Share
Scroll down

Baca
Artikel

Sudah Beli Buku, Tapi Belum Dibaca? Sekarang Saatnya!

23-04-2020Category : Remaja
Daftar Buku Bacaan Selama #dirumahsaja>

Daftar Buku Bacaan Selama #dirumahsaja

Anjuran agar bertahan di rumah bagi jutaan orang di seluruh dunia penting untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Dari sekian banyak aktivitas penting yang terhambat, ada salah satu yang tak terganggu sama sekali dengan adanya pembatasan sosial ini. Aktivitas ini, tak lain adalah membaca.

Apa daftar bacaanmu? Bukankah di awal tahun 2020, kamu telah menyusun daftar panjang buku-buku yang akan kamu baca sepanjang tahun? Atau, dengan adanya berbagai promo dan diskon buku akhir-akhir ini, kamu beli banyak buku tapi belum dibaca? Mungkin, ini waktu yang tepat untuk menuntaskan daftar bacaanmu itu. Bahkan, mungkin bisa lebih cepat dari yang kamu duga.

Saya sendiri punya daftar bacaan selama masa #dirumahsaja. Daftar ini buru-buru saya buat setelah ada himbauan untuk Bekerja dari Rumah atau Work from Home (WfH). Daftar bacaan ini penting bagi saya untuk tetap menjaga kewarasan di tengah perasaan cemas akan bahaya yang bisa datang dari mana saja.

Baiklah, berikut 5 buku bacaan saya selama #dirumahsaja, siapa tahu, satu-dua dari buku ini ada juga di dalam daftarmu, atau menginspirasimu untuk ikut membacanya juga.

 

1. Small Fry karya Lisa Brennan-Jobs

Memoar Small Fry

Siapa yang tak mengenal Steve Jobs? Saya kira, setidaknya seperempat warga planet Bumi pernah mendengar nama pendiri perusahaan komputer Apple. Small Fry (Penerbit Qanita, 2019) adalah memoar yang ditulis oleh putri sulung Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs.

Jujur, saya bukan pengagum Steve Jobs dan tak peduli dengan kisah hidupnya. Tapi, Lisa menulis buku ini dengan indah dan memikat. Gaya tuturnya begitu apik. Pembaca seolah-olah diajak masuk ke dalam kisahnya untuk menyaksikan peristiwa demi peristiwa di dalam buku. Alasan saya ingin membaca kembali buku ini tak lain untuk mengintip dan mempelajari cara Lisa dalam menuturkan kisah.

 

2. Hatta: Aku Datang Karena Sejarah karya Sergius Sutanto

Novel Biografi Bung Hatta

Biografi dalam format novel akan selalu menarik bagi pembaca. Salah satunya, buku Hatta: Aku Datang Karena Sejarah (Penerbit Qanita, 2018). Lewat novel ini, pembaca bisa jauh lebih dalam mengenal sosok proklamator kemerdekaan Republik Indonesia ini. Biografi dalam format novel bukan saja lebih mudah dinikmati pembaca, melainkan juga membantu pembaca untuk memahami aspek psikologis Mohammad Hatta pada setiap babak kehidupannya.

 

3. Sing, Unburied, Sing: Kidung Jiwa-Jiwa Tersiksa karya Jesmyn Ward

Novel Sing, Unburied, Sing

Sing, Unburied, Sing (Penerbit Qanita, 2020) adalah novel terjemahan yang diterbitkan oleh Penerbit Qanita di awal tahun 2020. Beberapa artikel menyatakan bahwa Jesmyn Ward menggunakan teknik menulis dari salah satu penulis jagoan saya, William Faulkner dalam novel As I Lay Dying.

Novel ini dibuka dengan kalimat yang sangat memikat: “Aku suka menganggap diriku tahu apa itu kematian.” Setelah membaca kalimat pembuka tersebut, muncul pertanyaan dalam benak saya: Ada apa dengan kematian? Apa makna kematian bagi manusia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, tak ada cara lain untuk segera menuntaskan novel ini.

 

4. The Geography of Bliss karya Eric Weiner

The Geography of bliss

Saya bukan seorang yang suka dan pandai berpergian. Tapi, jika saya mampu bertahan dalam masa pandemi ini, salah satu resolusi saya adalah untuk berpergian. Tentu saja, saya memerlukan panduan yang tepat untuk berpergian. Setidaknya, saya tak ingin sekadar pergi berkunjung ke tempat A. Saya ingin menemukan makna dalam perjalanan, dalam setiap langkah kaki saya. Rasanya, The Geography of Bliss (Penerbit Qanita, 2019) karya Eric Weiner bisa membantu saya.

 

5. The Kite Runner karya Khaled Hosseini

Novel The Kite runner

Khaled Hosseini adalah salah satu penulis novel penting. Rasanya, hidup saya akan sia-sia jika tak pernah sekali pun membaca satu saja karya novelnya. Lebih dari 2 orang kenalan baik saya telah merekomendasikan novel The Kite Runner (Penerbit Qanita, 2018). Apa salahnya untuk mencoba membuka halaman demi halaman novel ini?

 

Itulah daftar buku yang sedang saya baca untuk menemani masa-masa pembatasan sosial. Lalu, apa daftar buku-buku bacaanmu?[]

 

Penulis: Ilham M.

tags : Rekomendasi Buku, Qanita, Small Fry, Hatta, Sing Unburied Sing, The Geography of Bliss, The Kite Runner,

Related Post

Back to top