Share
Scroll down

Baca
Artikel

Tentang Tubuhmu: Ilmu Pengetahuan Tentang Kita

02-09-2020Category : Kesehatan
Tentang tubuhmu dr.gia>

Setelah sukses dengan dua novel best-seller #BERHENTIDIKAMU dan Perikardia, dr. Gia kembali meluncurkan karya terbaru bertajuk Tentang Tubuhmu, #serisayangidirimu. Karya yang terbit pada September 2020 ini mengusung tagar #serisayangidirimu dan mengajak para pembaca untuk menyayangi diri dengan mengenal keistimewaan tubuh. Kepiawaian dr. Gia mengemas ilmu pengetahuan tentang tubuh manusia secara ringan membuat Tentang Tubuhmu bisa menjadi teman asyik untuk berkenalan lebih jauh tentang “kita” dan menyayangi diri sendiri. Hmmm, bikin penasaran ya! J

 

#SeriSayangiDirimu

Mengapa sih, kita harus menyayangi diri sendiri?

 

Ditulis pada situs huffpost.com, seseorang cenderung lebih banyak memberikan perhatian kepada orang lain, seperti kepada pasangan, tetapi tidak menyadari bahwa ia juga membutuhkan perhatian yang sama dari dirinya sendiri. Padahal, hubungan terpenting yang akan kita jalani seumur hidup adalah dengan diri sendiri.

Menyayangi diri sendiri juga akan membawa berbagai manfaat, loh! Misalnya, bisa membuat kita kian merasa bahagia, memberikan motivasi lebih untuk mencapai tujuan hidup, mengurangi risiko penyakit mental, serta semakin tangguh dalam menghadapi kesulitan hidup.

 

Seperti yang ditulis di situs lifestyle.kompas.com, menyayangi diri sendiri dapat membebaskan kita dari beban sosial. Kita juga bisa belajar untuk memahami diri dan terus bersyukur dengan kehidupan yang saat ini kita miliki. Namun, masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara menyayangi diri. Padahal, menyayangi diri sendiri bisa dimulai dari hal sederhana seperti ngobrol dengan diri sendiri. Ngobrol seperti layaknya kepada seorang sahabat. Tanyakan bagaimana keadaan kita, bagaimana perasaan kita, atau apa yang kita inginkan. Seperti yang ditulis pada situs lifestyle.kompas.com, kegiatan tersebut bisa menjadi awal persahabatan dengan diri sendiri. Selain itu, ngobrol dengan diri sendiri memberikan manfaat berupa pelepasan emosi yang terpendam.

 

An image

Gambar: Ilustrasi menyayangi diri sendiri. (Sumber: Hassan OUAJBIR dari Pexels)

 

Menyayangi diri juga bisa dilakukan dengan cara merawat diri, baik secara fisik maupun batin. Kurangi konsumsi berita negatif. Mulailah bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif dan konstruktif. Begitu pula dengan perawatan fisik. Mulailah lebih memperhatikan perawatan yang diperlukan, seperti perawatan wajah, rambut, badan, hingga penampilan, serta pakaian yang dikenakan. Tidak lupa menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup.

 

… jika kita mengerti bagaimana tubuh kita bekerja, kita menjadi tahu bagaimana cara menyayanginya, menjaganya, bahkan membuatnya menjadi lebih baik lagi.
– dr. Gia Pratama, Tentang Tubuhmu

 

Tak kenal, maka tak sayang. Menjaga kesehatan akan lebih optimal ketika mengenal tubuh dengan baik. Oleh karena itu, Tentang Tubuhmu mengajak para pembaca berkenalan lebih mendalam dengan tubuhnya sendiri.

 

Kampanye dr. Gia untuk menyayangi diri sendiri berawal dari keinginannya agar para pembaca menyadari bahwa setiap individu adalah luar biasa. Setiap gerakan “sepele” yang kita lakukan setiap hari, seperti mengedipkan mata, sebenarnya merupakan hasil dari gabungan banyak sistem yang bekerja sama. Dokter Gia ingin mengingatkan bahwa tubuh manusia merupakan sebuah sistem yang luar biasa. Lewat Tentang Tubuhmu ini juga, dr. Gia mengajak para pembaca belajar mengenali tubuh kita, tubuh yang merupakan “rumah kita” seumur hidup—tempat tinggal yang tidak bisa kita ganti-ganti.

