Share
Scroll down

Baca
Artikel

Sakit Hati, Siapa Mau? Berikut Ini 3 Kebaikan bagi Tubuh jika Hatimu Sehat

18-08-2020Category : Kesehatan
Sakit Hati, Siapa yang Mau? Berikut Ini 3 Kebaikan bagi Tubuh Jika Hatimu Sehat>

Hati adalah organ bagian dalam terbesar di tubuh kita. Saking besarnya, bisa sampai menutupi separuh lambung, separuh usus 12 jari, dan separuh ginjal kanan, loh. Bahkan, bila dilihat dari punggung, hati dan ginjal bisa seperti ibu yang sedang menggendong balitanya, karena warnanya yang nyaris sama.

Namun, organ yang juga biasa disebut lever ini, sering kali diabaikan. Kebanyakan orang kerap hanya menunggu hingga hati sakit, baru menyadari betapa pentingnya organ ini. Padahal, organ hati memiliki banyak fungsi vital dalam menjaga kelangsungan hidup seseorang.

Jika hatimu sehat, tentunya ia akan melakukan fungsinya dengan baik dan membawa kebaikan pula bagi tubuhmu. Yuk, simak terlebih dahulu uraian singkat berikut ini; agar kamu lebih peduli kebaikan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari hati yang sehat.

1. Menghancurkan Sel Darah Merah yang Sudah Tua

Tahukah kamu, bahwa hati menjadi muara terakhir dari kehidupan sel darah merah? Ketika sel darah merah ini sudah berumur 120 hari, ia harus menuju hati untuk meleburkan diri; karena tidak dapat berfungsi dengan baik lagi.

 

Dikutip dari laman hellosehat.com, hati akan memecah sel darah merah yang sudah tua dan mengubah hemoglobin yang membawa oksigen di dalam sel darah merah menjadi bahan baku empedu. Hemoglobin adalah senyawa di dalam sel darah merah yang timbul ketika sel darah merah diuraikan.

Proses ini akan membuat tinja menjadi berwarna cokelat. Namun, jika tinja berwarna pucat bahkan putih, atau warna urin menjadi lebih gelap, bisa menjadi pertanda adanya masalah pada organ hati, misalnya hepatitis yang disebabkan oleh virus. Ngeri, ya!

2. Hati Bisa Menjadi “Pengatur Lalu Lintas” Tubuh

Dalam bukunya Tentang Tubuhmu, #Serisayangidirimu, dr. Gia Pratama mengungkapkan bahwa hati adalah organ dengan fungsi terbanyak di tubuh manusia, yaitu bisa sampai 500. Tak heran organ ini bisa multitasking karena berperan pada hampir setiap fungsi metabolisme tubuh.

An image

Sumber foto: health.detik.com

 

Dilansir dari laman alodokter.com, organ hati memiliki kemampuan memproduksi, menyimpan, dan mengedarkan gula (glukosa) ke seluruh bagian tubuh. Ia mengawasi kadar kolesterol dalam darah, mengolah, dan memproduksinya sebanyak yang dibutuhkan. Kemudian, menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa saat kadar glukosa darah rendah. Coba kalau hatimu sakit, mungkin fungsinya juga akan terganggu, kan?

3.  “Organ Sibuk” yang Bisa Tumbuh Lagi

Selain otak, jantung, dan ginjal, ternyata hati juga termasuk organ paling sibuk! Terlebih, organ serbabisa dan unik ini memiliki kemampuan regenerasi yang mengagumkan. Kemampuannya bisa tumbuh kembali atau ketika ada bagian lever yang mengalami kerusakan, tentunya sangat berpengaruh besar bagi tubuh.

An image

Sumber foto: hellosehat..com

Bahkan, meskipun ketika kamu kehilangan sepertiga atau dua pertiga bagian hati, bagian yang tersisa tersebut akan tumbuh untuk menggantikan bagian yang hilang dalam waktu 6-8 minggu. Hal inilah yang membuat transplantasi hati donor hidup mungkin bisa dilakukan jika terdapat kecocokan genetik. Dan tentu saja proses ini bisa terjadi dengan lancar, apabila hatimu sehat, ya.

Lantas, bagaimana caranya agar hati selalu sehat dan bisa berfungsi dengan baik? Kamu hanya perlu menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, serta mengutamakan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Asupan protein yang dibutuhkan juga bisa kau dapatkan dari daging tanpa lemak atau kulit, serta kacang-kacangan. Batasi asupan lemak maksimal 20% dari total konsumsi seluruh makanan. Terakhir dan sangat penting juga, jangan malas berolahraga.

Semoga bermanfaat. Jaga selalu hatimu, ya, karena sakit hati itu, enggak enak! [Ana Dwi Itsna Pebriana]

Referensi:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-fakta-unik-seputar-hati-liver-manusia/amp/

https://www.alodokter.com/fungsi-hati-begitu-penting-maka-sayangi-dia

tags : Seri Sayangi Dirimu,

Related Post

Back to top