudah itu. Dalam menentukan tujuan hidup, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kamu tidak bisa secara bar-bar menentukan tujuan hidupmu begitu saja. Boleh jadi, tujuan hidupmu itu justru akan menjadi boomerang bagi dirimu sendiri. Bukannya membantumu memperjelas hidup, justru malah membuat hidupmu semakin runyam. Kenapa? Karena ketika kamu menentukan tujuan hidupmu, kamu malah memasukan semua keinginannmu tanpa mem-filter-nya sesuai kebutuhanmu.

 

“Jadi aku harus gimana? Nggak punya tujuan hidup, jelas buyar arah hidupku, punya tujuan hidup, malah justru membuatku bingung”. Tenang dulu tenang, sabar. Ada kok caranya. Salah satu caranya itu ialah bisa dengan menemui professional atau praktisi yang ahli dalam bidang pengembangan diri. Dengan begitu, ia akan membantu menuntunmu keluar dari kebimbanganmu.

 

Baca Juga: Quarter Life Crisis: "Penyakit" Anak Muda yang Membuat Galau

 

Salah satu orang yang ahli dalam bidang pengembangan diri, yakni Ali Zaenal Abidin. Ia merupakan seorang professional dan praktisi berpengalaman yang ahli dalam pengembangan diri. Ia telah membantu menyelesaikan segala bentuk rasa kebingungan orang-orang dari seluruh dunia. Selain itu, ia pun memiliki sertifikasi coaching dari Columbia University Coaching Certification Program yang semakin meyakinkan bahwa ia benar-benar seorang ahli dalam pengembangan diri.

An image

 

 

“Kalau begitu ke mana aku bisa bertemu dengan Ali Zaenal Abidin?” Kamu nggak usah kemana-mana, nggak usah capek-capek kamu cari ke sana, ke mari. Bila kamu ingin bertemu dengannya, kamu bisa temui ia di akun Instagram-nya yakni @alizaenalabidin. Karena di sana, Ali membagikan ilmunya mengenai pengembangan diri melalui feeds video-video ringkasnya. Kamu juga bisa follow akunnya agar terus mendapatkan ilmu-ilmu yang diberikannya.

An image

 

Baca Juga: Tentang Ali Zaenal Abidin, Penulis Hidup Mau Ngapain?

 

Selain melalui feeds instagram-nya, ia pun membantumu memecahkan masalah melalui buku yang sudah ia tulis. Buku itu berjudul “Karena Bahagia bukan Tujuan, Terus Hidup Mau Ngapain?” yang akan rilis pada bulan ini. Melalui buku itu, kamu bisa bertemu dengannya. Karena selain berisi tulisan, buku itu pun dilengkapi fitur QR Code yang akan menyambungkanmu pada video khusus yang telah dibuat oleh Ali Zaenal Abidin.

Jadi, beli bukunya di sini, ya: 

Beli di sini: Eksklusif di Tokopedia

tags : ,

Related Post

Back to top