 

Mengenal Diri Sendiri lewat Tentang Tubuhmu

Dalam karya teranyar dr. Gia ini, pembaca diajak untuk memahami anatomi dan fisiologi tubuh menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Melalui ilmu anatomi dan fisiologi tubuh yang menyenangkan, Tentang Tubuhmu juga mengungkap hal-hal yang biasa dan bisa dialami semua orang—hingga yang terkini: COVID-19. Tahu kan, mikroorganisme yang menyebabkan penyakit COVID-19? Ya, virus! Infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, atau fungi, serta cara pencegahannya, juga dibahas dalam Tentang Tubuhmu.

 

Lambung dan otak adalah soulmate.

Saat seseorang mengkhawatirkan sesuatu terlalu berlebih (overthinking), kurang tidur, dan kecapaian, produksi asam lambung akan meningkat pesat. Kalau terjadi sesuatu pada lambung, biasanya yang terasa duluan itu sakit kepala, begitu pula sebaliknya.
–dr. Gia Pratama, Tentang Tubuhmu

 

Buku ini juga mengupas beberapa hal penting tentang tubuh manusia yang disampaikan menggunakan analogi sehari-hari sehingga mudah dipahami kalangan awam. Contohnya, kapasitas otak manusia yang dianalogikan sebagai RAM. Tahukah kamu? Pembuatan ponsel terinspirasi oleh otak kita, loh! Untuk memiliki kapasitas penyimpanan besar harus didukung oleh RAM yang baik pula. Bagaimana caranya meng-upgrade RAM otak supaya tetap optimal? Dapatkan jawabannya di Tentang Tubuhmu!

 

Tentang Tubuhmu juga menyertakan fakta-fakta menarik tentang tubuh kita. Tahukah kamu? Jika usus menjuntai, kita bisa turun dari lantai tiga ke lantai dasar dengan bergelantungan pada usus itu saking panjangnya. Yang lebih menakjubkan, organ sepanjang itu, ada di dalam rongga perut kita, tetapi kita sama sekali tidak menyadarinya!

 

Cerita Dokter IGD yang Viral di Twitter

Gia Pratama Putra, atau lebih sering dipanggil dr. Gia, kini adalah Kepala Instalasi Hemodialisis di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta Selatan. Meskipun kehidupan sehari-hari seorang dokter cukup sibuk, Gia Pratama hobi bercerita dan mengajar. Kisah-kisah kesehariannya sebagai dokter serta kisah traveling ke puluhan negara memberikan banyak semangat dan pengetahuan untuk ratusan ribu followers-nya di akun Twitter pribadinya, @GiaPratamaMD.

 

Dokter yang pernah menjabat Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) serta Manajer Humas rumah sakit tersebut kemudian dikenal sebagai selebtwit setelah kisahnya bertemu dengan sang istri viral di Twitter. Seperti yang ditulis pada situs tagar.id, gaya penceritaan dr. Gia tentang kisah asmaranya begitu memikat. Kisah asmara tersebut ternyata disimak ribuan pengguna Twitter hingga menjadi trending topic.

 

Kisah romantis dr. Gia tersebut kemudian dibukukan sebagai novel dengan judul #BERHENTIDIKAMU. Tidak hanya berhenti sebagai novel, kisah #BERHENTIDIKAMU juga akan naik ke layar lebar, loh! Film ini diperankan oleh Roger Danuarta dan Cut Meyriska sebagai tokoh utama.

 

dokter gia

Gambar: Dokter Gia dan buku Perikardia. (Sumber: dokumentasi dr. Gia)

 

Dokter Gia kembali menerbitkan novel pada 2019. Novel bertajuk Perikardia ini berisi pengalamannya sebagai mahasiswa kedokteran. Tidak hanya menceritakan pengalaman di dunia medis, novel ini juga dibumbui kisah asmara, bahkan kisah mistis yang dialami dr. Gia ketika menjadi koas.

 

Tentang Tubuhmu merupakan buku nonfiksi pertama yang diluncurkan dr. Gia. Buku kesehatan yang menarik sekaligus bermanfaat. Tagar #serisayangidirimu yang mengiringi Tentang Tubuhmu dibuat sebagai rasa syukur terhadap tubuh dan diri sendiri. Dokter Gia berharap agar setelah membaca Tentang Tubuhmu, pembaca bisa lebih mengenali tubuh dan semakin menyayanginya. Tepat sekali pesan dr. Gia saat menutup bukunya, “Jika Teman-Teman mau berkomitmen hidup sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sekaranglah saatnya.”

 

Selamat menyayangi dirimu dengan membaca Tentang Tubuhmu, #serisayangidirimu 

 

Dapatkan buku Tentang Tubuhmu disini

 

[Fauziah Hafidha, Marcomm Mizan Pustaka]

 

Sumber:

huffpost.com

lifestyle.kompas.com

tagar.id

tags : dr gia, dokter gia,

Related Post

Back to top